bagian organel

Beberapa Bagian Organel Sel Hewan Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

organBagian Organel Sel Hewan – Hallo para sahabat setia jempoltangan.com saya disini akan mengajak anda menambah ilmu tentang Organel sel pada hewan dan juga fungsinya, adapun struktur dari sel hewan terdapat pada bagian-bagian ataupun organ-organ yang ada di dalam hewan dengan peran atau fungsinya masing-masing. Fungsi dari organ-organ yang ada pada hewan adalah sebuah tanda bahwasannya bagian organel sel pada hewan tersebut mempunyai pekerjaan didalam sel hewan. bagian Organ sel pada hewan mempunyai kesamaan dengan adanya organ sel yang ada pada tumbuhan, dan juga perbedaannya.

Adapun perbedaan bagian organel sel pada hewan dan juga sel yang ada pada tumbuhan adalah merupakan suatu pertanda didalam membedakan ataupun tanda didalam membedakan sel pada hewan dan sel tumbuhan, selain semua itu juga terdapat pula fungsi-fungsi yang ada didalam organ-organ sel pada hewan yang merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan dalam sel itu sehingga bisa bekerja dengan oktimal. Organ-organ pada sel hewan dan juga fungsinya dapat kita semua lihat seperti dengan yang di bawah ini :

Organ Dari Hewan Berdasarkan Fungsinya

  • Member Sel

 

Member sel merupakan bagian yang paling luar, yang membungkus sel yang berhasil tersusun atas lemah atau lipid dan juga protein atau lipoprotrin. Dan adapun fungsinya ialah : guna melindungi sel, menerima rangsangan yang berasal dari luar dan juga mengatur keluar dan masuknya zat.

  • Sitoplasma

 

sitoplasma merupakan cairan sel dan juga segala sesuatu yang bisa larut didalamnya. Terkecuali nucleus atau inti sel dan juga organ, dan juga sitoplasma terdiri atas air dan juga protein mineral. Sitoplasma mempunyai sifat koloid kompleks yaitu tidak bisa cair dan juga tidak padat, yang bisa berubah tergantung dari konsentrasi dari air, jikalau kinsentrasi pada air sedang rendah, maka akan menjadi padat dan juga lembek dan biasanya disebut dengan gel, sedangkan jikalau konsentrasi dari air sedang tinggi maka akan menjadi encer yang disebut dengan sol.

Dan fungsi dari Sitoplasma yakni : sumber dari bahan kimia sel dan juga tempat berlangsungnya metabolism dari sel.

  • Reticulum Endoplasma

 

Reticumun endoplasma ialah merupakan bagian sel yang berbentuk benang-benang yang terdapat pada inti sel, reticulum endoplasma terbagi menjadi 2, yaitu yang pertama tericulum endoplasma halus atau REH dan yang kedua reticulum endoplasma kasar atau bisa disebut dengan REH ialah tidak bisa melekat dengan ribosom, lalu sedangkan reticulum endoplasma yang kasar atau REK ialah yang melekat pada ribosom.

Adapun gungsi dari Reticulum endoplasma ialah sebagai berikut : dapat mensintesis lipid didalam sel atau REH, sebagai alat transportasi dari zat dalam selnya sendiri, bisa membantu didalam detoksifikasi sel sel yang berbahaya yang terdapat sel REH, sintesa protein (REK).

  • Mitokondria

 

Mitokondia ialah organel tubuh yang terbesar yang merupakan mesin didalam sel. Mitokondria mempunyai bentuk yang mirip dengan bentuk cerutu yang mempunyai dua lapis membram yang mana lekuk-lekuk dan juga dinamkann dengan kritas. Glukosa dan juga oksigen telah berkombinasi dengan membentuk suatu energy atau ATP yang juga diperlukan guna metabilisme dan juga aktifitas seluler yang terdapat didalam organsel sel sehingga menjadikan mitokondria dijulukinya sebgai The Power House, dikarenakan menghasilkan sebuah energy.

Mitokondria pada bentuk unggulnya disebut dengan sebutan mitokondrion. Yang mana mitokondrion merupakan organel sel yang dapat mengubah dari energy kimia menjadi energy yang lainnya. Dan adapun fungsi dari mitokondria adalah bisa menghasilkan energy dalam bentuk ATP dan juga respirasi seluler.

  • Mikrofilamen

 

Mikrofilamen ialah organel sel yang terbentuknya dari protein myosin dan juga aktin. Mikrofilamen mempunyai kemiripan dengan adanya mikrotubulus tetapi mikrofilamen lebih lembut dan juga diameternya lebih kecil. Dan fungsi dari mikrofilamen ialah bisa berperan didalam pergerakan sel, endositotis dan juga eksositosis.

  • Lisosom

 

lisosom ialah organel sel yang berupa kantong yang terikat di kembaran yang berisi atas kandungan enzim hidrolitik yang juga digunakan untuk mengontrol dari pencernaan intraseluler dalam keadaan apapun, dan adapun Lisosom terdapat pada sel eukarotik dan Lisosom mempunyai fungsi bisa mencerna materi dengan menggunakannnya fagositosis, bisa mneghancurkan organel sel yang telah rusak atau autofagi, bisa mengontrol pencernaan intraselular dan juga bisa mendatangkan makromolekul dari luar menuju ke dalam sel dengan adanya mekanisme endositotis.

  • Peroksisom atau Badan Mikro

 

Peroksisom atau badan mikro ialah sebuah kantong berukuran kecil yang berisi dengan suatu enzim katalase yang berfungsi menguraikan peroksida atau H2O2 yang merupakan sisa-sisa dari adanya metabolism yang mempunyai sifat toksik menjadi sebuah air dan juga iksigen yang membahayakan akan sel. Peroksisom sangat banyak ditemukan disuatu sel ginjal dan juga hati.

Fungsi dari peroksisom atau Badan Mikro ialah untuk menguraikan perokda (H2O2) dari adanya sisa sisa bekas metabolism toksik, dan juga bisa merunah lemak menjadi sebuah karbohidrat.

  • Ribosom

 

Adapun ribosom ialah suatu bagian organel sel yang kecil dan juga padat dengan mempunyai diameter 20 mn yangnya terdiri atas 65% RNA ribosom (rRNA) dan juga 35% dari protein ribosom atau Ribonukleoprotein dan juga RNP. Ribosom tersebut bekerja didalam menerjemahkan mRNA guna membentuk rantai dari polipeptida atau protein dengan menggunakannya asam amino yang masih dibawahnya tRNA disaat proses translasi. Didalam sel tibosom telah terikat dengan terikulum endoplasma kasar atau REK, bisa juga membrane inti sel. Dan fungsi dari Ribosom ialah sebagai tempat berlangsungnya sintetis protein.

Setidaknya cukup sekian dulu artikel kali ini yang membahas tentang Bagian Organel Sel Hewan, semoga bermanfaat, dan bisa menambah pengetahuan anda semuanya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan pada artikel ini entah dari penulisan atau kah kata-katanya. Semoga bermanfaat cukup sekian dan terimakasih.