bung karno
bung karno

Biografi Sang Proklamator Presiden Pertama Indonesia Bung Karno

Posted on

Biografi Bung Karno – Sekarang ini kami akan mengulas tentang biogarfi dan juga profil dari sang proklamator. Sampai sekarang beliau merupakan tokoh yang paling banyak di kagumi masyarakat Indonesia. Beliau  merupakan presiden pertama Republik Indonesia.

Beliau juga merupakan pencetus Pancasila. Presiden soekarno sering di sapa dengan sapaan Bung Karno. Beliau merupakan pahlawan proklamasi dengan Mohammad Hatta. Soekarno dilahirkan di Blitar pada tanggal 6 Juni 1901.

Sebelum soekarno ganti nama, nama sebelumnya adalah Koesno Sosrodihardjo, karena soelarno sering sakit yang mungin saja di sebabkan karena namanya tidak sesuai maka kemudian namanya diganti menjadi  Soekarno.

Ketika kecil Soekarno hanya beberapa tahun saja hidup bersama orang tuanya. Di jenjang SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya. Kemudian soekarno melanjutkan pendidikannya di Hoogere Burger School (HBS). Ketika beliau menempuh pendidikannya di HBS beliau menggembleng jiwa nasionalismenya.

Pada tahun 1920 Soekarno lulus, kemudian beliau pindah ke Bandung dan melanjutkan pendidikannya di Technische Hoogeschool School (THS).dan akhirnya beliau mendapatkan gelar “Ir” pada tanggal 25 Mei 1926.

Kemudian di tanggal 4 Juli 1927, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan juga mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia), bertujuan Indonesia Merdeka. Karena akibatnya, Belanda memasukkannya ke penjara sukamiskin yang berada di Bandung pada tanggal 29 Desember 1929. Setelah delapan bulan kemudian soekarno baru disidang.

Pembelaan yang beliau lakukan berjudul Indonesia Menggugat, soekarno menunjukkan kemurtadan B elanda, bangsa yang mengaku-ngaku lebih maju. Dengan adanya pembelaan tersebut membuat belanda semakin marah besar. Dan pada akhirnya PNI pun di bubarkan pada bulan Juli 1930.

Pada tahun 1931, soekarno akhirnya bebas. Setelah itu beliau bergabung dengan Partindo sekaligus memimpinnya. Akibatnya soekarno di tangkap kembali dan dibuang ke Ende, Flores di tahun 1933. Empat tahun kedepan dipindahkan ke Bengkulu.

Beliau memerankan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Soekarno merupakan yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagi dasar negara dan beliau juga yang menamainya.

Soekarno lahir dari rahim ibu tercintanya yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai dan dengan seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo. Sebelum soekarno lahir telah lahir terlebih dahulu seorang perempuan yang bernama  Sukarmini.

Ketika beliau masih kecil beliau tinggal bersama kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulungagung. Beliau bersekolah pertama kali di Tulungagung dan pada akhirnya beliau pindah ke Mojokerto, mengikuti orang tuanya yang ditugaskan di kota tersebut. Bung karno merupakan presiden petama Indonesia. Soekarno juga dikenal sebagai arsitek.

Saat bung karno di penjara di sukamiskin, dalam penjara sukamiskin hidupnya semua berasal dari istrinya yang setia menemaninya yaitu inggit Ganarsih. Soekarno dan inggit menikah pada tahun 1923. Kakak soekarno juga membantu inggit untuk membawakan makanan soekarno yang berada di penjara ska miskin.

Beliau di mata belanda merupakan seorang tahanan yang mampu menghasut orang lain supaya berfikiran untuk merdeka. Kemudian beliau dianggap cukup berbahaya bagi belanda. Kemudian beliau diisolasikan dengan tahanan elit tujuannya agar tidak bisa mendapatkan informasi yang berasal dari luar penjara.

Tahanan elit ini sebagian besar merupakan warga belanda yang mempunyai kasus seperti penggelapan, penyelewengan dan juga korupsi. Hal ini menjadikan tujuan belanda supaya topik pembicaraan mengenai bagaimana caranya untuk memerdekakan Indonesia tidak sesuai yang di harapkan, sebab tahanan elit yang bersama soekarno merupakan orang belanda.

Topik yang beliau dengarkan sama sekali tidak penting, sepertihalnya soal makanan dan juga cuaca. Berbulan-bulan berada di suka miskin membuat soekarno putus komunikasi dengan teman. Akan tetapi hal tersebut bukanlah hal yang sulit baginya untuk mendapatkan informasi dari luar.

Ide baru muncul difikiran soekarno, beliau menggunakan telur sebagai media untuk berkomunikasi dengan istrinya. Jika teman soekarno mengalami musibah ataupun mendapat kabar buruk, maka telur yang dibawakan oleh istrinya yaitu telur asin.

Untuk bicara dengan inggit, soekarno di awasi dengan sangat ketat, bahkan barang bawaan inggit juga di periksa secara teliti oleh penjaga. Dan akhirnya soekarno dan juga inggit menemukan cara yang dianggapnya sangat mudah dalam berkomunikasi yaitu dengan media telur sama seperti sebelumnya, tetapi cara ini digunakan sedikit berbeda   yaitu dengan menusuk jarum ke telur.

Jika telur itu terdapat satu tusukan berarti kabar baik, jika terdapat tusukan sebanyak dua berarti seorang teman tertangkap namun jika terdapat tiga tusukan berarti aktifitas kemerdakaan cukup besar yang ditangkap.

Selama soekarno berada di penjara sukamiskin, sekalipun orangtua soekarno tidah menjenguknya. Dikarenakan orang tua beliau tidak sanggup melihat soekarno yang kurus dan hitam. Agar orang tua soekarno tidak khawatir, beliau sering beralasan bahwa beliau sering bekerja di bawah sinar terik matahari.

Oleh karena itu kulitnya menjadi hitam, selain itu soekarno di dalam penjara  ingin memanaskan tulangnya sebab di dalam penjara ruangannya sangatlah gelap, tidak ada sinar matahari, lembab dan juga sangat dingin.

Kasusnya di sidangkan oleh belanda melalui pengadilan Landraad di Bandung, ada tanggal 18 desember 1930. Pada saat beliau dibuang ke bengkulu beliau bertemu dengan Fatmawati dan Mohammad Hatta. Ditahun 1938, beliau dibuang di bengkulu dan bertemu dengan mohammad hatta dan juga fatmawati.

bung karno dan bung hatta
bung karno dan bung hatta

Mohammad hatta akan menjadi teman seperjuangan yang akhirnya keduanya akan memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.  Di Bengkulu bung karno berkenalan dengan fatmawati yang di kemudian hari akan menjadi istri soekarno dan ibu negara pertama.

Fatmawati merupakan putri dari Hasan Din yang mengajak soekarno untuk mengajar di Sekolah Muhammadiyah di Bengkulu. Di tahun 1942, kekuasaan belanda di indonesia akhirnya berakhir setelah jepang masuk menyerbu indonesia.

Soekarno sempat akan dipindakan ke Australia oleh Belanda, akan tetapi gagal karena dicegat oleh Jepang. Setelah itu soekarno kembali ke jakarta. Kemudian jepang memanfaatkan soekarno beserta pemimpin indonesia lainnya guna untuk menarik hati penduduk Indonesia.

Setelah memberikan janji kemerdekaan bagi Indonesia, Jepang menunjuk soekarno sebagai pemimpin untuk memimpin tim persiapan kemerdekaan Republik Indonesia yaitu BPUPKI dan PPKI. Soekarno bahkan sempat terbang ke Jepang untuk bertemu dengan kaisar Hirohito.

Beliau bahkan terus menerus melakukan pendekatang dan kerjasama dengan jepang, guna untuk Indonesia supaya dengan cepat diberikan kemerdekaan. Semua segala persiapan untuk kemerdekaan indonesia dilakukan oleh soekarno seperti merumuskan Pancasila dan juga UUD 1945 sebagai ideologi dan juga dasar negara.

Sebelum mengumumkan kemerdekaan Indonesia di bulan agustus 1945, soekarno dan juga mohammad hatta bersama dengan pemimpin indonesia yang lainnya terbang ke Dalat, Vietnam. Untuk menemui pemimpin tertinggi kekaisaran Jepang di Asia Tenggara yaitu Marsekal Terauchi.

Sebelum di umumkannya kemerdekaan indonesia, terdapat perbedaan pandangan di antara golongan tua dan golongan tua. Golongan muda menghendaki mengumumkan proklamasi secepatnya, sedangkan golongan tua menginginkan agar kemerdakaan disiapkan secara matang.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kunjungi terus website kami dan dapatkan informasi-informasi lainnya. terima kasih.