alat musik melodi
alat musik melodi

Alat Musik Melodi dan Cara Memainkannya

Posted on

Alat musik melodiAlat musik melodi merupakan alat musik yang dapat menyembunyikan melodi di dalam suatu lantunan lagu, akan tetapi pada umumnya  tidak dapat memainkan kord dengan sendirian. Hal tersebut dapat di artikan bahwa musik ini tidak dapat menghasilkan nada ataupun notasi seperti halnya Do, Re, Mi, Fa, So, La, Si, Do.

Alat musik melodi dapat juga diartikan sebagai alat musik yang mempunyai irama maupu nada. Biasanya fungsi dari alat musik tidaklah lain untuk mengatur nada dalam suatu lagu maupun musik. Terdapat banyak sekali macam-macam alat melodis yang tentunya dapat kita temukan pada sekarang ini.

Alat musik melodis mempunyai banyak sekali jenisnya mulai dari yang sifatnya tradisional sampai dengan modern. Selain itu, alat musik melodi juga dapat di golongkan berdasarkan cara memainkannya. Berikut ini cara memainkan alat musik melodi yang perlu anda fahami.

Cara Memainkannya

  1. Dipetik

Gitar

gitar
gitar

Gitar merupakan salah satu dari alat musik melodi, yang mana cara memainkannya adalah dengan cara dipetik. Pada umumnya gitar dimeinkan dengan menggunakan jari maupun plektum. Konon katanya gitar berasal dari negara spanyol.

Sekarang ini gitar menjadi alat musik yang banyak  sekali di minati oleh kalangan remaja, tidak hanya remaja saja akan tetapi orag-orang dewasa juga biasanya banyak yang minat. Karena alat ini sangat bagus digunakan sebagai alat peromatis maka banyak sekali remaja yang menekuni alat musik yang satu ini yaitu gitar.

Mandolin

mandolin
mandolin

Alat musik yang satu ini tergolong alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Hal tersebut sama saja dengan gitar cara memainkannya dengan cara dipetik. Alat musik yang satu ini sangat sering sekali dimainkan pada saat mengiringi tari rudat dan juga lagu-lagu tradisional. Alat musik ini bisa dikombinasikan dengan alat musik yang lainnya. Konon katanya alat musik ini berasal dari italia.

Mandolin memiliki senar sama seperti gitar, yang mana jumlah senarnya lebih banyak daripada gitar. Alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik dan dimainkan sepertihalnya biola.

Kecapi

kecapi
kecapi

Kecapi merupakan alat musik sunda yang mana alat musik yang satu ini dimainkannya dengan cara dipetik samahalnya dengan mandolin dan juga gitar. Kecapi merupakan alat musik yang biasanya dimainkan untuk mengiringi  lagu sunda. Alat musik yang satu ini sangat terkenal di daerah sunda jawa barat. Alat musik ini dibagi menjadi dua bentuk, yaitu kecapi perahu dan kecapi siter.

Kecapi perahu merupakan suatu kotak resonansi yang mana dibagian bawahnya terdapat lubang resonansi yang berfungsi untuk suara keluar. Sedangkan perahu siter merupakan sebuah kotak resonansi dengan bidang rata dan sejajar.

  1. Ditiup

Seruling

Seruling
Seruling

Seruling merupakan alat musik yang mana cara memainkannya dengan cara ditiup. Seruling dapat dikombinasikan dengan alat musik lainnya. Alat musik yang satuini meruapkan alat musik yang berasal dari jawa barat.

Seruling terbuat dari bambu. Seruling memiliki ciri khas yaitu suara yang lembut. Sehingga  alat musik yang satu ini yang dapat menghasilkan notasi nada yang sangat indah. Alat musik ini juga termasuk alat musik melodi.

Pianika

pianika
pianika

Pianika mau sering disebut dengan sebutan melodika. Alat musik ini juga termasuk alat musik melodi. Alat musik yang satu ini merupakan alat musik sejenis harmonika. Pianika atau melodika dimainkan dengan cara ditiup.

Pianika dimainkan dengan cara ditiup melalui saluran pipa kecil yang dihubungkan ke mulut.  Alat musik ini banyak dimainkan oeh anak pendidikan sekolah dasar.  Pianika tergolong alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

  1. Ditekan

Akordeon

akordeon
akordeon

Akerdoen merupakan alat musik yang mana cara memainkannya dengan cara ditekan. Alat musik ini adalah alat musik sepertialnya organ yang memainkannya dengan cara memompa pada bagian badan alat musik tersebut.

Piano

piano
piano

Piano merupakan alat musik yang mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Tidak semua orang bisa memilikinya, hanyalah orang tertentu saja yang dapat memiliki alat musik tersebut. Alat musik ini berasal dari italia.

  1. Digoyang

Angklung

angklung
angklung

Angklug berkembang di sunda, jawa barat. Angklung merupakan alat musik yang mempunyai nada ganda yang secaa tradisional berkembang di lingkungan masyarakat sunda. Alat musik ini terbuat dari bambu. Cara memainkan alat musik berikut ini adalah dengan cara di goyang.

Dengan cara di goyang akan menghasilkan nada melodis yag berasal dari benturan antara pipa bambu dengan kayu yang ada didalamnya. Angklung dibagi menjadi 15 bagian. Terdapat anyak sekali bagian yang dimiliki angklung.

  1. Dihisap

Harmonika

harmonika
harmonika

Haronika merupakan salah satu alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup.  Tidak hanya meniupnya saja akan tetapi dengan cara dihisap juga. Dengan melakukan hal tersebut akan menjadikan harmonika ini menghasilkan suara.

Suara tersebut dihasilkan dari lubang-lubang yang telah tersedia. Alat musik berikut ini merupakan alat musik yang berasal dari cina. Harmonika juga dibagi menjadi 5 jenis. Yaitu diatonik, kromatik, tremolo, bass, chord.

  1. Digesek

Biola

Biola
Biola

Biola merupakan alat musik yang berasal dari daratan spanyol. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara di gesek.  Biola juga mempunyai beberapa senar sama halnya dengan gitar dan juga mandolin akan tetapi biola cara memainkannya dengan cara di gesek.

Demikan informasi yang dapat kami sampaikan kali ini. Terus menerus kunjungi website kami dan segera dapatkan informasi terbaru dari website kami. Terima kasih.