Habib Rizieq
Habib Rizieq

Biografi Singkat Sang Habib Keturunan Arab Rizieq Syihab

Posted on

Biografi Sang Habib Rizieq Syihab – Seorang Habib yang mempunyai nama Muhammad Rizieq Syihab ini mempunyai latar belakang keluarga seorang pemimpin islam. Habib Muhammad Rizieq Syihab ini mempunyai ayah yang bernama Husein Syihab selaku pimpinan dari Front Pembela Islam atau sering disingkat dengan FPI. Habib yang satu ini terlahir pada tanggal 24 Agustus tahun 1965 di Kota Jakarta nama lengkap ayahnya ialah Sayyid Husein Syihab (Alm), dan juga mempunyai seorang ibu yang bernama Syarifah Sidah Al-Attas. Habib yang satu ini mempunyai kediaman atau rumah yang terletak di Jl. Pertamburan III No rumah 83, tepatnya di Tanah Abang , Jakarta Pusat.

Pada ujung gang yang ada di rumahnya terdapat sebuah warung atau toko yang mana mempunyai usaha perlengkapan sholat dan juga minyak wnagi kepunyaan dari Muhammad Rizieq Syihab. Ayah dari habib yang satu ini yakni Sayyid Husein Alm bersama teman-temannya pada saat tahun 1937 telah menidirkan sebuah PAI atau bisa juga dibilang Pandu Arab Indonesia. PAI merupakan sebuah perkumpulan yang kepanduannya didirikan oleh orang asli Indonesia tetapi sedikit berketurunan Arab dan juga suku Betawi. Status social dari beliau selaku ayah dari habib Muhammad Rizieq Ssyihab juga keturunan dari para habib dan juga dia mengaku sebagai keturunan yang ke 38 dari Nabi besar Muhammad SAW. Adapun sebutan yang lain dari Habib ialah Sayyid.

Kata Sayyid jamak dari kata Saddah , sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti tuan. Kata Syarif jamak dari kata Syaraf yang mempunyai arti dihormati atau sebuah sinonim dari kata Sayyid. Adapun Sayyid ialah sebuah gelar dan hanya tertuju pada seseorang ataupun kelompok. Adapun gelar ini identiknya diperuntukan bagi kaum laki-laki, dan yang untuk perempuan adalah sebutan Sayyidah atau bisa juga Syarifah. Kata Sayyid tertujunya kepada orang Arab, khusus bagi orang yang mengklaim sebagai keturunan dari Nabi Muhammad yang melalui cucu beliau yang mempunyai nama Husein selaku anak dari Fatimah Az-zahra dengan Ali bin Thalib.

Selain bekerja menjual baju, perlengkapan ibadah, dan juga minyak wangi Habib Rizieq juga pula berdakwah dan juga mengajar di daerah Jami’at Khair. Yang mana dirumahnya pada saat malam jumat pasti selalu diadakan acara pengajian yang dimulainya dari jam 17.30 sampai dengan jam 20.30, dan juga wirid yang selalu dilafadkan ialah wirid Al-Latief dan juga wirid Ratib Al-Haddah. Ada dua macam wirid yang sangat popular ini yang terkenal di kalangan tarekat Haddadiyah. Yang mana namanya di ambil dari Sayyid ataupun Habib Abdullah Al Haddad yang mana dinisbabkan terhadap Imam Alawi bin Ubaidillah selaku putra Imam Ahmad Al-Muhajir yang selalu dioandang sebagai founding father di kaum Hadhrami.

Adapun kelompok Sayyid yang asalnya dari Hadramaut tepatnya di Kota Yaman Selatan. Dari adanya sebuah perspektif dalam sejarah, kelompok Sayyid yang saat ini ada di Negara Indonesia yang asalnya dari Hadramaut. Jika anda belum mengetaui Hadramaut itu dimana, Hadramaut itu adalah salah satu Provinsi yang ada di kota Yaman Selatan. Pada saat tahun 1885, ada orang Hadramaut yang sedang berada di Negara Indonesia dengan berjumlah 20.000 orang, yang 10.888 orang berada atau bertempat di Madura dan Jawa, dan yang 9.613 orang berada di suatu pulau yang lainnya.

Pada tahun 1905 ternyata orang Hadramaut semkain bertambah hingga menjadi 30.000 ribu manusia. Yang 19.148 berada di Madura dan jawa, dan yang 10.440 bertempat di pulau yang lainnya. Pada saat menjelang tahun 1934 sekitaran 20 sampai 30 persennya orang Hadramaut telah menetap di HIndia Belanda, Afrika bagian Utara, dan juga Negara-negara yang ada di laut merah. Orang Hadramaut pada umumnya tinggalnya di pesisir atau di pinggir pantai, atai di pinggir kota-kota yang besar seperti Batavia (Jakarta), Pekalongan, Surabaya, Semarang, dan juga Palembang.

Riwayat PEndidikan Dari Habib Rizieq Syihab

Riwayat dari pendidikan sekolahnya dimulainya dari SDN 1 Petamburan,dan bersekolah SMP di SMP 40 Pejompongan, yang mana SMP Kristen Bethel Petamburan di Jakarta. Dan juga bersekolah SMA di SMAN 4 gambir, dan juga bersekolah di SMA Islamic Village di Tangerang sampai dengan tahun 1982. Lalu kemudian pada tahun 1983 sempat kuliah di LIPIA selama satu tahun. Lalu satu tahun kemudian Habib mendapat sebuah beasiswa yang didapat dari OKI guna melanjutkan study S! nya di King Saud University, di jurusan Dirasah ISlamiyah, di Fakultas Tarbiyah.

Dan pada tahun 1990 Habib Rizieq telah berhasil menyelesaikan studinya dan juga sempat mengajar di SLA di daerah Riyadh selama kurang lebih satu tahun yang lalu telah kembali ke Negara Indonesia pada saat tahun 1992. Dan juga Habib yang satu ini sempat melanjutkab study progam masternya atau S2nya di Universitas Anta Bangsa tepatnya di Negara Jiran Malaysia. Tetapi hanya sampai waktu satu tahun saja, kemudian beliau kembali lagi ke Negara Indonesia untuk melanjutkan dakwahnya.

Karir dari Sang Habib Rizieq Syihab

Habib yang satu ini selain mengisi pengajian-pengajian yang ada, beliau jugapernah menjabat sebagai kepala sekolah di Madrasah Aliyah Jami’at Khair. Sebagaimana ormas berbasis keturunan Arab. Habib Rizieq juga pernah menjabat sebagai Dewan Syariat anggota dari Jami’at Khair. Dan juga beliau pernah menjadi seorang pemimpin atau Pembina dari sejumlah majlis ta’lim se wilayah jabodetabek dari mulai berdirinya FPI tahun 1998 sampai dengan tahun 2002.

Sampai disini dulu pemberitahuan tentang Biografi Habib Rizieq Syihab, semoga bisa menambah pengetahuan anda smeua yang membacanya. Mohpn maaf jika terdapat kesalahan pada penulisan dan juga kata-katanya. Semoga bermanfaat cukup sekian dan terimakasih.