Dampak Akibat Merokok
Dampak Akibat Merokok

Bahaya dan Dampak Akibat Merokok Bagi Anak Usia Dini

Posted on

Bahaya dan Dampak Akibat Merokok – Pada enam tahun yang lalu, Aldi Suganda yang berusia 2 tahun sekarang menjadi pusat perhatian di dunia karena ketagihan rokok. Walaupun masih balita, ia juga bisa menghabiskan beberapa bungkus rokok setiap harinya.

Kini yang berusia 8 tahun telah menceritakan tentang kisahnya, ”Dulu, sangatlah sukar bagiku untuk berheti. Jika tidak merokok, mulutku rasanya sangat asam dan juga kepalaku sangat pusing”. Lalu ibunya sangat mengenangkan pada masa itu.

Menurutnya, putra itu akan marah jika tidak diberi rokok ataupun uang untuk membelinya. Ia dapat membentur-benturkan kepalanya ke dinding, mengamuk, dan juga dapat menyakiti dirinya kalau tidak diberi, kata dia.

Ibunya mengatakan, orang-orang bahkan juga menudingnya sebagai ibu yang tidak baik, buruk, dan juga mempertanyakan kemampuannya untuk mengasuh anak.

“saya adalah ibu yang sangat lemah. Ia selalu mengancam saya jika tidak memberi uang, saya juga takut ia mati.”

Namun orang tuanya sendiri juga sering mencoba melarang, tetapi gagal. Sekarang pun orang tuanya hanya bisa meminta untuk menguranginya.

Penyebab Anak Merokok
Anak Merokok

Cara yang Terbaik untuk Menjauhkan Anak dari Rokok

Ketika masih kecil, anda mungkin penasaran seperti apa rasa rokok. Anak dan juga remaja-remaja memang mempunyai rasa ingin tahu dan tidak ragu untuk mencoba-coba. Namun adanya dari mencoba-coba, bisa jadi ketagian merokok. Makin dilarang anak itu juga mungkin jadi makin penasaran. Lebih baik ikuti langkah-langkah pada berikut ini.

  1. Anda sendiri tidak boleh merokok
  2. Selalu ingatkan anak sisi negative merokok
  3. Rutin berkomunikasi dengan anak
  4. Mengenal teman-teman anak
  5. Ajari anak untuk menolak ajakan merokok
  6. Meningkatkan kepercayaan diri anak
  7. Mendorong minat dan bakat anak

Di bawah 18 tahun sudah mulai merokok? Ini Dampaknya

Usia tersebut yang masih tergolong dari kategori yang berusia anaka-anak, saat itu tubuh juga masih membutuhkan untuk berbagai hal penunjang dan membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan. Ini yang terjadi jika seseorang merokok sejak kecil atau dibawah usaia 18 tahun.

Dampaknya merokok adalah fatal bagi semua usia

Anak Merokok di Bawah Umur
Anak Merokok di Bawah Umur

Kebiasaan merokok yang dapat diketahui untuk penyebab yang sebanyak 6 juta orang yang dapat meninggal dunia pada setiap tahunnya. Bahkan juga dapat diperkirakan pada tahun 2030, kematian yang dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok untuk mencapai 10 juta jiwa pada setiap tahunnya.

Berbagai Penyakit yang Mengintai Perokok Pasif

Tidak ada manfaat dari kebiasaan merokok. Dampak yang dapat ditimbulkan dari merokok pada seluruhnya adalah dampak yang buruk, dari segi perekonomian hingga kesehatan. Pada salah satunya penyakit yang paling banyak sekali menimbulkan adanya akibat kebiasaan merokok yaitu kanker paru.

Namun juga tidak hanya demikian, hampir juga semua pada bagian tubuh seperti ginjal, jantung, kesehatan reproduksi, pembuluh darah, tulang dan otot, paru-paru, serta juga otak yang bisa rusak akibat merokok.

Bahaya Kesehatan pada anak kecil dan remaja di bawah 18 tahun yang telah merokok

Berbahaya Merokok Depan Anak
Berbahaya Merokok Depan Anak

Remaja yang telah merokok dan juga miliki status pada kesehatan yang sangat buruk dibandingkan dengan remaja yang tidak merokok. Hal ini juga yang sering sekali dialami pada para perokok muda ini yaitu dengan sakit kepala dan juga sakit punggung yang sering muncul.

Dari adanya hasil penelitian ini, yang dapat diketahui bahwa mereka adalah perokok aktif yang sangat sering dapat berkunjung ke rumah sakit dengan berbagai alasan kesehatan, dan juga salah satunya yang paling sering adalah tentang masalah pada tulang dan otot.

  1. Paru-paru berhenti berkembang
Paru-paru
Paru-paru

Untuk perkembangan paru-paru ini juga akan dipengaruhi jika dapat melakukan kebiasaan merokok terlalu. Rokok yang dapat mengakibatkan pada gangguan pertumbuhan serta juga dapat perkembangan paru pada anak dan juga remaja, hal ini juga dapat mengakibatkan pada paru-paru yang berhenti untuk tubuh.

  1. Gejala penyakit jantung dan pembuluh darah yang terjadi pada lebih awal
Jantung Akibat Merokok
Jantung Akibat Merokok

Merokok pada usia yang mudah dapat mengakibatkan pada kerusakan system dan peredaran darah, kemudian akan bertambah parah pada saat ia bertumbuh dewasa. Ketika ia dapat memasuki pada usia dewasa, bukan tidak mungkin pada berbagai penyakit jantung langsung dapat dialaminya yang seperti, penyakit coroner, jantung, gagal jantung, aterosklerosis, serangan jantung, dan juga stroke. Adapun penyakit-penyakit ini akan mengakibatkan pada kematian yang cukup tinggi terjadi didunia.

  1. Kerusakan gigi
Kerusakan Pada Gigi
Kerusakan Pada Gigi

Dampak Akibat Merokok pada kebiasaan merokok yaitu akibat utama dari gangguan kesehatan gigi dan juga mulut. Hampir saja pada setengah dari infeksi yang terjadi di mulut yang dapat terjadi pada perokok aktif dengan adanya rentang usia dibawah 30 tahun.

  1. Masalah pada otot dan tulang
Otot dan Tulang Berbahaya
Otot dan Tulang Berbahaya

Dalam penelitian yang lingkup yang cukup sangat besar, yang dapat dilakukan di Belgia dan melibatkan sebanyak 677 remaja. Dampak Akibat Merokok dengan penelitian yang sebelumnya, yang dapat mengikutsertakan 1000 remaja laki-laki di Swedia yang menemukan bahwa kelompok yang merokok dapat mengalami kerapuhan pada tulang bagian tulang leher, belakang, tengkorak, serta juga tangan dan kaki.

Dampak Negatif Akibat Merokok Bagi Remaja Pelajar dan Juga Anak Usia Dini Yang Harus Di Ketahui

Dampak Akibat Merokok yang sudah menjadikan pada makanan sehari-hari oleh para kalangan anak yang berusia dini, pelajar, dan juga remaja. Yang dapat dikarenakan rokok sudah seperti sumber dalam ketenangan pada dirinya bahkan juga ada pada sebagian yang sudah menganggapnya sebagai trend, padahal rokok ini yang sangat membahayakan pada diri.

Berikut ini beberapa masalah yang dapat timbul akibat bahaya rokok :

Mengganggu pada performa di sekolah

Remaja ini atau juga anak sekolah yang merokok dapat cenderung untuk mengalami pada penurunan dalam nilai olahraga yang sangat merasakan mudah lelah karena tidak bisa berjalan dengan jauh atau juga berlari dengan cepat seperti sebelum merokok.

Dikucilkan dan Dijauhi dengan teman

Dampak Akibat Merokok Pelajar atau juga anak sekolah pada dini yang merokok biasanya dapat mendapatkan masalah-masalah social serta juga pada kejiwaanya. Dalam pengucilan tersebut yang tentu saja bisa membuat mereka dapat mempunyai jiwa-jiwa pemberontak, pemarah dan juga sulit untuk bergaul dengan banyak orang.

Perkembangan paru-paru terganggu

Tubuh dapat berkembang pada tahap pertumbuhannya, jika seseorang tersebut merokok pada priode ini dapat mengganggu pada perkembangan paru-parunya.

Cara Agar Anak Berhenti Merokok

Mencegah Anak Merokok
Mencegah Anak Merokok
  1. Hindari ancaman dan ultimatum
  2. Perlihatkan keterterikan Anda dengan cara yang tidak mengancam
  3. Jika Anda merokok, berusaha untuk berhentilah
  4. Jika Anda dulunya merokok dan sekarang telah berhenti, komunikasikan kepada anak tentang pengalaman Anda
  5. Jadilah orang tua yang suportif
  6. Buatlah catatan dengan anak remaja Anda, alasan mengapa anak remaja Anda ingin berhenti

Demikian di atas adalah penyebab, dampak, dan pencegahan merokok. semoga dapat menginspirasikan Anda, semoga bermanfaat dan terima kasih.