Coban Rondo
Coban Rondo

Asal-usul dan Lokasi Air Terjun Coban Rondo Malang

Posted on
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Asal-usul coban rondo

Air terjun coban rondo ini terletak didaerah Malang, nama coban rondo yang artinya yaitu “air terjun janda” kenapa bisa begitu in karena kisah mitos dibaliknya. Banyak yang tidak percaya jika air terjun ini membawa kutukan bagi pasangan. Konon katanya jika ada pasangan yang berpacaran di area coban rondo ini bakal berakhir dengan putus.

Mitos yang dikabarkan itu dikaitkan dengan legendanya yang berujung tragis yang melatarbelakangi penamaan air terjun ini.

Kisah air terjun coban rondo ini berawal dari sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan suaminya bernama Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmara.

Dewi Anjarwati&Raden Baron Kusumo
Dewi Anjarwati&Raden Baron Kusumo

Sejak pernikahan mereka yang masih terbilang baru itu, istri Raden Baron Kusuma ini mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah orang tua mereka yang berada di Gunung Anjasmoro. Niat Dewi Anjarwati ini ditentang oleh orang tuanya, karena menurut tradisi Jawa kuno pasangan pengantin yang masih baru tidak boleh atau dilarang untuk bepergian sebelum usia pernikahannya mencapai selapan. Ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan yang baru menikah tersebut. Akan tetapi keduanya masih tetap bersikeras untuk pergi.

Sesampainya ditengah-tengah perjalanan, kedua pasangan tersebut bertemu dengan seseorang yang bernama Joko Lelono. Ternyata orang asing tersebut terpikat dengan kecantiknnya Dewi Anjarwati sejak pada pandangan pertama. Kemudian Dewi Anjarwati pun diminta untuk menyembunyikan dirinya dibalik air terjun sembari untuk menunggu sang suami datang untuk menjemput.

Akhirnya tidak disangka-sangka, Raden Baron Kusumo dan Joko lelono sama-sama tewas dalam pertarungan mereka. Dan janji seorang Raden Baron kusumo untuk menjemput istrinya pun tidak bisa dipenuhi, sekarang tinggallah seorang Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya dibalik air terjun tersebut.

Hingga sekarang, banyak orang yang percaya jika ratapan seorang Dewi Anjarwati yang mendatangkan kesialan bagi para pasangan yang datang kesana. Itulah cerita atau asal-usul tentang air terjun coban rondo. Kalian boleh mempercayainya atau tidak itu terserah kalian, karena menurut ahli pengetahuan itu merupakan hal mitos.

Lokasi Menuju Air Terjun Coban Rondo

Peta Lokasi Coban Rondo
Peta Lokasi Coban Rondo

Lokasi untuk menuju wisata air terjun coban rondo ini bisa dibilang cukup mudah untuk dijangkau, selain itu tempatnya juga memang cukup strategis. Tempat air terjun coban rondo ini terletak di wilayah kabupaten Malang, Jawa Timur tepatnya di kota Wisata Batu.

Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo
Labirin Coban Rondo

Sesudah kalian membayar untuk tiket masuknya, kalian terus saja menyusuri jalan disitulah kalian akan bertemu beberapa lokasi wisata yang lain. Seperti Labirin Coban Rondo sampai Coban Tengah ini. Ada juga tempat untuk bersantai, untuk berkemah dan menginap pada perjalanan menuju Air Terjun Coban Rondo Malang ini.

Kalau sudah bertemu dengan tempat-tempat yang seperti itu, berarti kalian sudah hampir dekat dengan air terjunnya. Jangan lupa untuk memakirkan kendaraan kalian J sedikit informasi untuk biaya parker di air terjun coban rondo ini gratis loh. Ikuti terus jalur masuknya dan kalian akan bertemu dengan Air Terjun Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo

Ketika masuk kalian akan disuguhi tempat dengan tulisan besar dengan tulisan Coban Rondo. Pada tempat ini kita bisa berfoto selfi terlebih dahulu dengan tulisan Coban Rondo. Sesudah kalian melewati tulisan tersebut, didekanya terdapat wahana flying fox dan juga menembak. Kemudian berjalan kalian akan menemui jembatan dan sungai serta ada pintu masuk Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini juga salah satu tempat untuk bisa mengambil foto. Pada dekat pintu masuk nanti bakal ada Mushollah untuk sholat. Dan ketika menggunakan air wudhu air nya sangat segar dan dingin.

Coban Rondo
Coban Rondo

Ketika kalian lanjut daam perjalanan dibagian kanan dan kiri terdapat tempat yang asyik untuk bersantai dan duduk-duduk yang telah disediakan. Ketika kalian berada didaerah tersebut kalian supaya berhati-hati karena terdapat monyet yang terkadang masih berkeliaran ditempat tersebut.

Nah, kalau kalian sudah menemukan air terjun kalian akan menemui juga tukang foto di dekat air terjun. Air terjun coban rondo ini cukup deras sehingga kalau kalian mendekat percikan airnya pada radius beberapa meter kalian bisa kerasa airnya yang begitu segar sekali.

Yak, itu tadi seditkit ulasan tentang Air Terjun Coban Rondo Malang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.