Macam Olahraga Lari dan Manfaatnya
Macam Olahraga Lari dan Manfaatnya

Berbagai Macam Olahraga Lari dan Manfaatnya

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah artikel yang bertemakan tentang olahraga lari. Lari merupakan salah satu olahraga yang mempunyai banyak sekali manfaat. Namun kebanyakan dari pelari pemula masih ada juga yang belum mengetahui apa saja hal-hal tentang berlari. Hal-hal yang terkadang oleh para pelari pemula tersebut terlupakan adalah jenis-jenis lari yang resmi yang digunakan untuk sebuah perlombaan. Maka dari itu sebelum saya membahas tentang manfaat lari untuk kesehatan kita, disini saya akan membahas terlebih dahulu tentang jenis-jenis olahraga lari. Berikut ini adalah beberapa jenis lari agar kalian mengetahuinya.

Jenis Jenis Olahraga Lari

  • Lari Jarak Pendek (Sprint)

Lari Jarak Pendek
Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek atau sprint merupakan perlombaan yang mana semua peserta perlombaan berlari akan berlari dengan kecepatan penuh atau maksimal dengan sekuat tenaga pelari dan para pelari diharuskan berlari sepanjang jarak yang sudah ditentukan atau sepanjang jarak yang harus ditempuh. para pelarinya dalam perlombaan ini biasanya disebut dengan sebutan Sprinter. Lari jarak pendek ini dilombakan dengan jarak yang sudah ditentukan yaitu meliputi jarak 100 m, 200 m dan 400m. Prakteknya gerak yang dilakukan pada lari sprint secara teknik sama saja, hanya saja ada perbedaan yang terletak pada tenaga yang digunakan pada saat lari karena setiap jarak membutuhkan tenaga yang berbeda. Semakin jauh jarak yang ditempuh maka semakin banyak juga tenaga yang harus digunakan hingga ada yang dinamakan “edurance”.

  • Lari Jarak Menengah

Gerakan yang dilakukan pada lari jarak menengah yang berjarak 800 m hingga 1500 m ada sedikit perbedaan dengan gerakan yang ada pada lari jarak pendek. Pebedaan tersebut terletak pada cara kaki pelari menapak. Pada lari jarak menengah, kaki pelari menapak dengan ball hell-ball. Cara ini ialah cara menapakkan pada ujung tumit kaki dan menolak dengan menggunakan ujung kaki. Start yang digunakan pada lari jarak menengah ini adalah dengan cara berdiri. Berbeda dengan lari jarak pendek, pada lari jarak menengah ini lari yang dilakukan supaya sewajarnya saja dan tidak terlalu memaksakan langkahnya terlalu kecuali pada saat akan memasuki garis finish.

Baca Juga: Jenis-jenis Olahraga yang Wajib Anda Ketahui

  • Lari Jarak Jauh dan Marathon

Lari Marathon
Lari Marathon

Lari jarak jauh ini dilaksanakan didalam lintasan stadion yang berjarak 3000m, 5000m dan 10.000m. Sedangkan untuk lari marathon dan lari cross country tidak bisa dilakukan didalam stadion namun untuk start dan finish bisa ditempatkan didalam stadion. Lari marathon dan cross country harus dilaksanakan diluar stadion karena jarak yang harus ditempuh tidak lagi pendek. Maka dari itu fisik dan mental para peserta harus disiapkan sebelum mengikuti lari marathon. Pada saat lari jarah jauh dan marathon ayunan lengan yang anda lakukan dan gerakan kaki yang harus anda lakukan harus seringan-ringannya. Karena jarak yang harus dilalui sangat jauh, semakin jauh jarak yang anda tempuh maka semakin rendah juga lutut yang harus diangkat dan langkah kaki juga semakin kecil.

  • Lari Sambung (Estafet)

Lari sambung atau juga bisa disebut lari estafet merupakan salah satu lomba lari yang ada pada perlombaan atletik yang biasanya dilaksanakan dengan secara begantian. Dalam pelombaan lari sambung ini pada setiap satu regu pelari sambung terdiri atas 4 orang pelari. Dalam pelombaan lari sambung ini para pelari diharuskan berlari dengan kecepatan penuh dengan membawa sebuah tongkat untuk diberikan ke pelari berikutnya. Tongkat yang dipindahkan harus berada pada daerah yang sudah ditentukan yang disebut zona panjang 20 m. Apabila perpindahan tongkat dilakukan diluar zona panjang 20m maka regu tersebut akan dinyatakan diskualifikasi atau dinyatakan gagal.

Manfaat Olahraga Lari

Olahraga lari atau joging juga bisa anda jadikan pilihan gaya hidup sehat. Karena lari atau joging mempunyai banyak sekali yang terkandung didalamnya. Pada saat anda melakukan kegiatan yang satu ini semua bagian tubuh anda juga akan ikut bergerak.

Baca Juga: Keren!! Game Olahraga Sepak Bola Paling di Tunggu 2017

Joging atau lari merupakan latihan kardiovaskuler yang sempurna. Anda bisa membakar banyak lemak pada saat melakukan olahraga ini. Pada saat anda lari atau joging, paru-paru anda akan dipaksa untuk menghirup banyak udara. Bahkan dengan lari juga dapat menyingkirkan stres serta depresi yang sedang anda alami.

Berikut ini merupakan berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berlari atau joging:

  • Kesehatan jantung. Pada saat anda berlari atau joging, maka sirkulasi darah yang ada pada diri anda akan menjadi lancar. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah resiko terjadinya penyakit jantung koroner.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam sebuah penelitian olahraga lari sudah terbukti bahwa olahraga lari yang dilakukan dengan secara teratur maka akan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu anda akan bisa terhindari dari alergi, batuk, juga flu.
  • Menurunkan berat badan. Olahraga lari merupakan cara yang paling cepat untuk membakar kalori. Apabila anda melakukan kegiatan lari ini secara rutin, maka dalam waktu yang singkat anda dapat menurunkan berat badan anda.
  • Koordinasi tubuh yang baik. Pada saat anda melakukan olahraga lari, maka sistem koordinasi yang ada ditubuh anda akan terlatih. Seperti misalnya tangan dan mata atau kaki dan mata, serta tubuh lainnya.
  • Mempercepat kerja otak. Sirkulasi darah yang baik pada saat berlari akan membuat banyak oksigen masuk dalam jaringan tubuh, termasuk juga otak. Ini akan menyehatkannya.

Demikian artikel tentang jenis-jenis olahraga dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda menambah wawasan dan juga pengetahuan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan sekian.