cara membasmi rayap
cara membasmi rayap

Tips Membasmi Rayap Hingga ke Akar-Akarnya

Posted on

Cara Membasmi Rayap – Salah satu mimpi buruk bagi setiap pemilik rumah adalah keberadaan rayap. Namun, masalah yang satu ini sudah sangat sering dijumpai di Indonesia. Keberadaan rayap yang sering dijumpai di Indonesia disebabkan karena udara yang lembap serta penggunaan kayu di rumah baik sebagai bahan perabotan maupun kerangka bangunan.

Rayap merupakan salah satu hewan kecil atau serangga yang cukup mengganggu di rumah. Selain mengganggu, serangga ini juga sangat berbahaya karena bisa memakan kayu yang ada di rumah Anda, mulai dari pintu, ranjang, lemari hingga tiang kayu penopang atap rumah. Terutama untuk atap rumah yang terbuat dari kayu.

Membuat bangunan rumah dari atap kayu memang tampak lebih menarik dan terkesan unik. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa musuh utama dari kayu adalah rayap yang bisa saja merusak atau menghabiskan bagian atap tersebut. Membuat atap rumah dari kayu dengan kualitas yang bagus dan agar tahan lama memanglah sangat sulit.

Cara Membasmi Rayap
Cara Membasmi Rayap

Selain harus dirawat dan diperhatikan dengan benar, pemilik rumah juga harus melawan para rayap yang siap memakan habis kayu-kayu tersebut. Apabila atap yang terbuat dari kayu tersebut terus menerus dimakan rayap, dikhawatirkan penahan genteng tidak kuat dan bisa kapan saja patah. Hal tersebut akan membuat atap rumah roboh dan membahayakan penghuni rumah.

Disamping itu, jika keberadaan rayap tidak segera diatasi, maka akan banyak perabotan rumah Anda yang mengalami kerusakan. Nah pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips yang bisa Anda lakukan mengenai cara membasmi rayap dengan mudah, di antaranya :

Mencari Keberadaan Rayap

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari sarang rayap. Jenis rayap yang kerap dijumpai di Indonesia adalah rayap pemakan kayu yang biasanya bersarang di perabotan berbahan kayu. Rayap senang bersarang di tempat yang lembap seperti di kerangka pintu yang berbatasan dengan lantai yang lembap atau di kolong tempat cuci piring di dapur.  Anda bisa mengetahui keberadaan rayap yaitu dengan cara :

  • Munculnya rayap di sekitar Anda. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun kita bisa dengan mudah menyeleksi antara rayap dengan serangga kecil seperti kutu atau semut.
  • Serbuk kayu yang berceceran. Rayap yang memakan kayu umumnya akan menyisakan serbuk kayu berbentuk bulatan-bulatan kecil. Apabila Anda menemukannya, maka di dekat serbuk tersebut pasti Anda akan menemukan kayu yang keropos.
  • Kayu yang keropos. Anda bisa mengetahui kayu tersebut keropos atau tidak yaitu dengan cara mengetuk-ngetuk kayu untuk mengetahui apakah ada rongga di dalamnya. Selain kayu, rongga-rongga ini biasanya juga terdapat di buku-buku koleksi Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena bahan dasar pembuatan buku juga berasal dari kayu.

Cara Membasmi Rayap

Jika Anda telah mengetahui dimana rayap bersarang, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah melakukan beberapa cara berikut ini untuk membasmi rayap, di antaranya :

  1. Perangkap Kardus

Cara membasmi rayap yang pertama yaitu dengan menggunakan perangkap kardus. Anda bisa menghilangkan rayap dengan membuat perangkap dari kardus. Ambil satu lembar kardus bekas dan tetesi dengan sedikit air hingga terasa lembap. Setelah itu gulung hingga menyerupai pipa. Kardus yang lembap memiliki aroma khas kayu yang mampu menarik perhatian rayap. Tempatkan kardus lembap tersebut di dekat area tanda-tanda keberadaan rayap.

Setelah rayap telah terkumpul di dalam perangkap, angkat perangkap tersebut ke luar rumah kemudian bakar kardus lembap tersebut. Buatlah perangkap yang baru dan ulangi cara diatas hingga rayap teratasi.

  1. Jemur di Matahari

Cara ini bisa dilakukan apabila Anda menemui perabotan rumah yang terbuat dari kayu yang di makan rayap. Keluarkan perabotan rumah yang diserang oleh rayap, kemudian jemur di bawah sinar matahari selama 2 hingga 3 hari.

  1. Minyak Jeruk dan Minyak Neem

Cara yang satu ini merupakan cara yang aman karena bebas racun. Bahan ini aman untuk digunakan di dalam kabinet perlatan dapur atau di dalam lemari makanan. Minyak jeruk memiliki kandungan D-limonene yang mampu menangkal rayap pada saat bersentuhan langsung. Demikian juga dengan minyak neem yang merupakan pestisida alami.

Rayap akan berhenti bertelur dan tidak akan menggerogoti kayu lagi setelah bersentuhan dengan minyak ini, sehingga  jumlah rayap akan menurun drastis. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak pada kapas lalu oleskan pada lemari atau perabotan yang terbuat dari kayu. Ulangi cara ini seminggu sekali jika diperlukan.

  1. Diatomaceous Earth

Bahan ini juga dikenal dengan sebutan tanah diatom. Tanah diatom merupakan musuh alami rayap karena bahan ini menyebabkan dehidrasi dan mengikis bagian luar rayap. Bahan ini bisa Anda jumpai di toko perlengkapan berkebun.

Tanah Diatom
Tanah Diatom

Taburkan sedikit demi sedikit tanah diatom ini di tempat Anda menjumpai rayap atau di area luar rumah untuk mencegah jalan masuknya rayap. Anda juga bisa menaburkan bahan ini di loteng untuk mencegah rayap menggerogoti kerangka atap dan selalu pastikan tanah diatom dalam keadaan tetap kering.

  1. Cuka dan Perasan Jeruk Lemon

Campuran kedua bahan dapur ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan rayap yang bebas dari racun yaitu dengan cara peras 2 buah jeruk lemon lalu capurkan air perasan lemon tersebut dengan setengah gelas cuka. Masukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan campuran tersebut di tempat rayap bersarang atau perabotan rumah yang diserang rayap. Ulangi cara tersebut hingga rayap teratasi.

  1. Garam

Cara membasmi rayap selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan garam dapur. Cukup dengan menaburkan garam disekitar sarang rayap atau perabotan rumah yang dimakan rayap, maka hewan kecil itu akan langsung menghindar. Agar cara tersebut lebih efektif, Anda juga bisa mencapurkan garam dapur dengan air tembakau. Dan kemudian semprotkan ke rongga-rongga yang menjadi area persembunyian rayap.

Beberapa cara diatas memang cukup efisien untuk mengatasi rayap yang belum terlalu parah. Namun, cara mengusir rayap dengan bahan kimia dan bantuan jasa profesional mungkin dibutuhkan untuk mengatasi masalah rayap yang sudah akut.