seni beladiri terbaik
beladiri

Beladiri Terbaik di Seluruh Dunia yang Harus Kita Ketahui

Posted on

Beladiri Terbaik –  Beladiri merupakan sebuah seni mempertahankan diri dari ancaman serangan manusia atau semisalnya. Secara umum beladiri merupakan metode apapun yang di pakai oleh manusia dalam mempertahankan dirinya dari serangan musuh.

Seni beladiri berfungsi untuk menyehatkan dan memperbaiki metabolisme pada tubuh. Pada umumnya gerakan beladiri merupakan gerakan olahraga, oleh sebab itu dengan cara rutin berlatih beladiri anda akan merasakan rasa aman dan juga tubuh yang sehat.

Asal usul ilmu beladiri pertama kali adanya manusia, sebab memang sejak awal manusia memiliki musuh berupa manusia lain maupun hewan liar. Peperangan juga terjadi dari zaman dahulu hingga sekarang ini. tetapi menurut legenda, sejarah dari semua jenis beladiri yang dikenal saat ini berasal dari india.

Namanya adalah Bodhidharma yang hidup pada abad ke 6 masehi.  Bodhidharma  menyebarkan agama budha ke china dengan cara melakukan perjalanan yang berbahaya dengan cara menelusuri hutan belantara perawan dengan berjalan kaki seorang diri tanpa ada orang lain yang menemani.

Perjalanan yang dilakukannya sangatlah sulit, hutan belantara perawan terkenal enuh dengan 1001 marabahaya termasuk binatang buas yang banyak. Namun karena bodhidharma ini mempunyai ilmu beladiri maka bodhidharma berhasil tiba di China dengan selamat.

Telah terbukti sejarah yang menunjukkan bahwa sekitar tahun 520 masehi, seorang pendeta yang berasal dari india yang bernama Daruma dilahirkan di kanchipuran dan telah melakukan perjalanan ke kota Kanton di China.

Setelah tiba disana Daruma bertemu dengan kaisar dari dinasti Liang yang bernama Wu Ti. Setelah itu Daruma melanjutkan perjalanan kerajaan Wei untuk mendirikan kuil tempat pengembangan ajarannya. Jika legenda ini benar berarti kuil yang didirikan Daruma adalah kuil shaolin.

Hal yang pertama ia lakukan pada muridnya adalah melatih spiritual. Tetapi lama-lama muridnya banyak yang sakit-sakitan. Oleh karena itu Daruma memutuskan melatih murid-muridnya dengan ilmu beladiri yang dipercaya sebagai sumber dari semua seni beladiri yang ada didunia yaitu kungfu shaolin.

Gerakan pada kungfu shaolin ini berdasarkan gerakan binatang, yaitu macan, beruang, monyet, rusan dan juga bangau. Pada awalnya teknik kungfu dibedakan menjadi 2 bagian yaitu: teknik lembut (Ju-ho) dan teknik keras (Go-ho).

Pada saat terjadi kebakaran pada kuil shaolin, sebagian besar biksu yang berada di shaolin terbunuh. Akan tetapi masih ada yang lolos dari pembasmian tersebut dan lari dari dataran China. Pelarian ini lah yang menjadikan asal usul dari beladiri diseluruh seni beladiri di dunia.

Para biksu yang berhasil lolos dari pembasmian itu akhirnya melahirkan berbagai  macam seni beladiri yang dikenal sekarang ini. Berikut ini adalah beladiri terbaik yang ada didunia ini:

  1. Marine Corps Martial Arts Program (MCMAP)

beladiri Marine Corps Martial Arts Program
Marine Corps Martial Arts Program

Beladiri ini merupakan beladiri terbaik. Sejak tahun 1775, setiap anggota marinir yang ada di Amerika diwajibkan mengikuti minimal 2 program beladiri pertahun. Para marinir yang ditugaskan di berbagai daerah mempelajari berbagai beladiri militer lalu beladiri tersebut digabungkan dan muncullah Marine Corps Martikal Arts Program (MCMAP).

MCMAP merupakan beladiri andalan pasukan Marinir di Amerika. MCMAP merupakan gabungan dari berbagai beladiri yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2002. MCMAP memiliki gerakan yang membunuh dan agresif. Diajarkan pula cara membunuh musuh sekaligus merebut senjata mereka dengan cepat.

Pada MCMAP, diajarkan keahlian bertarung menggunakan tangan kosong, dengan senjata seadanya, bayonet, dan gagang senapan. Jika anda menggunakan teknik MCMAP pada seseorang.

  1. Systema

beladiri systema
systema

Systema ini merupakan beladiri angkatan dari pasukan khusus rusia atau disebut sebagai Spetnaz. Systema lahir pada tahun 1917oleh koum komunis yang tengah ditekan oleh kekaisaran Rusia. Systema merupakan beladiri yang brutal. Beladiri ini merupakan beladiri terbaik didunia.

  1. SOCP

beladiri Spesial Operation Combatives Program
Spesial Operation Combatives Program

Spesial Operation Combatives Program (SOCP). SOCP merupakan beladiri terbaik didunia. SOCP  ini merupakan beladiri andalan yang biasa dilakukan oleh pasukan khusus dari Amerika seperti halnya Delta Force, Special forces, dan Navy Seals. SOCP ini merupakan beladiri campuran yang lahir pada tahun 2010.

Beladiri yang dilakukan oleh pasukan khusus dari Amerika ini mempunyai tujuan yaitu: supaya pasukan khusus Amerika dapat mengalahkan lawan dengan cepat dan merebut senjata dari tangan lawan tanpa menggunakan senjata atau bisa disebut dengan tangan kosong.

  1. Merpati putih

beladiri merpati putih
merpati putih

Merpati putih ini merupakan beladiri pencak silat tangan kosong, merpati putih ini terbentuk pada tahun 1550an. Merpati putih ini merupakan beladiri terbaik didunia. Teknik andalan dalam beladiri pencak silat ini adalah dengan menggunakan tenaga dalam.

Merpati putih  ini sudah tersebar mencapai ke negara tetangga. Seni pencak silat ini merupakan beladiri dari Indonesia. Satuan militer biasanya menggunakan beladiri militer ini. sudah terbukti beladiri TNI ini sangat mematikan.

  1. Krav Maga

beladiri krav maga
krav maga

Krav maga  merupakan cikal bakal dari beladiri campuran yang sering sekali digunakan oleh militer. Krav maga  ini berasal dari Israil. Beladiri ini sangatlah berbahaya. Sudah terbukti bahwa beladiri ini sangat brutal dan juga kejam. Beladiri yang berasal dari Israil ini juga bisa anda jumpai di Indonesia.

  1. Kungfu

beladiri kungfu
kungfu

Kungfu banyak dijumpai di China. Banyak juga cabang dari beladiri kungfu namun pusatnya ada di China. Banyak juga cabang-cabang dari kungfu ini.

  1. Kalaripayattu

beladiri Kalaripayattu
Kalaripayattu

Kalaripayattu ini merupakan seni beladiri tradisional yang berasal dari kerala yang berada di India selatan. Kalaripayattu  memadukan unsur agama dan juga unsuk pengobatan. Seni beladiri ini diakui sebagai salah satu beladiri tertua yang ada di dunia. Berasal dari kata kalari yang berarti arena pertarungan dan juga pertempuran.

  1. Taekwondo

beladiri taekwondo
taekwondo

Taekwondo ini memiliki arti beladiri menggunakan kaki dan tangan tetapi kebanyakan taekwondo menggunakan kaki. Taekwondo  berasal dari korea dan cukup terkenal dengan tendangan yang menggabungkan antara kekuatan mental dan keterampilan fisik.

Beladiri yang satu ini merupakan beladiri yang sangat populer sampai-sampai taekwondo ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Taekwondo ini meningkat tajam setelah perang II dan juga menjadi salah satu seni beladiri paling populer yang memiliki lebih dari 30 juta anggota di 100 negara.

  1. Karate

beladiri Karate
Karate

Karate ini merupakan beladiri yang berasal dari jepang. Karate terkenal dengan pukulan yang sangat mematikan. Karate juga banyak di temukan di Indonesia. Di setiap sekolah pasti  memiliki olahraga ini. beladiri ini sedikit dipengruhi oleh kempo dari china.

  1. Kick Boxing

beladiri kick boxing
kick boxing

Beladiri satu ini sudah tidak asing di telinga kita kan? Banyak channel televisi biasanya menampilkan beladiri satu ini. Gerakan kick boxing  sama seperti tinju, tetapi di kick boxing ini ditambahkan dengan tendangan kaki.  Kick boxing sangat digemari dan mudah untuk ditemukan di tempat gym yang berada di kota-kota besar.

  1. Sumo

beladiri Sumo
Sumo

Sumo berasal dari jepang. Sumo biasanya dilakukan oleh 2 orang yang berbadan besar atau bisa disebut gemuk. Sumo merupakan beladiri yang hubungannya dengan tradisi asli jepang masih sangatlah erat. Biasanya sebelum dilaksanakannya beladiri sumo disebarkanlah dulu garam guna untuk mengusir bala.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya untuk para pecinta beladiri di seluruh tanah air.