buah sayur

Berapa Banyak Sih Porsi Makan Yang Benar Dalam Sehari?

Posted on

Kesehatan tubuh tidak hanya dari olah raga dan makan-makanan sehat saja. Kesehatan juga sangat berkaitan dengan pola makan yang biasa diterapkan setiap hari. Tapi, saat ini sebagian masyarakat memiliki kebiasaan makan yang harus diatur kembali, terutama dalam hal porsi makan.

Kebanyakan orang memilih porsi makan sesuai dengan keinginan saja, yang penting perut terasa kenyang. Maksudnya makanan yang dikonsumsi hanya untuk mengisi perut yang lapar ditambah untuk memberi kesenangan perut. Dan akibatnya adalah kelebihan berat badan atau kebutuhan nutrisi terabaikan.

Maka dari itu makanan yang dikonsumsi sangatlah berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Menurut anjuran kementrian kesehatan, sebaiknya porsi makan itu harus dihitung dan dikendalikan, supaya bisa mendapatkan porsi makan yang ideal dalam sehari. dan akhirnya asupan gizimu akan tercukupi dan terhindar dari resiko berat badan berlebih.

Tapi, mungkin akan sulit bagi kamu yang belum pernah menghitung dan menakar porsi makan setiap kali ingin makan. Tapi ada cara mudah kok supaya kamu bisa mengendalikan porsi makan ideal.

Cara mengendalikan porsi makan ideal?

Bagi orang dewasa idealnya adalah membutuhkan 2.000 kilo kalori dalam sehari. Tapi yang perlu diingat adalah setiap orang itu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Seperti orang yang memiliki diabetes atau obesitas, mereka tidak boleh banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam untuk seberapa porsi makan idealmu, kamu bisa langsung menghubungi dokter atau ahli gizi untuk memastikan berapa banyak makanan yng boleh dikonsumsi dalam sehari.

  1. Makanan pokok

nasi

Makanan pokok yang dimaksud adalah nasi, yaitu sumber karbohidrat yang memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari. Karena kita orang Indonesia pasti makanan pokok kita adalah nasi. Nah, dianjurkan mengkonsumsi nasi sebanyak 500 gram per hari.

100 gram nasi itu sama saja dengan satu kepal tangan orang dewasa. Jika dalam sehari membutuhkan 500 gram berarti kita membutuhkan 5 kepal tangan orang dewasa. Kamu bisa mulai membaginya dengan cara 150 gram nasi di pagi hari, 200 gram nasi di siang hari dan 150 gram di malam hari.

  1. Lauk pauk

Lauk pauk dibagi menjadi dua jenis, yaitu lauk pauk hewani dan lauk pauk nabati. Lauk pauk hewani contohnya seperti ikan, ayam, daging sapi, telur ayam, dll. Sedangkan lauk pauk nabati sperti tempe, tahu, dll.

Nah, dari dua jenis lauk pauk, usahakan dalam sehari dapat mengkonsumsi dua jenis lauk pauk ini. Untuk lauk pauk hewani, kamu butuh 70 sampai 160 gram per hari. Sedangkan lauk pauk nabati, kamu butuh 100 sampai 400 gram dalam sehari.

Kamu dapat mengkombinasikan lauk pauk hewani dan nabati dalam sehari. Misalnya kamu ingin memakan ayam, kamu dapat memasak ayam denagn cara disemur dan ditambah dengan tahu. Tapi tetap perlu diingat, kamu tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi lauk pauk hewani yaitu 160 gram dalam sehari. Karena biasanya jika sudah memakan daging ayam satu potong maka ingin memakannya lagi.

Nah kamu bisa memakan satu potong ayam bagian paha bawah atau satu potong kecil bagian dada, karena setara dengan 50 gram. Dengan potongan yang kecil kamu bisa memakannya di pagi, siang dan malam hari karena jumlahnya 150 gram. Kamu juga dapat memvariasi menu lauk pauk untuk mendapatkan nutrisi yang lebih baik lagi.

  1. Buah dan sayur

buah sayur

Untuk orang dewasa, sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 400 sampai 600 gram per harinya. Kamu dapat membaginya dengan memastikan 2/3 adalah sayuran dan 1/3 sisanya adalah buah-buahan.

Kenapa sayuran yang lebih banyak porsinya dibandingkan dengan buah-buahan? Karena dalam tubuh kita, kita membutuhkan minimal 400 gram sayuran dalam sehari. Menurut kementrian kesehatan, 100 gram sayur matang itu sama saja dengan satu cangkir. Jika 400 gram di bagi dalam sehari, kamu bisa membaginya dengan cara satu cangkir di pagi hari, satu setengah cangkir di siang hari dan satu setengah cangkir di malam hari. Maka kebutuhan sayuran kamu akan tercukupi jika bisa membaginya dengan cara strategis.

Sedangkan untuk buah-buahan, kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan 200 gram dalam sehari. Nah satu buah apel itu sama dengan 100 gram. Jadi kamu bisa membaginya dengan cara memakan satu buah apel di pagi menjelang siang dan di sore hari. Kamu juga boleh menggantinya dengan satu buah jeruk atau pir, dan variasiknlah buah-buahan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bagaimana cara membagikan makanan di piring untuk porsi yang ideal?

Kamu bisa membagi porsi makan di piringmu menjadi empat bagian. Yaitu bagian piring sebelah kiri diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk sebanyak 50%. Sedangkan piring bagian kanan diisi dengan sayur dan buah sebanyak 50% juga.

Ada sedikit saran: sebaiknya kamu jangan mengambil nasi sebanyak dengan ukuran piring lalu menumpuknya dengan lauk pauk. Karena dengan hal seperti itu akan membuat sulit dalam menjaga keseimbangan porsi makan ideal.