Ayam Goreng Saus Mentega
Ayam Goreng Saus Mentega

Resep Mudah Untuk Membuat Ayam Goreng Saus Mentega

Posted on

Ayam Goreng Saus Mentega – Hai sobat jempoltangan.com. ayam pasti kalian sudah tidak asing lagi ketika mendengar kalimat tersebut. Pada kesempatan kali ini saya kan berbagi kepada kalian tentang resep masakan Ayam Goreng Saus Mentega. Bagi kalian yang ingin mencoba resep ini, yuk! Simak artikel ini.

Masakan yang menggunakan bahan dasar ayam adalah makanan yang sangat favorit dan banyak orang yang menggemari masakan tersebut. Ayam mempunyai kandungan protein yang tinggi. Ayam juga mempunyai rasa yang sangat lezat sehingga banyak orang yang mencari ayam untuk digunakan sebagai lauk untuk makanan sehari-hari.

Banyak sekali masakan menggunakan olahan ayam dan salah satunya olahan ayam yaitu ayam dengan menggunakan saus mentega. Menu makanan yang satu ini adalah salah satu menu makanan klasik yang sangat mudah untuk kita temukan di berbagai rumah makan atau di restoran yang berada di tanah air.

Ayam Goreng Saus Mentega
Ayam Goreng Saus Mentega

Rasa yang dimiliki masakan ayam yang satu ini sangatlah gurih dan enak sekali, ditambah dengan aroma yang harum dari mentega dan rasa yang manis menjadikan masakan ini menjadi menu yang paling laris dan banyak sekali dipesan oleh orang yang mengunjungi restoran tersebut.

Bagi kalian yang sangat menyukai berbagai macam olahan ayam dan kalian ingin mencoba untuk membuat masakan ayam yang satu ini di rumah kalian, kalian tidak perlu bingung lagi untuk mencari resep makan sehat ini, saya telah menyediakan resep masakan ayam goreng saus mentega. Kalian dapat mencari bahan tersebut di pasar atau toko terdekat.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Ayam Goreng Saus Mentega

Ayam Goreng Saus Mentega
Ayam Goreng Saus Mentega
  • 1 kilogram ayam. Ayam menyarankan untuk kalian menggunakan ayam kalasan yang sangat empuk dan juga gurih. Tetapi, jika kalian kesulitan untuk mendapatkan ayam kalasan ini, kalian bisa menggunakan ayam dengan jenis apa saja. Ayam yang sudah kalian beli, kalian bersihkan dengan air mengalir. Lalu potong ayam sesuai selera kalian.
  • 1 buah jeruk yang berjenis jeruk nipis. Air dari buah jeruk nipis ini dipakai untuk mengolesi ayam yang sudah kalian beli agar menghilangkan rasa amis pada ayam tadi.
  • 1 siung bawang yang berjenis bawang putih.
  • Gunakan garam dengan secukupnya.
  • Merica atau juga bisa lada secukupnya
  • Minyak goreng merek apa saja, gunakan secukupnya.

Bahan Untuk Membuat Saus

Ayam Goreng Saus Mentega
Ayam Goreng Saus Mentega
  • ½ biji dari bawang Bombay yang diiris dengan tipis-tipis atau bisa juga kalian cacah bawang Bombay dengan halus.
  • 4 bawang putih yang sudah dicincang halus.
  • 3 sendok makan yang berisi mentega.
  • Kecap manis gunakan secukupnya.
  • Saos tiram gunakan secukupnya.
  • Gula pasir gunakan secukupnya.
  • Lada bubuk gunakan secukupnya.

Cara Untuk Membuat Masakan Ayam Goreng Saus Mentega

Ayam Goreng Saus Mentega
Ayam Goreng Saus Mentega
  • Ayam yang sudah kalian bersihkan terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir dan kemudian kalian potong dengan ukuran yang kalian inginkan, ayam tersebut kalian olesi dengan air dari jeruk nipis. Kemudian kalian tambahkan ayam yang sudah dilumuri dengan jeruk nipis dengan bawang putih yang sudah dicincang halus.
  • Kemudian ayam yang sudah diberi bawang putih dan juga air jeruk nipis kalian tambahkan garam dan juga lada secukupnya, lalu kalian aduk ayam dengan bumbu hingga semua bagian dari ayam tersebut terolesi dengan bumbu tersebut.
  • Lalu ayam yang sudah terolesi dengan bumbu tersebut diamkan selama kurang lebih 15 menit agar memastikan bahwa bumbu yang tadi sudah meresap pada ayam dan juga bau amis yang ada pada ayam sudah menghilang.
  • Setelah ayam yang dicampur dengan bumbu tersebut selama 15 menit, ayam yang sudah dipotong tadi kemudian kalian goreng dengan minyak yang sudah panas sampai ayam tadi berwarna kuning ke coklatan, setelah ayam berwarna kuning ke coklatan hangat ayam lalu tiriskan.
  • Setelah ayam sudah ditiriskan dan sudah siap, maka kalian lanjutkan dengan memuat saus untuk ayamnya. Untuk membuat saus ayam ini, kalian siapkan wajan untuk menggoreng, setelah kalian menyiapkan wajan kalian masukkan mentega lalu kalian tumis bawang Bombay yang sudah di cincang dan kalian juga masukkan bawang putih secara bersamaan. Masak bawang putih dan juga bawang Bombay hingga tercium aroma yang sangat harum.
  • Setelah bawang putih dan bawang Bombay digoreng hingga berbau harum, kemudian kalian masukkan ayam yang tadi sudah di goreng sebelumnya.
  • Setelah ayam di masukkan kemudian kalian masukkan juga bumbu yang lainnya yang sudah kalian siapkan contohnya seperti gula, kecap manis, lada, dan juga saos tiram.
  • Kemudian kalian berikan sedikit air ke dalam masakan yang tadi, hal ini dilakukan karena agar bumbu tadi meresap ke dalam seluruh bagian pada ayam.
  • Daging ayam yang di masak tadi ke dalam campuran saus, kemudian kalian diamkan selama kurang lebih 5 menit atau kalian bisa biarkan sampai bumbu yang tadi sudah meresap ke dalam ayam dengan sangat sempurna dan kuah yang ada pada masakan tersebut kuahnya sudah mulai mengental.
  • Setelah air pada masakan itu sudah berkurang dan sudah menjadi kental, kemudian kalian angkat dan kalian bisa sajikan kepada keluarga kalian.

Masakan yang terbuat dari bahan dasar ayam ini sangatlah nikmat bila masakan ini disajikan dengan menggunakan nasi yang masih hangat. Untuk membuat masakan yang satu ini kalian tidak membutuhkan waktu yang sangat lama, karena membuat masakan ini sangatlah mudah. Kalian juga bisa menambahkan bahan tertentu agar masakan anda terasa lebih nikmat.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang resep ayam goreng saus mentega. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Jika kalian bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, kalian bisa mencobanya. Terima kasih.