Binatang paling langka di dunia

Bikin Miris, Ternyata Beginilah Keadaan Binatang Paling Langka Di Dunia

Posted on

Hay Netzen setia Jempol Tangan. Bagaimana kabarnya? Pasti sehat kan. Di sore hari yang redup dan berangin pelan ini, saya “ Mas Writer “ ingin menuliskan artikel yang sedikit membuat kalian sedih. Kok sedih? Yap, pasalnya kali ini Mas Writer akan menuliskan artikel yang membahas tentang binatang paling langka di dunia. Pasti bikin gak tegakan lihatnya.

Jika berbicara tentang hewan langka, pasti sebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena ulah manusia yang semena- mena merusak habitat serta mengambil bagian tubuh tertentu untuk sebuah alasan mencari uang dan sebagainya.

Baca Juga : Bikin Takjub, Ternyata Beginilah Kemegahan Kebun Binatang Bandung

Memang bagian tubuh hewan, seperi tanduk, gading, bulu, sirip, dll memiliki harga yang fantastis di pasaran. Apalagi jika memiliki kualitas dan status mulai jarang di jumpai.  Namun adakalanya kita harus menyadari bahwa hewan juga memiliki tempat dan kedudukan atau hak yang sama untuk menikmati kehidupan di muka bumi ini. Bukanya malah di buru dan di ambil haknya. Itulah alasan sadis, mengapa hewan – hewan tertentu menjadi berkurang populasinya di muka bumi.

Baca Juga : Intip Yuk, Kemegahan Kebun Binatang Ragunan

Masih sangat tidak tega dengan apa yang telah terjadi dengan sobat kita di alam liar sana? Mari, setidaknya kita mengetahui binatang apa sajakah yang sudah terancam populasinya di muka bumi ini agar kita juga bisa turut peduli dan tergugah untuk menyadarkan kepada dunia bahwa binatang juga memiliki hak yang sama untuk saling berdampingan hidup di bumi. Oke langsung saja kita kupas ulas setajam pisau dan simak info lengkap dari JempolTangan.com di bawah ini.

  1. Macan Tutul Amur

    macan tutul amur
    macan tutul amur

Deretan pertama, kita jumpa macan tutul amaur. Macan tutul ini terancam punah karena banyak di buru bagian bulunya yang halus tuk di manfaatkan sebagai mantel yang hangat dan halus. Habitat aslinya adalah Rusia, tenggara dan timur laut cina. Menurut riset, sobat kita yang satu ini tinggal 30 ekor saja di dunia. Miris banget kan dengernya. Namun, sekarang ini kita sudah bisa bernafas lega. Karena ia sudah di tangkarkan di kebun binatang Mulhause, Perancis.

  1. Gorila Dataran Rendah

    Gorila dataran rendah
    Gorila dataran rendah

Gorilah dataran rendah adalah sobat kita yang juga ikut terancam keberadaanya karena banyak di buru, bahkan tak tanggung – tanggung sasaranya entah itu gorila yang masih kecil atau dewasa tetaplah di tangkap.biasanya di sembelih lalu di olah lagi daginya. Untuk yang masih kecil, biasanya di pelihara dan baru di sembelih setelah dewasa. Selain akibat adanya perburuan. Hewan ini juga banyak mati terserang virus ebola di kawasan Gabon atau lebih tepatnya di hutan Minkabe 90%.

  1. Saola

    Saola
    Saola

Saola adalah binatang yang mirip dengan hewan mitologi yakni unicorn. Selain itu ia juga di juluki sebagai Unicorn asia karena dua tanduknya runcing. Tidak seperti kebanyakan hewan terncam lainya, hewan ini justru tetap di biarkan hidup di alam liar. Namun berdasarkan predisi yang ada. Heawan ini hanya tinggal puluhan saja di dunia.

  1. Vaquita

    Vaquita
    Vaquita

Memang sekilas nampak seperti lumba – lumba, namun ini bukanlah mamalia laut melainkan ikan biasa. Vaquit berasal dari daerah Teluk California, Inggris. Kebanyakan di buru untuk di ambil ingsangnya karena di hargai cukup mahal, yakni sekitar $4.000 per pon.

  1. Harimau Siberia

    Harimau siberia
    Harimau siberia

Di antara semua jenis harimau yang ada di dunia, bisa di pastikan harimau yang satu ini adalah harimau yang memiliki ukuran tubuh paling besar atau bongsor.Harimau Siberia banyak di buru dan di desak habitanya untuk alasan tertentu. Jadi, wajar sekali bila ia sangat terancam keberadaanya. Di perkirakan jumlahnya hanya sekitar 400 – 500 ekor saja di dunia.

  1. Gorila Gunung

    Gorila gunung
    Gorila gunung

Gorila gunung adalah salah satu gorila yang sangat ketat di dilindungi oleh pemerintah setempat. Habitatnya di negara Uganda, Republik Demokratik Kongo dan Rwan. Namun tempat tinggal mereka adalah taman nasional Bwindi, tak satupun orang asing di izinkan memasuki area ini. Alasan lain kepunahan binatang ini adalah karena banyak terserang penyakit tertentu yang berujung pada kematian. Di alam liar sendiri, populasinya di perkirakan hanya tinggal 880 di seluruh dunia.

  1. Lemur Bambu Besar

    Lemur bambu besar
    Lemur bambu besar

Lemur bambu besar adalah binatang khas madagaskar bagian tenggara. Bentuknya yang imut dan menggemaskan membuat siapa saja ingin memilikinya. Namun keberadaanya sangat terancam karena perubahan iklim yang ekstrim. Menurut riset, hewan ini hanya tersisa sekitar 60 ekor di alam liar dan 150 ekor di penangkaran.

  1. Badak Hitam

    Badak hitam
    Badak hitam

Badak hitam adalah binatang yang memiliki cula kuat dan kokoh, sehingga banyak memancing pemburu liar untuk menggambilnya untuk di jual di pasar gelap dengan harga yang cukup menggiurkan. Tak hanya culanya saja, namun dagingnya juga ikut di jadikan bahan makanan. Habitat satwa ini adalah Afrika. Upaya perlindungan badak ini, masih tergolong kurang memadai. Karen aalasan ekonomi. Di perkirakan jumlahnya hanya tersisa 4.848 ekor saja di alam bebas.

  1. Lumba – Lumba Tanpa Sirip Yangtze

    Lumba lumba yangtze
    Lumba lumba yangtze

Lumba – lumba yang unik nan menarik ini berhabitat di salah satu sungai terpanjang di dunia, yakni Sungai Yngtze, Cina. Hewan ini terancam punah, karena pencemaran air laut dan sungai yang setiap hari beresiko terhadap penurunan populasi hewan ini. Di perairan lepas, hewan ini hanya tersisa sekitar 1000-an saja.

  1. Penyu Belimbing

    Penyu belimbing
    Penyu belimbing

Penyu Belimbing adalah jenis penyu yang memiliki ukuran paling besar atau bongsor di dunia. Habitan aslinya di daerah papua barat. Kebanyakan kasus yang di jumpai, penyu ini mati karena memakan plastik yang mereka kira ubur – ubur. Ini adalah bukti betapa kotornya habitat laut saat ini. Namun untungnya, keberadaan penyu belimbing dapat di pantau melalui satelit khusus yang telah di ciptakan berkat kerja sama antara peneliti biota laut indonesia dengan University Albama.

Itulah beberapa hewan yang paling langka di dunia. Pasti Netizen di rumah gak tega lihat mereka terancam punah dan hilang dari peradaban dunia ini. Sungguh miris keadaanya. Maka, sebagai generasi selanjutnya kita patut mendukung perlindungan hewan – hewan di atas tadi atau binatang lain yang juga ikut terancam kehidupanya di muka bumi ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.