mari kita ketahui nikmatnya kopi ala cafe
berbagai racikan kopi ala cafe

Nikmatnya Berbagai Racikan Kopi ala Cafe

Posted on

Berbagai Racikan Kopi ala Cafe Siapa yang tidak kenal dengan kopi? Minuman ini yang selalu mempunyai daya tarik sendiri. Kopi adalah salah satu minuman yang paling terpopuler, minuman ini juga banyak digemari pada banyak orang yang seperti kalangan dewasa hingga remaja di seluruh dunia, yang termasuk di Indonesia.

Bagi para pecinta dan penikmat kopi, nama kopi sudah tidak asing lagi ditelinga mereka. Menurut mereka kopi merupakan bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan. Meskipun kopi yang dapat mengandung dengan kafein, tetapi tidak dapat mengurangi jumlah penggemar kopi tersebut. Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang tersedia di cafe.

Anda pun bisa membuat racikan kopi dengan buatan sendiri, layaknya pada seseorang barista professional, karena dengan cara membuat kopi juga sudah beragam, mulai dari cara yang sangat sulit, hingga cara yang sederhana. Pada berbagai macam alat pembuatan kopi yang semakin banyak, dengan adanya harga yang bervariasi. Tentunya bisa menciptakan kreasi kopi dengan citarasa dan aroma penikmat dan juga dapat berkualitas.

Jika anda adalah penikmat atau pecinta kopi, ada beberapa cara untuk membuat kopi yang bisa anda lakukan hingga kopi akan terasa nikmat. Harus memperhatikan pada kualitas air, kualitas biji kopi, proporsi yang dapat menentukan pada kadar kepekatan kopi tersebut.

Dan masih banyak lagi pada faktor-faktor lainnya. Yang lebih menarik lagi adalah dengan cara membeli alat-alat pembuatan kopi yang manual dan juga mulai untuk mencoba untuk membuatnya sendiri. Caranya juga sangat mudah, anda juga bisa membuat kopi dengan racikan sendiri. Penasaran bukan bagaimana cara membuat kopi yang sangat nikmat dan juga berkualitas?

Berbagai Racikan Kopi ala Cafe

  1. Drip Method

Drip Method
Drip Method

Berbagai racikan kopi ala cafe yang pertama yaitu Drip Method. Ini adalah metode yang pertama akan menjadikan salah satu cara untuk membuat kopi yang selalu ada dalam setiap cafe pada penjualan minuman kopi. Metode ini juga akan disebut dengan Filter Method, karena dalam pembuatannya dengan cara penyaringan (filter). Pada saat ini, Drip Method yang memiliki cara yang terpopuler karena memiliki kesederhanaan dan juga efisiesi.

Adapun cara pembuatannya yaitu: air yang dituangkan kedalam kopi bubuk yang dapat diletakan diatas kertas saring yang menuju pada bejana kopi tersebut. Agar bisa menyeduhnya, cukup dilakukan dengan cara pemanasan bejana kopi tersebut lalu kopi yang dapat disajikan.

  1. French Press

French Press
French Press

Metode kedua diantara anda pasti banyak yang sudah mengetahui dan juga sering juga menemukan pada kedai-kedai kopi. French Press yang memiliki nama lain Plunger atau juga Cafetiere.

Yang memiliki salah satu metode French Press dalam keunggulan yaitu yang dapat mengekstrak banyak citarasa pada kopi bubuk, bahkan juga pada metode ini yang merupakan cara kedua paling terpopuler. Adapun peralatan yang dapat digunakan untuk membuat kopi French Press ini yang sudah ditemukan dengan mudah dan juga harga yang sangat terjangkau.

  1. Turkish Coffee

Turkish Coffee
Turkish Coffee

Dalam metode Turkish Coffee yang ketiga ini dapat disebut dengan Arab Method. Mungkin dengan cara ini yang merupakan cara pembuatan kopi pada pertama kali dan juga kopi yang dapat dihasilkan dengan metode yang dapat mempunyai cinta rasa yang pekat dan juga kuat.

Meskipun juga tidak semua orang yang suka dengan kopi yang jenis seperti ini, tetapi adanya para penikmat kopi, kopi ini yang merupakan salah satu jenis kopi yang paling nikmat. Adapun cara pembuatanya yaitu: kopi yang dapat digiling dengn cara manual yang menggunakan lesung, atau bisa saja dengan penggilingan kopi yang biasanya kita dapat temukan dipasaran.

Lalu bisa diletakan di bejana yang dapat disebut dengan “ibrik” bersama dengan air dan juga gula. Setelah itu dapat dituangkan ke dalam cangkir.

  1. Percolator

Percolator
Percolator

Metode ke empat yan sudah lama, pada umumnya dapat ditemukan pada metode Drip. Setelah muncul metode Drip, percolator atau penyaringan ini yang sangat perlahan untuk ditinggalkan karena dalam metode ini yang dianggap banyak orang bahwa yang bisa meninggalkan cintarasa kopi, begitu pula dengan metode drip yang sangat berbeda tetapi bisa menjaga pada aroma kopi.

Adapun cara pembuatanya yang sangat sederhana yaitu: hanya memasukan air, gula, dan juga kopi kedalam alat Percolator atau disebut dengan penyaring yang berbentuk teko, lalu dididihkan, tetapi pada saat ini ada beberapa alat yang terbaru yang menggunakan tenaga listrik agar bisa mendidihkan air dengan lebih cepat. Dalam proses pendidihan, lalu aduk hinga rata air, gula, dan juga kopi tersebut.

  1. Espresso

Espresso
Espresso

Bagi anda yang sudah mampir ke kedai kopi pasti akan tau dengan mesinnya espresso. Misin ini adalah salah satu alat pembuat kopi yang umumnya selalu ada di kedai kopi. Mesin espresso ini yang terdapat dengan dua jenis ada yang manual da nada juga yang otomatis. Kebanayakan orang-orang memiliki alat espresso otomatis karna memang sangat praktis.

  1. Vacuum

Vacuum Cofe
Vacuum Cofe

Berbagai racikan kopi ala cafe yang berikutnya yaitu Vacuum Coffe. Dalam metode ini juga dapat disebut dengan Syphon Method. Metode ini yang bisa dibilang sangat unik karena membutukan kesabaran yang lama untuk bisa menghasilkan secangkir kopi tanpa ampas. Alat ini banyak ditemukan dipasaran, dengan harga yang terjangkau tidak terlalu mahal.

Adapun cara pembuatannya yaitu: letakan air pada bagian bawah dan juga bubuk kopi pada tabung bagian atas. Air yang ada pada bagian bawah yang akan mengup dan juga masuk kedalam tabung atas yang dapat berisi kopi hingga dapat melalui selang penghubungan.

  1. Cold Water Method

Cold Water Method
Cold Water Method

Metode cold water pembuatan kopi ini yang disebut dengn cold brew coffee kopi dingin. Kopi dingin ini yang mulai banyak diracik pada beberapa kedai kopi di Indonesia. Racikan kedai kopi ini yang dihasilkan dengan cintarasa yang berbeda-beda. Kopi ini juga dapat disajikan dengan air panas, es batu, atau dengan campuran dengan es krim atau dengan bahan yang lainnya seperti dengan coklat.

  1. Mochaccino

Mochaccino
Mochaccino

Berbagai racikan kopi ala cafe yang terakhir yaitu Mochaccino. Mocca yang berasal dari jenis kopi asli dari Mocha, Yaman. Yang memiliki racikan mochaccino berasal dari campuran espresso dengan susu dan juga coklat.