Kapitan Pattimura
Kapitan Pattimura

Biografi Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura

Posted on

Kapitan PattimuraPahlawan Nasional yang berasal dari maluku ini sangat dikenal sekali sebagai pahlawan nasional yang sangat gigih dalam melawan penjajah dari belanda. Banyak yang berpendapat bahwa nama aslinya adalah ahmad lussy dan ada juga yang berpendapat namanya thomas matulessy dan ini masih jadi perbincangan masyarakat.

Perdebatan asal usul Kapitan Pattimura

“ bahwa pahlawan nasional ini masih golongan keluarga atau turunan dari bangsawan yang berasal dari seram (nusa ina). Dan ayahnya bernama antoni mattulessy dan ayahnya ini anak dari kasimiliali pattimura mattulessy. Dan yang terakhir ini adalah anak dari raja sahualu. Dan sahualu ini adalh bukan nama orang melainkan nama negeri yang letaknya berada di teluk seram selatan”. Dan itulah yang dituliskan oleh m. Sapija pada buku biografi pattimura pertama kali di terbitkan dalam versi pemerintahan.
Pattimura ini lahir pada 08 juni 1783 di wilayah haria daerah saparua maluku tengah, dalam versi pemerintahan pangeran pattimura lahir di daerah hualoy, seram sekatan. Dan dilahirkan oleh ibu yang bernama fransina tilahoi dan ayahnya bernama frans matulessy.

Dan untuk pendapat sejarawan prof. Mansyur suryanegara memiliki pendapat yang berbeda. Prof. Mansyur suryanegara ini mengatakan dalam bukunya yang berjudul api sejarah. Bahwa pangeran pattimura ini bernama asli ahmad lussy karena dalam bahasa maluku disebut mat lussy yang lahir di hualoy, seram selatan. Patiimura adalah seorang bangsawan yang berasal dari kerajaan islam sahulau, yang pada saat itu di perintah oleh sultan abdurahman alam bahasa maluku dikenal dengan nama sultan kasimiliah.

Dari sejarah pattimura yang dituliskan oleh m sapija, gelar kapitan adalah pemberian dari belanda, namun menurut prof. Mansyur suryanegara itu tidak karena dari sudut antropologi, sudut sejarah dan homo religiosa. Dan juga keyakinan mereka terhadap sesuatu kekuatan jauh dari jangkauan akal pikiran dan menimbulkan tafsiran yang sangt sulit dicerna oleh rasio modern. Dan juga sebab itulah tingkah laku sosialnya yang dikendalikan oleh alam yang ditakuti.

Jiwa mereka bersatu dengan kekuatan alam dan kesakitan kesakitan khusus yang dimiliki oleh sesorang. Kesakitan itu diterima sebagai sesuatu peristiwa yang sangat suci dan mulia. Bila dekat atau melekat pada seseorang dan orang itu disebut sebagai lambang kekuatan dari mereka. Yang memiliki kharisma dianggap sebagai pemimpin. Dan sifat itu akan tetap melekat dan turun temurun. Walaupun mereka yang sudah atau kemudian akan memeluk agama islam sekalipun, namun dari silsilah atau keturunannya adalah turunan pemimpin atau kapital. Dan disinilah sebutan untuk pattimura sebagai kapital yang melekat pada dirinya, dan itulah menurut prof. Mansyur suryanegara.

Biografi Kapitan Pattimura
Biografi Kapitan Pattimura

Untuk silsilah pattimura, pada tahun 1960 pemerintan indonesia mengirimkan beberapa pasukan untuk ke maluku dan di tim ini terdiri dari kapten siahainenai dan juga kapten tni ma’wa dan mereka ini dari kodam xv/pattimura dan pergi ke saparua untuk mencari tahu sejarah pattimura, lalu tim tersebut menyurati subuh patty ayau seorang raja, di negeri latu, yang mana desa tersebut bertetangga dengan desa hualoy.

Dan mereka meminta untuknya membawakan informasi atau data data tentang Kapitan Pattimura, setelah mereka mendapatkan banyak informasi dan data data yang mereka inginkan dari warga saparua. Lalu mereka yang telah diutus membawa informasi dan data data tersebut mengenai sejarah kapitan pattimura lalu diberikan dua perwira tni.

Dan pada tahun 1960 tepatnya tanggal 20 mei, kapten wattimena dan infantri f.l siahainenia telah mendatangi daftar silsilah yang dari itawaka tentang thomas matulessy oyang dengan judul turun temurun kapitan matulessy. Dan pada 26 me 1960 silsilah ini baru diandatangi oleh pemerintah itawaka yang bernama a. Syaramanual. Dan di jakarta disahkan dan ditandatangani oleh frans hitipeuw dengan atas nama nilai tradisional dan direktora sejarah, depdikbud dan didjenbut. Menurut versi pemerintah daftar silsilah ini yang menjadi rujukan mengenai sjarah kapitan pattimura.

Dan pada 5 oktober 1987 untuk versi haria tentang daftar silsilah thomas ini juga ditandatangani oleh frans hitipeuw dengan atas nama pemerintah. Frans hitipeuw atas nama pemerintah mengesahkan dua daftar silsilah thomas matulessy dalam sehari. Ada versi lain mengenai daftar silsilah thomas matulessy yang diberi judul silsilah pattimura versi ulath. Versi ini disusun oleh i.o. Nanulaita. Pada bulan september 1976,

Kemudian pada tanggal 5-7 nopember 1993, diadakan sebuah forum ilmiah seminar tentang sejarah perjuangan pahlawam nasional pattimura di kodam xv pattimura yang dihadiri oleh para ahli sejarah, analis, dan pemerhati sejarah. Pertemuan ini diselenggarakan oleh kanwil depdikbud provinsi maluku di ambon. Namun hingga berakhirnya seminar, belum bisa dipastikan siapa tokoh kapitan pattimura yang sesungguhnya (suara maluku edisi 8 november 1993).

Perjuangan dan Perlawanan Kapitan Pattimura terhadap Belanda

Pattimura
Pattimura

Kapitan pattimura ini pernah berkarir di militer sebagai mantan sersan militer inggris dan itu sebelum melakukan prllawanan terhadap voc. Asal kata “maluku” ini berasal dari arab al malik atau al mulk yang memiliki arti tanah raja raja, karena pada zaman itu mengingat banyak kerajaan. Pada 1816 inggris menyerahkan kekuasaannya kepada belanda lalu belanda menetrapkan pajak atas tanah (landrente), pemindahan penduduk serta pelayaran hongi (hongi tochten kebijakan politik monopoli), serta mengabaikan traktat london i antara lain dalam pasal 11 memuat ketentuan bahwa residen inggris di ambon harus berunding tentang pemindahan koprs ambon dengan gubenur.

Dalam perjanjian tersebut juga dijelaskan bahwa pemeritah inggris berakhir dimaluku para serdadu ambon harus dibebaskan dan pada perjanjian juga sempat dicantumkan dengan sejelas-jelasnya bahwasannya jika pemeritah dari negara inggris berakhirnya di kota maluku, maka dari itu para serdadu-serdadu dari kota ambon harus dibebaskan didalam artian yang berhak untuk memilih untuk memasuki dinas kemiliteran dengn perintah yang baru ataupun keluar dari dinas kemiliteran, akan tetapi didalam praktiknya dalam pemindahan dinas kemiliteran ini harus di paksakan kedatangannya kembal dari kolonial belanda pada saat itu tahun 1817 juga mendapat tantangan yang keras oleh rakyat.

Dia berhasil mengkoordinir raja-raja patih dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, memimpin rakyat, membangun benteng-benteng pertahanan, menyediakan pangan dan mengatur pendidikan. Kewibawaan Kapitan Pattimura dalam mimpin diakui luas oleh para raja patih maupun rakyat biasa.

Ini terjadi karena kondisi ekonomi, poliiitik dan hubungan antara masyarakat yang sangat buruk karena dua abad terakhir ini. Dan akhirnya rakyat Maluku mengangkat senjata dan bangkit dibawah pimpinanya Kapitan Patimura, pada saat perang melawan Belanda. Raja raja patih, tua tua adat, para kapitan mengangkat Kapitan Pattimura sebagai Panglima dan Pemimpin perang dengan karena memiliki pengalaman dan juga memiliki sifat ksatrian. Dan pada akan berperang sebagai Panglima, Kapitan Pattimura mengatur stategi perang di bantu oleh para pendampingnya.

Demikian artikel dan juga informasi dari kali tentang Biografi Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura yang bisa kita pelajari di sehari-hari. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya tentang biografi pahlawan lainnya di jempoltangan.com untuk menambah wawasan anda. Semoga artikel dan informasi dari kami bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih!