binatang buas
binatang buas

Binatang Buas yang Berada di Afrika yang Sangat Mematikan

Posted on

Binatang Buas -Di seluruh dunia patinya banyak sekali binatang buas kan? Berikut ini kami akan membahas tentang binatang buas yang berada di afrika. Pada umumnya Afrika memanglah gudangnya para binatang buas. Beberapa channel televisi yang bertema tentang binatang satwa sering sekali mengambil Afrika sebagai topik acara tersebut.

Afrika merupakan gudangnya berbagai macam jenis binatang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), binatang buas merupakan binatang yang hidup bebas dan liar dan juga memusuhi manusia. Sifatnya yang ganas membuat binatang tersebut disebut dengan binatang buas.

Bahaya akan datang sebab kekuatan mereka terkadang lebihkuat dibandingkan gerombolan manusia. Di pandangan masyarakat binatang buas merupakan binatang yang berbahaya untuk manusia. Bahaya tersebut bisa diterjemahkan sebagai binatang itu dapat menyerang manusia dengan gigitan, tanduk, cakarnya, racunnya, dan lain semisalnya.

Ciri-ciri binatang buas adalah lahir dan hidup di alam liar, tidak dipelihara manusia, liar, berbahaya untuk manusia, menyerang saat terganggu dan merasa terancam. Bahkan di Afrika juga terdapat binatang yang tidak ada di negara lain. Afrika merupakan habitat asli dibenua tersebut karena memiliki gurun, taman nasional, dan juga hutan.

Beranekaragam satwa di Afrika ibaratnya oase di gurun yang panas dan kering. Binatang-binatang tersebut membuat benua tersebut memiliki nilai tambah. Burung lovebird yang banyak berasal dari afrika yang dikagumi oleh banyak orang.

Binatang buas merupakan binatang yang lahir, tumbuh dan besar di dalam habitatnya dialam bebas. Habitat alam bebas ini bisa saja dimana saja, misalnya saja di hutan belantara, gurun, rawa, laut, pantai, padang rumput.

Binatang buas pada hakikatnya membentuk segerombolan komunitas atau masyarakat dengan sesama populasinya. Meskipun kita tidak bertempat tinggal di hutan, tetapi tentunya kita pasti bisa melihat kehidupan hewan melalui media massa lainnya atau mungkin bisa anda lihat di kebun binatang maupun taman safari.

Berbagai macam binatang buas dari berbagai spesies bisa hidup di alam bebas dengan keahlian dan ciri khas mereka masing-masing. Mereka akan membentuk kesatuan yang mungkin tidak bisa di lihatlangsung tanpa menggunakan pengamatan yang jeli.

Meskipun manusia merupakan mahkluk yang menempati posisi puncak dalam piramida kehidupan, tetapi beberapa binatang buas memiliki senjata yang bisa membahayakan manusia ketika binatang buas tersebut merasa terancam.

Membahas tentang binatang, Afrika mempunyai beberapa jenis binatang buas yang sangat berbahaya dan juga menakutkan. Berikut adalah macam-macam binatang buas yang ada di Afrika:

Kuda nil

kuda nil
kuda nil

Kuda nil akan sangat berbahaya jika mereka merasa terancam. Sebenarnya kuda nil bukanlah  hewan yang aktif menyerang manusia. Terlebih lagi kuda nil betina yang sensitiv jika ada yang mendekati bayinya. Kurang lebih 2.900 orang Afrika meninggal pada setiap tahunnya sebab serangan kuda nil betina.

Tampaknya seperti binatang biasa tetapi kalau sudah marah binatang kuda nil ini akan menyerang. Kuda nil pada umumnya memiliki gigi taring yang panjangnya bisa mencapai 20 inchi. Gigi rahangnya yang sangat kuat sekali mampu merobek kulit mangsanya maupun musuhnya.

Buaya

buaya
buaya

Buaya merupakan binatang buas yang berasal dari Afrika ini memiliki gigitan yang sangat mematikan. Gigitannya terbukti gigitan paling kuat dari binatang apapun.  Kurang lebih 3.000 manusia pada setiap tahunnya yang meninggal sebab serangan buaya Afrika.

Gajah

gajah
gajah

Gajah Afrika merupakan hewan yang sangat aktif menyerang manusia. Pada saat gajah tersebut merasa terancam maka mereka akan sangat aktif dan tidak segan-segan untuk mematikan nyawa seseorang sebagaimana salah satunya bentuk dari perlindungan dirinya. Gajah kebanyakan mematikannya dengan menggunakan kakinya dan menginjak-injak musuhnya.

Kerbau Afrika

kerbau afrika
kerbau afrika

Binatang ini merupakan binatang buas ke-5 yang menyebabkan kematian kurang lebih 200 orang pada setia tahunnya. Karena tingkah lakunya yang sangat mengerikan binatang buas ini disebut dengan istilah the black death. Kebanyakan mangsanya maupun musuhnya meninggal karena serangan dari tandknya yang begitu tajam dan juga kuat.

Belalang gurun

Sebenarnya belalang gurun tidak membunuh manusia secara langsung. Mereka hanya akan menyebabkan rentetan kejadian yang membuat manusia terancam. Belalang gurun merupakan hewan yang tidak berukuran besar namun juga mematikan.

Jika belalang gurun ini menyerang pada ladang akan menyebabkan bencana kelaparan di berbagai daerah di Afrika. Pada umumnya belalang gurun merupakan binatang serangga yang pemalu dan juga penyendiri yang biasa tinggal di kawasan kering.

Singa Afrika

singa afrika
singa afrika

Hewan afrika yangwajib anda hindari salah satunya yaitu  singa afrika. Di benua hitam afrika dari dahulu memang dikenal sebgai benua yang dihuni oleh banyak singa. Kurang lebih 1.000 dalam 15 tahun singa ini mengakibatkan manusia meninggal akibat serangannya yang mematikan.

Singa afrika sudah terkenal sebagai pemburu manusia. Sebab mereka telah kehilangan mangsa yang sesungguhnya di alam. Begitu melihat manusia yang lemah, singa ini akan langsung menerkamnya.

Nyamuk

nyamuk
nyamuk

Hewan ini merupakan hewan kecil yang sangat mematikan. Dia merupakan hewan penyebar penyakit malaria. Ketika senja dan fajar datang maka nyamuk betina akan beraktivitas aktif. Penyebab tertinggi angka kematian pada manusia diakibatkan oleh binatang ini.

Puff adder

puff adder
puff adder

Hewan ini merupakan reptil yang mengandung racun paling mematikan di antara reptil lainnya. Hewan ini memiliki racunterkuat dan juga memiliki kemampuan penyamaran paling sempurna. Banyak angka kematian teradi sebab orang yang tidak sengaja menginjak ular ini, sehingga ular ini menyerang balik dan juga menyebarkan racunnya melalui gigitan tersebut.

Badak

badak
badak

Hewan yang cukup agresif, itulah cara binatang ini bertahan agar terhindar dari kepunahan. Ekuatan dari binatang ini terletak pada tanduknya yang kuat. Dengan ditambahkan dorongan yang kuat dari badannya, tanduk tersebut akan menjadi sangat mengerikan.

Hiu besar putih

Hiu Besar Putih
Hiu Besar Putih

Predator lain dari pantai merupakan ancaman serius dari hiu putih besar. Binatang ini merupakan binatang buas yang ada di Afrika. Gigi taringnya yang tajam dan kekuatan dari rahang yang bisa kapan saja merobek kulit mangsanya.

Sebenarnya binatang ini tidak memangsa manusia, hanya saja mereka penasaran dengan benda yang sedang terapung di atas permukaan laut sehingga hiu  tersebut mengigitnya. Sayang sekali meskipun manusia yang digigit akan dilepaskannya namun gigitan tersebut masih akan meninggalkan cedera yang cukup serius.

Mamba hitam

 

mamba hitam
mamba hitam

Mamba hitam merupakan reptil berbahaya yang berasal dari Afrika. Kecepatan yang luar biasa dan tentu saja gigitan yang sangat mematikan yang di miliki oleh ular mamba hitam ini. Harganya yang mahal sehigga membuat ketersediaannya sangatlah sulit  untuk didapatkan di Afrika.

Binatang ini mempunyai tubuh yang panjang dan juga ramping. Ular ini merupakan ular berbisa dan terpanjang di Afrika dan juga merupakan ular tercepat di dunia. Ular ini biasa tumbuh di padang rumput atau tanah terbuka yang berada di tepi hutan. Ular ini biasa aktif pada siang hari.

Kecepatan yang dimiliki binatang ini tidak bisa di duga. Ular ini bisa menyerang setiap saat jika merasa terancam. Jika musuhnya atau mangsanya lari ular ini tidak diam saja melainkan malah mengejarnya.