Cara menjaga kesehatan mata
Cara menjaga kesehatan mata

Cara Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Posted on

Mata merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting sekali bagi kehidupan seseorang. Dengan adanya mata kita semua dapat mengetahui atau melihat keindahan – keindahan yang ada di dunia ini. Mata yang sehat tentu sesuatu yang di impiankan oleh semua orang yag hidup di dunia ini, namun kondisi mata yang sehat ternyata tidak sepenuhnya dapat dirasakan oleh seluruh orang yang ada di dunia ini. Pasalnya banyak sekali kita temui beberapa orang yang mengalami gangguan pada pengelihatanya atau matanya.

Cara menjaga kesehatan mata
Cara menjaga kesehatan mata

Saat ini banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata seseorang sewaktu – waktu dan dari berbagai usia mulai dari anak – anak, orang dewasa, dan bahkan orang tua. Seperti seseorang yang terlalu lama bermain game, membaca buku dengan jarak yang sangat dekat, membaca buku sambil tiduran, dan lain sebagainyaakan dapat mudah untuk terkena serangan penyakit miopi ( rabun jauh ). Rabun jauh merupakan penyakit mata yang mungkin tidak asing lagi bagi kita semua, pasalnya saat ini banyak sekali orang yang menderita penyakit miopi atau  rabun jauh, dan biasanya penderita miopi atau rabun jauh mereka menggunakan kaca mata untuk dapat membantu pengelihatan mereka. Miopi atau rabun jauh dapat menyerang siapa saja baik anak – anak, orang dewasa, atau pun orang tua.

Rabun jauh atau miopi dapat disebabkan karna beberapa faktor seperti pola hidup yang kurang baik, kurang mengkonsumsi vitamin A, faktor keturunan, dan masih banyak lagi penyebab yang lainya. Selain rabun jauh atau miopi juga terdapat penyakit mata yang lainya seperti hipermetropi ( rabun dekat ), mata katarak, dan penyakit mata yang lainya yang tentunya beberapa penyakit mata tersebut terdapat beberapa penyebabnya.

Beberapa ganguan atau penyakit mata tersebut tentu sangat menghambat seseorang dalam menjalankan aktivitasnya terutama yang menyangkut pada pengelihatan. Maka dari itu sangat penting sekali bagi kita semua untuk dapat menjaga kesehatan mata. Karna terdapat sebagian orang yang kurang atau bahkan tidak menjaga kesehatanya yang pada akibatnya dia terkena penyakit mata. Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang perlu untuk dibiasakan dalam kehidupan sehari – hari seperti tidak membaca buku dengan jarak yang cukup dekat, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dan masih banyak lagi yang lainya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan mata.

Baca juga :  Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga

  1. Hindarkan Kebiasakan Mengucek Mata

Sering kali beberapa orang mengucek matanya karna terasa gatal, kemasukan kotoran dan lain – lain. Padahal mengucek mata dapat menyebebkan mata akan mudah untuk lecet, terlebih – lebih di saat mengucek mata kondisi tangan memegang kotoran maka hal tersebut dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat terjadinya kerusakan pada mata.

  1. Jaga Jarak Pandangan

Kurang menjaga jarak pandangan di saat melihat atau memandang suatu benda seperti membaca buku, menonton televisi dapat mengakibatkan mata terkena rabun jauh atau miopi. Dan banyak sekali orang yang tekena rabun jauh dan salah satu penyebab utamanya yaitu karna kurang menjaga jarak pandangan. Jarak pandang yang ideal yaitu sekitar 50-100 cm. Demikian  juga di saat membaca buku jarak yang ideal ketika membaca buku yaitu sekitar 30 cm. Maka ketika akan membaca buku, menonton tv atau yang lainya maka jagalah jarak pandang melihatnya.

  1. Istirahatkan Mata

Ketika anda berlama – lama di depan komputer atau hp atau yang lainya pasti mata anda akan terasa lelah atau pedih, maka di saat kondisi yang seperti itu alangkah baiknya jika anda untuk segera mengistirahatkan mata anda. Karena jika anda memaksaknya terus menerus mata anda akan sangat rawan terhingap penyakit rabun jauh atau miopi.

  1. Pakai Pelindung Mata

Di  saat anda melakukan berbagai aktivitas seperti di saat berkendara, membersihkan jalan yang berdebu dan lain sebagainya, alangkah baiknya jika anda menggunakan pelindung mata seperti helem, kaca mata atau yang lainya. Hal tersebut perlu untuk dilakukan guna menjaga mata agar tidak mudah kemasukan kotoran. Kotoran yang masuk kedalam mata dapat membuat mata menjadi terinfeksi.

  1. Makan Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Makan makanan yang mengandung vitamin A juga merupakan salah satu cara yang paling baik guna menjaga kesehatan mata. Banyak sekali makanan atau buah – buahan yang mengandung vitamin A seperti wortel, buah avokat, bayam, dan lain sebagainya.

  1. Periksa Mata

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin guna mengetahui kondisi mata yang terjadi dan juga agar terhindar dari penyakit yang dapat menyerang mata.

  1. Berhenti Merokok

Bagi anda para perokok, usahakan agar berhenti dari kebiasaan merokok tersebut. Dikarnakan rokok berpotensi terjadinya penyakit mata seperti kerusakan saraf mata dan kanker.

  1. Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Bagi anda yang mengalami ganguan mata maka cobalah untuk berbicara pada angota keluarga anda terutama pada kedua orang tua anda. Apakah orang tua anda di nyatakan mengalami penyakit mata keturunan. Karna hal tersebut dapat menentukan anda apakah anda beresiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu