beberapa agama
beberapa agama

Perlu Anda Semua Ketahui Tentang Beberapa Agama Yang Ada Di Indonesia

Posted on

Beberapa Agama Yang Ada Di Negara Indonesia – sebagai Negara yang berpedoman dengan pancasila. Negara insonesia memanglah bukan Negara yang berlandasan akan sebuah aturan agama yang tertentu, tapi bukan juga selaku yang memisahkanya agama dari kehidupan yang bernegara. Negara Indonesia ialah Negara yang mendasarkan kepada ketuhanan yang sangat maha esa. Yang mempunyai arti bahwasannya bangsa Indonesia ini ialah bangsa yang kaya akan beragam agama. Warna dari Negara Indonesia sendiri berhasil mendapatkan sebuah jaminan dan juga perlindungan untuk memeluk dan juga melaksanakan sebuah ajaran agamanya sendiri-sendiri.

Pada saat tahun 1965, waktu itu yang menjadi presiden di Negara Indonesia adalah Bapak Soekarno telah mengeluarkan keppres yang mengenai agama yang resmi di Negara Indonesia ada 6 yakni agama Islam, agama Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budha, Hindu, dan juga agama Konghucu. Selang waktu dua tahun ada seorang yang bernama Soeharto menggantikan posisi Soekarno untuk menjadi seorang Presiden dan pada saat itu sekaligus menandai akan munculnya Orde Baru. Pada saat tahun 1978, seorang Mentri yang ada didalam Negeri Indonesia telah mengeluarkan sebuah keputusan, bahwasannnya hanya ada lima agama yang resmi yang ada di Negara Indonesia, dengan adanya mengeluarkan agama Konghucu dari deretan daftar nama agama yang telah diakui oleh Negara dan juga pemerintah Indonesia.

Agama-agama Yang Resmi di Negara Indonesia

Setelah adanya masa kekuasaan Orde Baru yang telah mengajui bahwasannya hanya ada 5 agama yang resmi di Negara Indonesia. Pemerintah Negara Indonesia telah mengakui telah kembali keberadaan suatu agama yakni agama Konghucu sebagai salah satunya dari agama yang resmi di Negara Indonesia. Dan larangan kepada agama, sebuah kepercayaan, dan juga adat dari masyarakat Tionghoa telah dicabut oleh presiden yang bernama Abdurrahman Wahid dengan adanya keppres No.6-2000 dan juga diperkuat dengan adanya surat keputusan atau SK dari Menteri Agama Negara Republik Indonesia yang No.MA-12-2006.

Dan sampai saat ini, pemerintah dari Negara Indonesia telah mengakui bahwasannya ada 6 Agama-agama yang resmi di Negara Indonesia. Dan berikut ini ialah 6 agama yang telah diakui oleh pemerintah Negara Indonesia tersebut :

  • Agama Islam

Agama islam mempunyai kitab suci yaitu Al Quran yang pertama kalinya diwahyukan atau di bawakan oleh Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa Sallam, dan permulaan dari kitab suci Al Quran ialah pada 1400 tahun lampau atau yang lalu. Dan orang yang menganut agama islam mempunyai tempat ibadah, dan nama dari tempat ibadahnya orang islam diberi nama Masjid.

Agama islam juga mempunyai bebrapa hari besarnya atau hari agama Nasional yakni hari Idul Adha, hari Idhul Adha, Isra’ Mi’raj, Hari Maulid Nabi dan juga Tahun Baru Hijriah. Dan juga mempunyai pemuka agama yakni Habib, Ulama, Syekh, Kyai, dan juga Ustadz.

  • Agama Kristen Protestant

Agama Kristen Protestant juga mempunyai kitab suci yang bernama Alkitab, pembawanya adalah Yesus Kristus, pemulaannya dari tahun sekitar 2000 tahun yang lampau. Agama Kristen Protestant juga mempunyai tempat ibadah yang diberi nama Gereja. Gereja dipergunakan sebagai alat penyembahan para kaum Kristen kepada tuhannya yaitu Yesus Kristus.

Agama Kristen Protestant juga mempunyai hari besar agama meraka, yakni hari Natal, Hari Kenaikan Isa Almasih dan juga hari paskah. Dan agama Kristen Protestant ini juga mempunyai sang pemuka yaitu Pendeta namanya.

  • Agama Kristen Katolik

Agama Kristen Katolik ini hampir mirip dengan agama Kristen Protestant karena kitab sucinya saja sama yaitu Alkitab, pembawanya pun sama yaitu Yesus Kristus, awal permulaanya sekitar 2000 tahun yang lalu. Dan tempat ibadahnya pun sama yakni Gereja dianggap sebagai tempat berdoa mereka pada saat waktu yang tertentu. Adapun hari besar dari agama Kristen katolik ini juga sama dengan agama Kristen Protestant yakni hari Natal, Hari Paskah dan juga Hari besar Kenaikan Isa Almasih. Tetapi beda yang membedakan adalah dari sang pemuka agamanya , yakni Romo atau Pastor, Paus, dan juga Uskup.

  • Agama Hindu

Agama hindu ini mempunyai kitab sucu yang bernama Weda, tetapi para penganut agama Hindu ini tidak mengetahui siapa yang membawakan kitab Weda ini. Dan awal permulaan agama ini kira-kira sekitar 3000 tahun yang lalu. Agama Hindu ini mempunyai tempat beribadah yaitu namanya adalah Pura sebagai tempat kaum hindu berdoa setiap harinya. Kaum hindu juga mempunyai hari besar yaitu namanya ialah hari Raya nyepi, hari Pagerwesi, dan juga hari Saraswati. Kaum hindu mempunyai sang pemuka agama yakni Pandita dan juga seorang Pedanda.

  • Agama Buddha

Agama Buddha ini mempunyai kitab suci yang bernama Tripitaka dan nama pembawanya Siddharta Gautama awal permulaannya sekitaran 2500 tahun yang lampau, termasuk cukup lama bukan? Agama ini mempunyai tempat ibadah yang bernama Wihara. Dan agama ini juga tentunya mempunyai hari besar yaitu hari besar Waisak, setiap hari besar Waisak kaum budha selalu berbondong-bondong untuk merayakannya. Kaum agama Buddha sendiri juga mempunyai pemuka agama yakni namanya Bhikku atau Bhiksu dan juga Bhante.

  • Agama Konghucu

Dan agama yang terakhir adalah agama Konghucu, yang mana agama Konghucu ini mempunyai kitab suci yaitu namanya Si Shu Wu Ching dibawakan oleh Kong Hu Cu pada permulaan sekitaran 2500 tahun yang sudah lalu. Adapun tempat ibadah dari kaum agama Konghucu ini ialah bernama Klenteng atau bisa juga disebut dengan Li Tang dan juga mempunyai satu hari besar yaitu hari Tahu Baru Imlek. Yang mana agama Konghucu ini berhasil dikemukakan oleh Xueshi.

Adapun selain dari ke enam agama yang resmi yang berada di Negara Indonesia demikian, masih ada lagi yang lain agama yang bertempat di Negara Indonesia. Dan diantaranya ialah agama Yahudi, agama Baha’I, agama Animisme, dan juga masih banyak lagi beberapa dari kepercayaan local yang lainnya. Adapun agama Yahudi berkembangnya di Kota Manado dnegan adanya Prakarsa dari seseorang Rabbi yang mempunyai nama Yaakov Baruch, agama Baha’I berhasil masuk ke Negara Indonesia sejak tahun sekitar 1878 an yang dibawakan oleh seorang pedagang Turki dan juga Persia.

Sekiranya cukup sampai disini dulu ya pemberitahuan atau ilmu tambahan tentang Beberapa Agama Yang Ada Di Negara Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan bagia nada smeua yang membacanya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan pada tulisan maupun perkatan yang kurang pantas. Semoga bermanfaat cukup sekian dan terimakasih.