buah eksotik
buah eksotik

Buah Eksotis yang Dimiliki Oleh Negara Indonesia

Posted on

Buah Eksotis-  Buah adalah makanan yang memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, selain kaya manfaat dan kaya serat, vitamin, dan mineral. Zat warna yang terkandung pada buah sangat penting sebagai antioksidan yang dapat menangkal segala macam penyakit yairu seperti kanker, jantung, stoke dan lain-lain.

Namun di indonesia ini janya sekitar 40 persen saja, masyarakat indonesia yang tahu dan mengkonsumsi buah atau jus. Hal ini sangt berbeda dengan beberapa negara yang ada di Asia Tenggara. Dan yang lainnya rata-tara sudah sadar aklan manfaat buah tersebut.

Menurut Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) yang merekomendasikan yang menkonsumsi buah minimal 65,75 kg/ kapita/tahun. Dan dinegara indonesia ini masih sangat rendah yang mengkonsumsi buah, sekitar 40 kg/kapita/tahun.

Berikut ini adalah beberapa buah ekosotik sebagai berikut:

Buah belimbing

Buah belimbing
Buah belimbing

Buah belimbing adalah buah yang asli dari indonesia (khususnya maluku), di india juga ada dan di srilangka juga ada. Tanaman yang hidup di tropis dan tanaman ini mulai dikenalkan didaerah selatan florida AS. Tanaman ini memiliki nama yang unik yaitu starfruit, karena buah ini mirip dengan bimtang yang ada dilangit.

Di Indonesia sendiri buah belimbing ini terbagi menjadi dua yaitu belimbing buah yang manis dan belimbing sayur (belimbing wuluh) yang sangat asam. Belimbing ini memiliki manfaat untuk kesehatan contohnya untuk mengobati tekanan darah tinggi dan batuk.

Dan sedangkan untuk daunnya sangat berkhasiat sebagai obat sakit kepala. Dan sedangkan buah belimbing wuluh ini yang sangat masam itu, berkhasiat untuk obat sariawan. Dan buah nbelimbing ini resmi menjadi ikon kota depok, jawa barat.

Buah Cempedak

Buah Cempedak
Buah Cempedak

Buah eksotis yang satu ini adalah cimpedak, cimpedak adalah buah yang mirip sekali dengan nangka , daunnya sama, batangnya sama dan musim berbuahnya juga sama. Namun rasanya berbeda dengan nangka kalau buah cimpedak ini rasanya sangat manis. Getah dari buah cimpedak ini lecih cair dari pada getah nangka, dan daun dari buah cempedak ini berbulu-bulu putih tipis. Dan buah cempak hanyaberbuah satu kali dalam  setahun.

Buah cempedak ini biasanya dimakan dalam keadan segar langsung petik dari kebun atau diolah terlebih dahulu. Di indonesia buah ini tumbuh di daerah sumatra selatan, sumatra utara, pulau bangka, pulau belitung.

Buah Duku

Buah Duku
Buah Duku

Buah eksotis yang selanjutnya adalah buad duku, buah yang berbentuk bulat kecil dan warnanya kekuningan ini merupakan buah salah satu buah asli. Buah duku ini adalah buah yang menjadi kebanggan dari indonesia tersendiri. Pohon buah duku ini dijadikan identitas provinsi sumatra selatan.

Biasanya buah duku ini dipanen satu tahun sekali, di dalam negeri dan Asia buah duku ini sangat digemari. Tapi sayangnya pengeksporan buah duku ini belum saja menembus pasar Amerika dan Eropa. Pohoin duku ini ditanam umumnya diambil buahnya saja, yang bisa dimakan dengan keaadan segar.

Buah duku ini bisa dijadikan untuk sirup dan disimpan dibotol, kayu dari buah duku ini keras, padat, berat dan juga awat. Sehingga bisa unutk dibuat alat perkakas. Kulit dari buah duku ini bisa dijadikan untuk obat diare dan bisa juga untuk pengusir nyamuk, tapi kulit duku ini harus dibakar terlebih dahulu.

Buah Durian

buah durian
buah durian

Buah durian adalah buah yang banyak peminatnya dan buah eksotis ini memiliki kulit yang keras dan berduri. Buah durian ini sering dijulukan sebagai raja buah atau king of fruit dan buah ini asli dari indonesia. Buah durian ini sering ditemukan di provinsi sumatra dan kalimantan.

Durian ini memamg lezat, sehingga membuat negara yang lain untuk berlomba-lomba membudidayakan buah durian ini.  Buah durian pun seringkali diolah menjadi bahan campuran untuk makanan seperti dodol durian.

Di balik dari kelezatan buah ini ada beberapa manfaat dan khasiat, kulit buah durian bisa untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar.  Di sisi lain buah duarian ini merupakan buah yang cukup kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainnya, namun tidak semua orang yang menyukai buah durian ini karena rasa dan aromanya.

 Buah Jambu Air

 Buah Jambu Air
Buah Jambu Air

Jambu air ini memang banyka ditemukan di pulau jawa, sehingga buah jambu air ini terkenal di mancanegara dengan julukan java apple. Buah jambu air ini memiliki komposisi zat  gizi yang cukup baik untuk tubuh. keunggulan dari buah jambu air ini adalah kandungan air  yang sangat tinggi yaitu mencapai 93 gram per 100 gram.

Buah jambu air ini dipercaya untuk mempercantik kulit, karena buah ini kaya dengan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin B. Sebagian penduduk kalimantan yang ada di pedalaman biasanya mengonsumsi buah jabu air ini untuk melancarkan buang air kecil dan besar. Serta mengobati kaki yang bengkak dengan irisan dari buah jambu air ini dan dikompers pada yang sakit.

 Buah Salak

buah eksotis
buah eksotis

Bauh eksotis ini adalah buah salak, buah slak ini sering dijuluki dengan mana snake fruit karena buah salak ini bersisik seperti ular. Buah yang asli dari indonesia ini, bahkan dari jenis salak ini adalah salak condet dan buah salak condet ini menjadi identitas kota jakarta.

Dan salak pondoh yang dibudidayakan dari populasi disisi tenggaranya dilereng gunung merapi dan dibudiyakan sejak tahun 1980. Salak podoh ini memiliki ciri yangh sangat khas yaitu dengan dagingnya yang manis, garing dan tidak sepat. Buah ini sering menjadi salah satu simbol penting untuk kota yogyakarta. Buah salak ini memiliki kandungan yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah menjadi buah manisan. Manfaat dari buah salak ini adalah untuk kesehatan mata.

Nah, itu tadi beberapa buat eksotis yang dimiliki oleh indonesia,  namun sebenarnya banyak lagi buah eksotis yang rasanya enak dan juga dengan khasiatnya untuk kesehatan. Demikian dari kami semoga informasi yang kami buat untuk anda semoga bermandaat, sekian dan terima kasih….