Berkembangnya Sejarah Komputer

Posted on

Hallo apa kabar sahabat sekaligus pembaca setia di artikel jempoltangan.com . Disini saya akan memberikan sedikit informasi kepada anda semua , yaps tepatnya tentang sejarah computer.

Disini Sejarah komputer yang perlu anda semua ketahui untuk secara detail. Sejarah perkembangan komputer ini berawalan dari penemuan dari seorang yang rnamanya adalah Charles Babbage. Beliau adalah seseorang ilmuan di dunia yang sangat banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan seluruh manusia, yang terutama adalah perkembangannya sebuah komputer.

Penemuan yang fenomenalnya yaitu sebuah Mesin penghitung atau sering di sebut dengan Difference Engine no.1 yang merupakan salah satu dari penemuan yang sangat terkenal dalam sejarah perkembangannya computer, mesin tersebut merupakan kalkulator yang otomatis pertama kompuer. Penemuan yang di atas menjadikan seorang ilmuan yang mempunyai nama Charles Babbage sebagai penemu sebuah konputer dan Charles Babbage dijuluki sebagai bapaknya komputer.

Berikut ini adalah sejarah komputer meliputi perkembanganya :

Pada tahun 1822: ilmuan Charles Babbage mengumumkan idenya yaitu ide sebuah alat canggih yang dapat membantu manusia untuk melakukan sebuah penghitungan untuk tingkat kompleksitas yang cukup tinggi dan rumit

Pada tahun 1937: ilmuan Clifford Berry Dr. John V Atanasoff dan Dr. John V Atanasoff mulai membuat design untuk komputer digital elektronik pertama. Mereka berdua memberikan nama mesin dengan sebutan ABC yang berartikan Atanasoff-Berry Computer. Kemampuan dari mesin ABC ini adalah hanya sebatas untuk menghitung pengurangan dan tambah saja.

Pada tahun 1943: Pada kejadian Perang Dunia ke 2, ada Seorang ilmuan dari Inggris yang namanya Alan Turing telah mendesain sebuah komputer elektronik yang dibuat khusus untuk tentara yang berada di Inggris. Tujuannya pembuatan komputer tersebut adalah agar dapat digunakannya menembus kode pertahanan dari Jerman.

Pada tahun 1944: ilmuan yang bernama Howard Hathaway Aiken dari Amerika telah membuat dan di diberi nama Mark I. Yaitu merupakan sebuah komputer hitung digital yang pertama. Komputer ini memiliki luasnya 7,45 kaki x 50 kaki, dan beratnya 35 ton. Mark I ini sudah bisa digunakan untuk menghitung sebuah probabilitas.

Pada tahun 1945: ilmuan yang bernama Dr. John von Neumann menuliskan sebuah konsep yang berupa penyimpanan data. Dan pada waktu itu masih berupa sebuah ide.

Pada tahun 1946: ilmuan J. Presper Eckert, jr dan Dr. John W. Mauchly . telah membuat sebuah computer yang berskala besar pertama, dan komputer tersebut di beri nama  ENIAC yang berarti Electronic Numerical Integrator And Computer. Dunia juga sama beranggapan bahwa kedua orang ini adalah sebagai penemu computer yang digital.

 

 

 

ENIAC computer ini telah memiliki beratnya sebesar 30 ton, dan terdiri dari 18.000 lampu tabung atau sering di sebut dengan sebutan transistor ukuran besar, dan lebarnya adalah 30 kaki x 50 kaki, alat ini memakai tenaga 160.000 watt. disaat pertama kalinya dioperasikan , Pada saat itu juga seluruh jaringan listrik yang berada di wilayah Philadelphia mendadak saja mati.

ENIAC tersebut sedikit lebih maju jika dibandingkan dengan Mark I yang hanya bisa menghitung. ENIAC tersebut tidak hanya memiliki sebuah kemampuan menghitung ,kurang , tambah, bagi, kali, namun juga dapat juga diprogram untuk melakukannya proses yang lumayan sederhana.

Pada tahun 1951: The U.S. Bureau of Cencus telah menginstalasi komputer komersial yang pertama , dan yang bernama  UNIVAC I atau sering di sebut dengan Universal Automatic Computer. UNIVAC I tersebut berhasil dikembangkan oleh ilmuan yang bernama Mauchly dan Eckert.

Pada tahun 1947: ilmuan yang bernama, John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor yang pertama di dunia. Dan semenjak ditemukanya alat transistor, yang berukuran komputer menjadi semakin tambah kecil.

Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar yang ada di dunia menggunakan alat komputer yang generasi kedua guna memprosesinformasi sebuah keuangan.

 

Dan walaupun transistor yang dalam banyak hal vakum, tapi transistor sempat menghasilkan panas yang lumayan besar, dan yang dapat berpotensi merusak di bagian-bagian internalnya yang berada di komputer. Jack Kilby, seorang insinyur yang berada di negara Texas Instrument, IC mengkombinasikan dengan tiga komponen elektronika dalam sebuah piringan silicon yang beruuran kecil yang di buatnya dari pasir kuarsa. Kemudian ilmuwan telah berhasil dengan memasukkan lebih banyaknya komponen-komponen di dalam sebuah chip tunggal yang sering disebut dengan semikonduktor. Dan hasilnya, komputer ini menjadi semakin kecil dan karena komponen-komponen yang dapat dipadatkan dalam sebuah chip. Adapun kemajuan dari komputer generasi ketiga lainnya ini adalah penggunaan dalam sistem operasi atau operating system yang bermemungkinkan mesin ini untuk menjalankannya berbagai program yang lumayan berbeda secara serentak dengan adanya sebuah program utama yang memonitor dan yang mengkoordinasi memori pada komputer.

 

Setelah adanya IC, adapun tujuan dan pengembangannya menjadi semakin jelas: dengan mengecilkannya ukuran sirkuit dan komponen-komponen yang ada pada elektrik. Large Scale Integration atau sering di sebut dengan LSI juga dapat memuat banyak bahkan ratusan komponen yang ada didalam sebuah chip. Dan pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration atau sering di sebut dengan VLSI telah memuat banyak bahkan ribuan komponen yang ada didalam sebuah chip tunggal tersebut.

Ultra-Large Scale Integration atau yang sering di sebut dengan ULSI telah meningkatkannya jumlah tersebut menjadi banyak bahkan menjadi jutaan. Adapun kemampuan guna memasang sedemikian banyaknya . Hal tersebut ini juga mampu meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Adapun Chip Intel 4004 yang dibuatnya pada tahun 1971 telah membawa kemajuan kepada IC dengan meletakkannya semua komponen yang dari sebuah komputer atau central processing unit, memori, dan kendali input/output. IC dibuat guna mengerjakannya suatu tugas yang tertentu dan yang spesifik. Dan sekarang, sebuah mikroprosesor juga dapat diproduksi dan kemudiannya diprogram guna memenuhi semua kebutuhan yang di perlukan dan diinginkan. Namun tidak lama kemudian, setiap peralatan rumah tangga contoh oven , microwave, , mobil dan televisi dengan electronic fuel injection dan sebut dengan (EFI) yang dilengkapi mikroprosesor.

Pada perkembangan yang seperti ini memungkinkan bahwa orang-orang biasa untuk menggunakannya computer yang biasa. Sekarang computer tak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan yang besar atau lembaga kepemerintahan. Pada di pertengahan tahun 1970-an, perakit computer ini menawarkan beberapa produk komputer mereka ke kawasan masyarakat umum. Kemudian komputer-komputer ini, yang disebut dengan minikomputer, dengan dijual paket piranti lunak yang hampir mudah dipergunakan untuk kalangan awam. Piranti lunak ini yang sangat populer pada kalangan saat itu adalah program dari word processing dan juga spreadsheet. Pada awal tahun 1980-an, ada video game seperti Atari 2600 telah berhasil menarik perhatian konsumen terhadap komputer rumahan yang gahkan lebih canggih dan dapat juga diprogram.

Dan pada tahun 1981, IBM memperkenalkan adanya penggunaan dari Personal Computer atau sering di sebut dengan PC untuk di pergunakan di kantor , rumah, dan bahkan di sekolah. Jumlah PC yang digunakan saat itu melonjak dari 2 juta unit PC dan pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit PC , dan pada tahun 1982. Dan sepuluh tahun kemudian, 65 juta unit PC dipergunakan . Lalu komputer melanjutkan evolusinya menuju ke ukuran yang jauh lebih kecil, dibandingkan dengan komputer yang ada di atas meja atau sering di sebut dengan desktop computer telah menjadi komputer yang hampir dapat dimasukkannya ke dalam tas atau sering di sebut dengan laptop , dan bahkan komputer yang bisadigenggam sekaligus atau sering di sebut dengan palmtop.

 

Dan dengan Mendefinisikan computer yang generasi kelima ini menjadi lumayan sulit dikarenakan tahap ini yang masih sangatlah mudah. Contohnya meliputi imajinatif computer dengan generasi yang kelima adalah sebuah komputer yang fiksi HAL9000 dikutip dari novel karya dari Arthur C. Clarke yang berjudul 2001: Space Odyssey. Didalam halaman nya menampilkan semua fungsi yang kita inginkan dan dari sebuah computer di generasi kelima ini . Dan dengan kecerdasan buatan dari artificial intelligence atau AI, HAL ini cukup memiliki nalar untuk melakukannya percapakan antara manusia,

Walaupun mungkin hanya realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,masih banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya yang sudah terwujud. Banyak computer yang dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu harus meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Adapun Fasilitas ini tampak sederhana Tetapi fasilitas tersebut menjadi jauh lebih semakin rumit dari yang ada di dugaan ketika programmer nya dari bahwa pengertian manusia sangat bergantun goleh konteks dan pengertian dari pada sekedar menterjemahkan kata-kata dengan cara langsung.

Semakin banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang kini semakin terjamin bahkan memungkinkan pembuatan computer di generasi kelima ini . ada dua kemajuan rekayasa yang terutama ialah kemampuan pemrosesannya paralel, yang akan menggantikan model non Neumann . Model non Neumann akan digantikan oleh sistem yang bisa mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara bersamaan atau serempak. Kemajuan lainnya adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan sedikitpun, yang nantinya akan dapat mempercepat pada kecepatan informasi.

Adapun Jepang adalah negara yang terkenal akan sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi yang kelima. Lembaga ICOT atau sering di sebut dengan Institute for new Computer Technology juga dibentuk untuk merealisasikannyaada banyak kabar yang memberitahukan bahwa proyek ini telah gagal, namun ada beberapa informasi yang lainnya bahwa keberhasilan proyek komputer generasi yang kelima ini akan membawa sebuah perubahan yang baru paradigma komputerisasi yang ada di dunia ini.

Inilah computer generasi yang sekarang , dan pasti akan semakin berkembang dengan sejalannya waktu , mari kita lihat saja nanti dimasa yang akan.

Setidaknya segini dulu ya teman-teman sahabat jempol.com artikel tentang sejarah berkembangnya komputer .mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak enak di hati anda ataukah ada kesalahan pada kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dari saya cukup sekian dan terima kasih.