budidaya udang hias
budidaya udang hias

Cara Budidaya Udang Hias Bagi Yang Baru Terjun Di Dunia Hewan Udang Hias

Posted on

Cara Membudidaya Udang Hias Air Tawar – Salam sejahtera bagi semua pembaca setia artikel jempoltangan.com disini saya akan memberi informasi sekitar hewan. Dan saya memilih hewan Udang. Hewan udang banyak sekali di temui di sekitaran kehidupan warga, ada yang dipergunakan sebagai bahan makanan dan juga ada yang membuatnya sebgai lampiasan hoby yakni memelihara atau membudidayakannya. Disini saya akan memberi informasi bagi anda semua yang baru-baru ini senang membudidaya Udang. Dan kebanyakan orang jika ingin membudidaya hewan udang mereka semua lebih memilih jenis udang yang hias.

Udang Hias merupakan jenis udang yang corak warnanya bisa dibilang indah dan juga unik, jadi jenis udang hias ini sangatlah sering disebut dengan sebutan Ikan Udang Hias. Dengan adanya keindahan yang berhasil dimiliki oleh seekor Udang Hias, dan jangan heran jikalau sangat banyak para pencinta ikan hias yang juga ikut membudiyakan Udang Hias ini.

Adapun harga jual yang tertinggi dari Udang Hias ini ialah yang membuat banyak orang terus berusahan untuk melakukan sebuah budidaya Udang Hias. Selain dari nilai jualnya yang bisa dibilang tinggi, dan juga karena udang hias ini cara membudidayakannya cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk selalu dikembang biakkan.

Dan adapun Cara Membudidayakan Udang Hias Air Tawar adalah sebelumnya saya akan memberi tahu kepada anda semua bahwasannya Udang Hias ini bisa beradaptasi secara baik pada lingkungannya, walaupun Udang Hias hidupnnya di air yang keruh. Tetapi Udang Hias ini dapat bertahan hidup di air dengan ukuran pH 6,8 sampai 8.0.

Jikalau anda semua para pecinta Udang Hias sebelumnya anda semua harus memilih terlebih dahulu antara mitra hidup ataupun matetank untuk Udang Hias yang bisa dibilang lumayan sulit. Jika didalam aquarium ada seekor atau banyak ikan yang ukurannya besar, maka dari itu jangan kaget jika udang akan sering bersembunyi karena Udang Hias akan merasakan ancaman dari ikan besar tersebut. Tetapi ada ikan yang bisa hidup berdampingan dengan Udang Hias, yakni namanya ikan tetra, ikan tabr, dan juga ikan plati dikarenakan ketiga dari ikan tersebut tadi mempunyai postur yang bisa dibilang sama dengan postur Udang Hias. Ada juga jenis ikan yang tidak boleh atau dilarang hidup berdampingan dengan Udang Hias yakni ikan cichild, ikan cupang dan juga ikan catfish, asalkan anda tahu ketiga ikan tersebut bisa membunuh Udang Hias yang berada didalam aquarium.

Tetapi apabila kita semua diberi suatu pilihan, akan lebih baiknya jika Udang Hias juga di dampingan dengan Udang Hias atau hewan yang hampir sejenis. Didalam sebuah aquarium dengan adanya volume airnya sebesar 2,5 galon, demikian itu bisa untuk dipergunakan memelihara sebanyak kurang lebih 10 sampai 20 ekor Udang Hias.

Cara Membudidaya atau Memelihara Udang Hias

Suatu pemeliharaan atau Budidaya Udang yang perlu anda sekalian lakukan didalam aquarium yakni dengan mengatur aquariumnya seperti habitat asli dari Udang Hias tersebut. Bisa ditambahkan sebuah substrat berupa sebuah campuran pasir halus dan juga beberapa batu kecil atau kerikil. Anda semua juga bisa memasukan sedikit batu karang guna rumah dan juga sebagai tempat persembunyiaanya. Serta bisa juga masukan sedikit lumut jawa yang mana dibuat sebagai tanaman dasar dari dalam aquarium.

Makanan Udang Hias

Ada Udang Hias yang jenis Neoocardina yang bisa diberi makan berupa sayur-sayuran yang warnanya hijau seperti alga, selada beku, spirulina tablet dan juga kubis. Udang Hias yang jenis Pearl bisa di beri makan makan yang berbahan dasar dari tablet atau daging. Sedangkan udang yang jenis Macrobachium bisa diberi makan berupa udang renik, cacing rambut dan juga cacing darah beku.

Cara Mengembangbiakan Hewan Udang Hias

Untuk membedakan jenis Udang Hias betina dengan yang jantan memang bisa dibilang sangat sulit, karena didalam segi warnanya, antara betina dan jantan mempunyai warna dan corak yang sama. Sehingga sangat banyak para pecinta budidaya Udang Hias telah mencampurkan sekitar 20 ekor induk didalam satu wadah dengan cara acak atau gambling.

Setelah sekitar waktu satu minggu, maka dari itu akan tampak sebuah butiran telur yang melekat pada induk jenis betina. Sebelum pada akhirnya semua telur-telur itu menetas. Maka dari itu, pada saat itulah baru anda ketahui bahwasannya yang mempunyai telur yang bertempat diperutnya itu adalah jenis Udang Hias yang betina.

Agar butiran-butiran telur tersebut bisa menetas dengan baik maka dari itu anda semua perlu menambahkan aerator didalam aquarium. Adapun aerator tersebut berfungsinya sebagai mengurangi akan tingkat kematian dikarenakan bertindaknya sebagai sirkulasi udara yang ada didalam air atau aquarium.

Setelah kurang lebih 15 hari berlalu dari proses bertelurnya maka dari itu induk bisa dikawinkan lagi dengan menempatkannya dalam suatu wadah yang sama. Baru setelahnya berumur sekitaran 2 bulan, maka Udang Hias bisa dipanen dan juga dapat dijual dengan adanya harga yang relative tinggi.

Dan berikut ini ialah bebrapa nama-nama dari Udang Hias:

  • Mandarin Shirimp – Caridina cf. Propinqua
  • Cardinal Shrimp – Cardina Dennerli
  • Red Nose Shrimp – Cardina Gracilirostris
  • Neon Shrimp – Caridinia cf. Babaulti var. Green
  • Red Cherry Shrimp – Neacardina Denticulate Sinensis
  • Bumble bee Shrimp – Caridina Trifasciata
  • Vampire Shirmp – Atya Gabonensis
  • Yamato Shrimp – Caridina Japonica
  • Bamboo Shrimp – Atyopsis Moluccensis
  • Blak King Kong
  • Blue Cherry
  • Red Cherry

Sekiranya sampai disini dulu artikel tentang Cara Membudidaya Udang Hias Air Tawar semoga bermanfaat bagi anda semua utamanya bagi anda yang baru di duia Udang Hias. Mohon maaf jika terdapat salah kata dan penulisan, cukup sekian dan terimakasih, Sampai jumpa kembali.