Pokok Antropologi Budaya
Pokok Antropologi Budaya

Antropolgi Budaya

Posted on

Antropologi budaya ini adalah sebuah cabang antropologi yang sangat berfokus dengan penelitian variasi kebudayaan pada manusia tersebut. Disiplin ini sangatlah berbeda dengan cabang antropologi social, yang sangat memandang keragaman budaya sebagai sub bagian dari antropologi itu sendiri.

Dengan berbagai metode yang sedang digunakan dalam studi antopologi budaya antara lain dari pengamatan partisipatif, wawancara, dan survei. Metode dari pengamatan ini adalah sebuah partisipatif yang sangat sering disebut juga sebagai penelitian di lapangan karena sangat memerlukan dedikasi.

Antropologi Budaya
Antropologi Budaya

Asal Usul

Salah satu dari pengertian yang pertama adalah tentang pengertian dari istilah kebudayaan berdasarkan dari antropologi oleh Sir Edward Burnett Tylor, antropolog yang bersal dari inggris ini mempunyai buku dengan halaman pertama bukunya adalah yang sudah terbit pada tahun 1897. Kebudayaan, peradaban, diambil dalam arti yang sangat luas dan juga etnografis, ini adalah sebuah keseluruhan yang sangat kompleks dan sudah mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, kesusilaan, hokum, adat-istiadat dan kemampuan dan kebiasaan lain dari mana pun yang sedang didapati oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Istilah peradaban ini kemudian diganti dengan definisi oleh V.Gorden Childe, yang mana kebudayaan ini menjadi istilah perangkum dan perdaban yang menjadi satu jenis yang khusus untuk kebudayaan.

Wawasan antropologis yang bertentangan dengan kebudayaan antara lain dengan mencerminkan reaksi terhadap wacana yang sebelumnya ini beradada di di dunia barat, yang berdasakan pada perlawanan antara budaya dan juga alam, di mana sejumlah manusia ini dianggap masih hidup dalam keadaan yang alamiah. Para antropolog ini sudah menyatakan bahwa kebudayaan ini justri merupakan alam bagi manusia dan semua manusia ini memiliki kemampuan untuk menyusun sebuah pengalaman, menterjemahkan sebuah penyususnan ini secara simbolis berkat kemampuan berbicara dan mengajarkan paham tersebut ke pada manusia yang lainnya.

Baca Juga:Unsur Unsur Budaya

Karena manusia akan mendaoati sebuah kebudayaan melalui proses belajar eenculturation dan sosialisasi, orang yag tinggal pada tempat yang berbeda atau keadaan yang berbeda juga, akan mengembangkan sebuah kebudayaan yang sangat berbeda. Para antropolog ini juga sedang mengemukakan bahwa melalui kebudayaan ini lah orang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungaanya secara non-genetik, sehingga semua orang yang tinggal pada lingkungan yang berbeda sering akan memiliki kebudayaan yang berbeda juga. Teori antropologi ini terutama berasal dari kata kesadaran dan minat yang akan ada perselisihan antara segi local kebudayaan tertentu dan global kemanusian secara umum, atau jaringan hubungan antara orang yang sedang bertempat atau keadaan yang berbeda.

Perkembangan antropologi budaya ini sudah terjadi dalam konteks akhir abad ke-19, dan pada saat pertanyaan ini tentang kebudayaan manakah yang primiti dan yang mana yang beradab, tidak hanya ada dalam benak Marx dan Freud tetapi ada banyak orang lainnya. Kolonialisme dan prosesnya ini semakin sering membuat pemikir asal Eropa ini berhubungan secara langsung atau secara tidak langsun dengan bangsa yang lain yang primitive. Keadaan yang berbeda antara berbagai kelompok manusia yang sebagian memiliki teknologi modern dan sangat lah maju seperti mesin dan juga telegraf, sedangkan oada bagian lain tidak memiliki apa-apa kecuali dengan komunikasi yang tetap muka dan masih hidup dengan gaya paleoliti, yang sangat menarik perhatian angkatan pertama antropolog budaya.

Baca Juga:Sosial Budaya

Sejajar dengan perkembangan antropolog budaya di Amerkia Serikat, di Inggris antopologi social, dimana kesosialan ini merupakan sebuah paham inti yang berpusat pada penelitian mengenai kedudukan dan peranan social, kelompok, lembaga dan hubungan antaranya, dengan berkembangnya sebagai disiplin akademis. Suatu istilah perangkum, yaitu antopologi social- budaya, yang mengacu kepada baik ke antropologi budaya maupun social.

Gravatar Image
Seorang remaja yang mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang Traveller.