minyak zaitun
minyak zaitun

Bagaimana Caranya Mengkonsumsi dengan Minyak Zaitun?

Posted on

Minyak zaitun atau dikenal dengan sebutan olive oil adalah minyak yang terbuat dari buah olive (zaitun). Buah zaitun berasal dari pohon Basin Mediterania. Sudah sejak dulu, buah ini sudah digunakan untuk berbagai tujuan. Mulai dari dimasak, diminum, untuk kecantikan, dan dibuat minyak.

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat. Pada kali ini, Tim Jempoltangan akan memberi tahu manfaat serta cara mengkonsumsi minyak zaitun. Sebelum itu, ketahuilah bahwa ada empat jenis minyak zaitun yang paling sering digunakan.

  • Jenis Minyak Zaitun

    jenis minyak zaitun
    jenis minyak zaitun
  1. Minyak Zaitun Murni / Pure Olive Oil

Minyak zaitun murni merupakan perpaduan antara extra virgin oil dan minyak zaitun olahan. Minyak zaitun murni memiliki kadar gizi yang lebih rendah. Karena, minyak jenis ini lebih baik digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut daripada untuk memasak.

Jika dipanaskan, minyak ini menghasilkan bau yang tidak enak. Namun, jika Anda gunakan pada rambut, minyak zaitun murni dapat memberantas ketombe, rambut dan kulit kepala yang kering, serta rambut yang sulit untuk diatur. Selain itu, minyak zaitun ini juga bagus untuk kulit karena dapat melembabpkan dan memberikan efek relaksasi. Maka dari itu, biasanya minyak banyak digunakan sebagai minyak pijet.

  1. Minyak Zaitun yang di Murnikan/ Refind Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini sangat mudah di jumpai di Negara India. Harga minyak zaitun ini lebih murah daripada virgin olive oil, dikarenakan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi refined olive oil yang lebih rendah daripada extra virgin olive oil maupun virgin olive oil.

Karna tidak memiliki kandungan banyak anti-oksidan dan sifat anti-inflamasi penting seperti yang dikandung virgin olive oil, minyak zaitun yang dimurnikan tidak memiliki rasa pahit. Meski tidak memiliki banyak nutrisi, minyak yang di murnikan ini sangat bagus untuk keperluan memasak, apalagi untuk memasak masakan India.

  1. Minyak Zaitun/ Virgin Olive Oil

Minyak zaitun yang satu ini menjadi rahasia diet bagi orang-orang Mediterania. Jika diterjemahkan minyak zaitun ini adalah minyak zaitun tanpa embel-embel, dan merupakan minyak yang tidak dimurnikan. Apa sih maksudnya? Maksudnya adalah minyak zaitun yang tidak mengandung bahan kimia dan tidak melalui proses pemanasan ketika dibuat.

Jika Anda merasa bingung untuk membedakan virgin olive oil dengan extra virgin olive oil. Minyak zaitun biasa memiliki warna yang lebih pucat, sedangkan extra virgin olive oil lebih pekat. Selain itu perbedaannya adalah tingkat keasaman oleic yang sedikit lebih tinggi untuk didapatkan pada minyak zaitun biasa.

Minyakzaitun ini sering dipakai untuk memasak dan memanggang. Namun, minyak zaitun ini tidak bisa digunkan untuk deep fried. Deep fried adalah cara menggoreng dengan minyak yang banyak seperti untuk menggoreng ayam, ikan, dan gorengan. Mengapa tidak bisa? Karena minyak zaitun mengandung titik pengasapan yang rendah dan tinggi asam lemak jenuh.

  1. Minyak Zaitun Ekstra Virgin/ Extra Virgin Oil

Minyak zaitun ekstra virgin memiliki kualitas yang tertinggi dan harganya juga paling mahal daripada minyak zaitun yang lainnya. Hal ini dikarenakan mengandung banyak mineral alami dan vitamin. Minyak ini mengandung tingkat keasaman terendah, dan kaya akan anti-oksidan, mineral, dan vitamin.

Minyak ini merupakan minyak yang murni alias tidak memiliki proses kimia apapun. Anda dapat meminumnya atau menuangkan langsung di atas salad. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjadikan sebagai cocolan untuk roti atau dituang pada makanan dingin. Namun, perlu di ingat jangan pernah menggunakan minyak ini untuk memasak, karena kandungan vitamin di dalamnya akan hancur.

Inilah beberapa jenis minyak zaitun. Lantas bagaimana caranya mengkonsumsi minyak zaitun?

cara mengkonsumsi minyak zaitun
cara mengkonsumsi minyak zaitun
  1. Diminum langsung

Cara yang pertama dan sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan meminumnya langsung. Tidak semua jenis minyak zaitun dapat diminum. Yang dapat Anda konsumsi langsung adalah extra virgin olive oil. Minyak zaitun jenis ini merupakan minyak zaitun yang paling murni, dan mengandung anti-kanker, terutama pada kanker pencernaan dan kanker payudara.

Minyak zaitun extra virgin dapat memberantas demensia sejak dini. Penyebab dari demensia adalah terjadi peningkatan beta-amyloid di otak. Minyak zaitun ini mengandung senyawa oleocanthol yang berfungsi untuk mengontrol tingkat beta-amyloid.

Cara mengkonsumsi sangatlah mudah, Anda hanya mengambil sloki atau gelas kecil, dan meminum minyak zaitun sebanyak 1-2 sendok makan. Anda pun dapat meminumnya sebanyak 1-2 sendok makan. Minyak ini sangat aman untuk diminum satu kali setiap hari, dan lebih baiknya lagi diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas.

  1. Dressing Salad

Minyak zaitun ekstra virgin selain dapat diminum langsung, Anda dapat menjadikannya sebagai dressing salad yang enak dan lezat untuk dimakan. Minyak zaitun ini dapat kamu siramkan di atas salad yang telah kamu buat.

  1. Bubur Oatmeal

Siapa yang bilang kalau oatmeal cuman bisa dikonsumsi hanya dengan susu saja? Anda dapat berkreasi dengan menggunakan oatmeal dan minyak zaitun. Bubur oatmeal adalah merupakan salah satu makanan yang dapat dicampur dengan minyak zaitun. Makanan ini tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengkonsumsinya, balita sampai bayi pun dapat mengkonsumsinya.

  1. Backed Rice

Pasti Anda juga sering menjumpai nasi panggang di restoran dan kafe yang menjual makanan ala Barat. Nasi panggang sering dimasukkan oleh tuna, smoked beef, potongan daging ayam/sapi/ kambing, dan masih banyak lagi.

  1. Sup Tomat

Anda ingin mengkonsumsi sup yang rendah lemak dan vergetarian friendly? Sup tomat dengan campuran minyak zaitun sangat pas untuk Anda buat dan rasakan. Dan juga Anda dapat mencocol roti dengan sup ini.

Nah, inilah jenis dan cara mengkonsumsi minyak zaitun dari Tim Jempoltangan. Minyak zaitun memang menyehatkan, tapi Anda harus tetap membatasi penggunaannya, ya. karena sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik.

Semoga artikel kami bermanfaat bagi Anda. dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya, dadah..