manfaat bawang putih
manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih Yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Manfaat Bawang Putih- Hai …. guys kali ini saya akan membuat artikel tentang Bawang Putih, Mungkin nggak asing lagi ditelinga anda. Bawang putih adalah tanaman yang mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia sejak dulu, Tanaman ini tumbuh di daerah di Asia Tengah. Tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Bawang putih sering kali di buat untuk bumbu umum seperti di Asia ,Afrika, danm Eropa.

Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan yang ada di indonesia. Sebelum dipakai untuk bumbu, bawang putih dikupas dulu,dihancurkan dengan tekanan sisi pisau (dikeprek) sebelum di rajang halus Dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng,  Manfaat Bawang putih yang mentah penuh dengan senyawa- senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut allin yang membuat bawang putih mentah terasa getir.

Manfaat Bawang putih telah lama menjadi bahan kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Awal pemanfaatan bawang putih diperkirakan berasal dari Asia Tengah, Dari Asia Tengah kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk indonesia. Di negara cina dan korea bawang putih di manfaatkan untuk pengobatan, Mengenal bawang putih untuk bahan ramuan untuk mempertambah stamina tubuh para pekerja dan olahragawan.

Bawang putih kini tumbuh meluas di seluruh dunia, Manfaat Bawang putih ini sejak dulu sering kali kaitkan dengan mistis pada sebuah kepercayaan agama tertentu, Namun hal ini hancur seiring zaman. Bawang putih kini di percaya sebagai obat penawar berbagai jenis seperti penyakit kronis seperti: tekanan darah tinggi, kencing manis, radang, panu dan lainya.

Tanaman ini tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai setinggi 30- 70 cm. Batang yang tampak di atas permukaan tanah adalah batang semu yang tumbuh di pelepah- pelepah daun. Akar yang tumbuh pada batang bersifat rudimenter, berfungsi sebagai alat penghisap makanan. Sedangkan batang yang sebenarnya berada didalam tanah.

Bawang putih umumnya tumbuh di daratan tinggi, bawang putih membentuk umbi lapis yang berwarna putih. Satu buah bawang putih terdiri dari 9-15 siung, Antara siung yang satu dengan yang lain dipisahkan oleh kulit tipis yang tampak. Daunnya bawang putih berbentuk pita, panjang dapat mencapai 27- 50 cm dan lebarnya 1-2,5 cm. Dan jumlah daunnya 7-10 helai setiap tanaman. Suhu yang cocok untuk menanan tumbuhan  di dataran tinggi sekitar 20- 250c dengan curah hujan 1.200- 2.400 mm pertahun.

Klasifikasi Tanaman Bawang Putih

bawang putih
manfaat bawang putih

Kelas      :   liliopsida

Kerajaan: plantae

Ordo :  Asparagales

Divisi :  Magnoliohyta

Upafamili : Allioideae

Famili :  Alliaceae

Genus : Allium

Spesies : A. Sativum

Bangsa : Allieae

Nama binominal: Allium Sativum

Kandungan senyawa Bawang Putih

Khasiat bawang putih memeng diketahui sangat berguna untuk kesehatan karena membantu dalam membunuh parasit yang ada ditubuh kita, membantu dalam pernafasan. Bawang putih mengandung

  • Karbohidrat
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Beta karotin
  • Thiamine
  • Roboflafin
  • Niacin
  • Asid panthitenik
  • Vitamin B6
  • Folate
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Kalium
  • Zink
  • Kalium

Manfaat Dan Kegunaan Bawang Putih

bawang putih
manfaat bawang putih

Bawang putih merupakan jenis tanaman budidaya yang pada umumnya dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Biasanya bawang putih dirajang , di iris tipis atau digiling dan dicampur bumbu lainnya untuk penyedap rasa, Umbi ini wajib ada disetiap dapur sebagai tambahan. Selain untuk dikonsomsi bermanfaat untuk pengobatan tradisional untuk:

  1. Menurunkan risiko kanker

Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Karena sulfur boiaktif berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Bawang putih mentah berkhasiat untuk membunuh jenis- jenis sel kanker.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kalau mengkomsumsi bawang putih setidaknya setiap hari 10 gram yang mentah setiap hari selama dua bulan akan membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan polisulfida pada bawang putih mentah terbukti mampu mengendalikan takanan darah tinggi. Tak heran kalau anda jika mengkonsumsi bawang putih yang mentah selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah 10mmHg.

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat Bawang putih mentah kalau dimakan secara rutin juga manjur untuk mencegah pembentukan pada plak arteri koroner. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki penyakit jantung dan sistem metabolisme.

  1. Meredakan radang dan pilek

Manfaat Bawang putih bisa meredakan berbagai penyakit yang cukup umum dan bawang putih kaya akan allicin. Senyawa allicin yang terdapat yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antimicroba, antijamur dan antivirus yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

  1. Mengatasi rambut rontok

Siapa sangka kalau bawang putih bisa untuk rambut yang rontok . kerontokan disebabkan karena penyakit autoimun dan bawang putih yang memtah bisa memperkuat pertumbuhan rambut kepala di rambut.

  1. Menjaga kesehatan otak

Karena unsur kimia berfungsi untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf, Kandungan antioksidan pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan korosif.

Tpis Untuk Menghindari Mulut Bau Bawang

Untuk meghindari mulut dari bawang karena memakan bawang putih, coba tipsnya :

  • Cuci bersih siung bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir.
  • Makan bawang putih dengan daun seledri atau kemangi agarr aroma bawangnya tidak terlalu menyengat.
  • Minum segelas air susu rendak lemak atau makan yogurt tanpa rasa setelah makan bawang putih mentah.
  • Sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih usai makan bawang putih.

Manfaat bawang putih untuk kulit dan tubuh.

  • Mengatasi jerawat dan bekasnya

Sifat antijamur sangat berguna untuk menghilang  jerawat dan bekasnya, berikut ini tipsnya:

  • Potong 2 siung bawang putih, rendam selama 10 menit lalu anda gosokkan air rendaman tersebut keweajah anda selama 5- 7 menit, bilas dengan air dingin
  • Untuk menghapus bekas jerawat, anda bisa menggunakan pasta bawang putih . ambil 5-6 bawang putih, rebus 250 ml air hingga mendidih, masukkan 5-6 siung bawang putih yang sudah di geprek, rebus selama 15-20 menit. Dinginkan dan lembutkan hingga halus terus anda tempelkan ke wajah anda yang ada bekas jerawatnya.
  • Mengatasi Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang umum dan hampir semuan orang pernah mengalaminya. Berikut ini cara mengatasi komedo dengan bawang putih.

Lembutkan 3-4 siung bawang putih ,1/2 air lemon dan 1 sdm madu. Aduk hingga merata. Bersihkan wajah anda , oleskan masker ini dan biarkan selama 3-5 menit , bilas dengan air hangat . gunakan masker ini selama 3x seminggu.

  • Mengatasi kerutan dan keriput

Caranya seperti ini. Anda dapat mengurangi ini dengan masker 4-6 siung bawang putih dan ½  tomat. Terapkan ini pada wajah anda setiap minggu 3x

 

Demikian dari artikel yang kami buat, Semoga bermanfaat. Terima kasih selamat mencoba.