arti cinta
arti cinta

Apa Arti Cinta Yang Perlu Kita Ketahui

Posted on

Apa Arti Cinta Yang Perlu Kita Ketahui

Arti Cinta – banyak orang yang berkata aku cinta kamu, atau bahkan anda sendiri sering berkata aku cinta kamu. Akan tetapi, mungkin berkata seperti itu karena menginginkan sesuatu dari anda. Seperti harta kekayaan atau sejenis lainnya. Jadi, apah arti cinta itu?

Nah, pada kesempatan kali ini kami dari tim jempoltangan.com akan membahas tentang apa arti cinta itu, yang kebanyakan orang tu belum mengetahui apa itu cinta. Dan apakah cinta itu seperti yang kita lihat di tv, fil, atau di dunia nyata ini, bahwa orang jatuh cinta itu dari kecantikan dan juga kegantengan. Dan apak benar ada kaitannya dengan keindahan dan cinta.

Kebanyakan orang juga mengatakan bahwa cinta itu, seperti kisah cintanya antara romeo dan juliet sebagai contoh cinta sejati, apakah benar seperti itu?

Dan juga banyak kita sudah menyaksikan atau mendengar bahwa banyak gadis yang hamil sebelum waktunya. Mereka sudah melakukan hubungan yang mana hubungan itu tidak boleh dilakukan seusia mereka, dan mereka berkata bahwa mereka melakukan itu karena demi cinta mereka. Apakah pantas mereka mengatakan bahwa seperti itu merupakan cinta?

Nah, bagaimana penilaian dalam islam mengenai pengertian cinta? Apak benar sesuai dengan ungkapan yang kami sebutkan diatas, bahwasannya semua jenis cinta ini mengunkapkan pada sang maha pencipta? Ataukah anak remaja sekarang inilah yang menyimpang pada pada ajaran islam. Untuk, mengetahui semua itu, simak ulasan berikut ini:

Cinta Dalam Agama Islam

cinta allah
cinta allah

Cinta dalam bahasa merupakan rasa suka dan juga senang, menurut istilah cinta merupakan rasa kasih sayang yang muncul dalam lubuk hati bagian dalam, yang mana rela untuk berkorban tanpa harapan timbal balik dari siapapun kecuali timbal balik yang sudah diridhoi oleh allah swt. Dan juga dalam islam cinta merupakan kasih, dan kasih sayang merupakan asas iman dan juga identitas.

Hal itu, membuktikan bahwa cinta merupakan pengaruh agama dari hati nurani, seperti halnya mereka adalah kesaksian untuk jiwa manusia menurut istilah, namun islam belum diakui sebagai agama apabila mereka tidak memiliki rasa kasih sayang.

Seperti halnya yang Allah SWT firmankan dalam alqur’an, katakanlah muhammad, bahwa nenek moyang, anak, saudara, keluarga, istrim, dan juga harta ang sudah kalian usahakan, perniagaan yang kalian khawatirkan, dan juga tempat yang lebih kalian cintai dari pada mencintai pada Allah dan juga rasulnya. Maka, tunggulah sampai allah mendatangkan siksanya pada kalian dan juga Allah tidak akan memberikan petunjuk pada orang yang fasik. (surat at-taubat : 24)

Cinta Pada Sang Pencipta

cinta tuhan
cinta tuhan

Sebagai manifestasi dan juga kesadaran sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, manusia pun juga berusaha untuk mnedekatkan dirinya pada tuhannya dengan cara beribadah kepada-nya. Dalam hal ini, seorang yang melakukan ibadah ini merasa dan juga yakin bahwa mempunyai hubungan baik terhadap tuhan, maka hidupnya akan tentram.

Jadi, dengan kata lain bahagia tidaknya ini tergantung pada pada hubungan mereka antara tuhannya. Cinta kepada tuhannya merupakan cintanya makhluk terhadap penciptanya, dengan cara mematuhi peraturannya tanpa ragu, percaya akan kebesarannya, dan juga konsekuen terhadap titah-nya.

Apapun yang diperintah dilaksanakan, dan apapun yang dilarang dihindari. Cinta terhadap tuhan ini tidak lepas dari dai keimanan, akhlak, dan juga tauhid.

Cinta Terhadap Lingkungan Hidup

pohon cinta
pohon cinta

Lingkungan hidup merupakan alam sekitar kita, yang berupa air, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain. Itu semua merupakan prasarana yang perlu kita jaga kelestariannya, jadi apaun yag bisa merusak lingkungan supaya dicegah, karena bisa mengakibatkan kehidupan yang tidak bersih, tidak aman, dan juga tidak tertib.

Nah, itulah kenapa dalam isalm melarang hal tersebut, dan juga mengutuk orang-orang ynag melakukan hal-hal yang dapat merusak lingkungan. Seperti dalam kata-kata yang biasa yang dipasangnuntuk slogan “kebersihan sebagian dari iman”. Agama islam ini mengajarkan kita untuk mengasihi pada semua binatang dan juga melarang umatnya untuk menyiksa pada binatang.

Karena, binatang ini juga termasuk makhluk ciptaan allah juga. Tidak membunuh ciptaan Allah untuk kesenangan, dan tentu tidak boleh melukai atau menganiaya pada ciptaan Allah. Bahkan, salah satu dari ciptaan Allah ini merupakan salah satu sumber makanan kita, kita supaya menghormati mereka dan juga kita supaya berdo’a dengan tidak membunuh mereka lebih dari yang kita makan.

Dalam ajaran islam mengatakan, bahwa manusia ini merupakan makhluk yang tidak bisa terpisah dari alam semesta, yang mana saling dukung mendukung. Karena, individu dari mereka manusia ini adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dan secara laras bekerja sama dengan apa yang ada dalam alam semesta ini. Jadi, diantara mereka jangan sampai tidak ada keserasian antara mereka.

Cinta Terhadap Sesama

cinta
cinta

Dalam agama islam ini mengajarkan, bahwa cinta terhadap manusia ini tidak bisa lepas pada penciptanya, karena cita pada tuhannya adalah cinta pada Allah SWT. Cinta kepada tuhannya juga merupakan cintapada sesama manusia, karena ini merupakan bagian atau ada kaitannya dengan akhlak manusia.

Rasa cinta pada sesama manusia ini tidak bisa lepas dari dari cintanya kepada tuhannya. Pandangan islam menyatakan, bahwasannya kemanusiaan merupakan satu kesatuan berbeda dengan bagian yang membentuk satu masyarakat, memiliki beberapa jenis dalam keserasian, dan saling bertukar pendapat untuk saling melengkapi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama.

Dengan begitu, supaya mereka cocok untuk melengkapi dengan alam dan juga untuk membentuk wujud yang satu. Sebagaimana Allah berfirman dalam alqur’an, “wahai manusia, sesungguhnya Aku menciptakan kalian ini dari laki-laki dan juga perempuan, dan aku menjadikan menjadi beberapa suku, dan bangsa supaya kalian sama mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian adalah orang-orang yang takwa. Sesungguhnya Allah adalah maha mengetahui lagi maha mengenal”.

Jadi, pada intinya cinta ini merupakan saling tolong menolong, keserasian, san juga saling kenal-mengenal. Menurut ajaran islam, bahwa cinta pada sesama manusia ini bisa diwujudkan, adapun salah satunya adalah keadilan dan juga persamaan derajat.

Nah, itu adalah pengertian dari kami tentang arti cinta yang perlu kita ketahui. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih!