anggrek langka

Berbagai Macam Anggrek Langka yang Belum Kalian Ketahui

Posted on

Anggrek langka – Anggrek merupakan tanaman yang banyak digemari oleh banyak orang. Khususnya kalangan wanita dan pecinta tanaman  anggrek. Tanaman ini memiliki keindahan tersendiri dibanding jenis tanaman bunga yang lainnya.

Bunga anggrek ini banyak sekali jenisnya. Di Indonesia pun sudah banyak terdapat anggrek. Anggrek biasanya digunakan sebagai tanaman hias rumah karena bunganya yang cantik dan sangat indah.  Anggrek merupakan jenis tanaman yang memiliki bentuk unik dan juga indah.  Akan tetapi banyak juga jenis tanaman anggrek yang hampir punah.

Indonesia merupakan negara dengan tingkat keanekaragaman anggreknya tinggi, bahkan merupakan negara yang mempunyai tingkat keanekaragaman anggrek terbesar kedua setelah Brazil.  Dari banyaknya jenis anggrek yang ada di indonesia, tidak sedikit anggrek yang sudah menjadi tanaman endemik di indonesia.

Anggrek langka

Berikut ini bunga anggrek langka yang sudah tersebar di Indonesia maupun di seluruh dunia:

Anggrek tebu

anggrek tebu
anggrek tebu

Nama lain dari anggrek tebu ini adalah grammatophyllum. Anggrek ini merupakan anggrek yang paling besar dan juga terberat di antara anggrek yang lainnya.  Karena warnanya yang seperti harimau, sehingga membuat anggrek ini suka di beri sapaan dengan sapaan anggrek macan.  Keunikan tanaman anggrek ini membuat tanaman anggrek ini sangat di lindungi di Indonesia.

Anggrek tebu merupakan anggrek yg tahan lama dan juga tidak mudah layu. Meskipun telah di potong dari batangnya bunga anggrek ini bisa bertahan sampai 2 bulan. Tanaman anggrek ini tersebar secara alami mulai dari myanmar, laos,vietnam, malaysia, dan juga Indonesia.

Bunga anggrek tebu biasanya tumbuh di sela-sela didaerah dataran rendah yang beriklim tropis. Akan tetapi anggrek ini membutuhkan sinar matahari langsung. Karena batangnya yang mirip dengan batang tebu membuat anggrek ini di sebut dengan anggrek tebu.

Anggrek bulan

anggrek bulan
anggrek bulan

Anggrek bulan ini semacam dengan melati. Warnanya mirip dengan bunga melati. Tanaman anggrek bulan telah tersebar luas melalui dari malaysia, filipina, australia, dan juga indonesia. Bunga anggrek ini mempunyai daun yang berwarna hijau dan bentuk nya juga memanjang.

Anggrek ini sangat menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya.  Bunga anggrek ini memiliki sedikit keharuman dan waktu mekarnya sangatlah lama. Akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang.

 Anggrek Hartinah

Anggrek hartinah juga dikenal sebagai Tien Suharto. Tanaman anggrek yang satu ini adalah tanaman yang tumbuh di daerah tertentu saja. Anggrek hartinah juga merupakan anggrek tanah merumpun dalam pertumbuhannya.

Anggrek hartinah sangat menyukai tanah yang terbuka. Daunnya berbentuk pita yang berujung meruncing dengan panjang rata-rata 1.700 meter. Bunganya berbentuk bintang dan bertekstur tebal. Antara mahkota dan daun kelopaknya sama besarnya.

Anggrek kantung kolopaking

anggrek kantung kolopaking
anggrek kantung kolopaking

Jenis anggrek yang satu ini mempunyai daun hijau tua yang berbentuk bulat pada ujungnya sepertihalnya pita.  Kelangkaan tanaman anggrek ini disebabkan karena perusakan habitat dari perluasan lahan, kebakaran hutan, dan juga pemburuan liar.

Tanaman anggrek ini sudah terdaftar sebagai tanaman yang terancam tinggi menurut IUCN.  Hal tersebut terjadi karena harga jual tanaman ini yang menjulang tinggi. Anggrek ini memiliki nama lain yaitu, paphiopedilum kolopakingii fowlie.

Anggrek larat

anggrek larat
anggrek larat

Anggrek larat merupakan jenis tanaman anggrek yang langka dan harus dilindungi. Jenis anggrek ini tumbuh di daerah dengan suhu diantara 50F sampai 90F. Budidaya pada tanaman anggrek ini mulai dilaksanakan guna untuk tidak terjadi kepunahan lebih lanjut.

Anggrek larat yang sedang berbunga tdiak boleh terkena suhu dingin, kalau terkena maka bunganya akan menjadi busuk.  Anggrek ini bisa ditanam di pot maupun dengan menggunakan media tanam.  Bunga dari anggrek ini berwarna ungu muda. Kalau bunganya mekar dengan baik maka daun itu dalam keadaan sehat.

Anggrek kasut kumis

Anggrek bisa di bilang dengan kembaran dari kantung semar, karena bentuknya berkantung dan juga berbulu. Maka dari itu anggrek ini di berinama  kasut kumis karena terdapat bulu yang sama dengan kumis.

Bunga anggrek kasut kumis ini memiliki warna perpaduan dari warna ungu dan juga hijau. Perpaduan warna ini membuat anggrek kasut kumis ini semakin indah dan serasi. Anggrek kasut kumis ini mempunyai nama lain yaitu Paraphalaenopsis Chamberlainianum.

Anggrek kebutan

anggrek kebutan
anggrek kebutan

Anggrek kebutan ini merupakan anggrek langka yang dilindungi  negara. Istilah kebut-kebutan mengingatkan kita pada kebiasaan naik motor dengan kecepatan laju yang tinggi, akan tetapi bukan berarti tanaman anggrek kebutan ini bisa melaju layaknya seperti motor.

Warna tanaman anggrek kebutan yaitu oranye. Warna yang di miliki tanaman anggrek kabutan sangatlah indah. Membuat semua orang yang melihatnya akan sangat ingin memilikinya. Warna tersebut berkerumun didalam satu tangkai.

Anggrek sendok

anggrek sendok
anggrek sendok

Dari namanya saja kita bisa menilainya kalau bentuk dari tanaman anggrek sendok ini semacam alat makan yaitu sendok. Nama lain dari anggrek sendok adalah Spathoglottis zurea. Warna kuning yang cerah dengan sedikit tambahan warna di tengahnya yaitu merah  membuat anggrek sendok ini terlihat menarik.

Dengan warna dan juga bentuk yang menarik dan juga indah membuat semua orang akan mengingnkan sekali bunga anggrek ini akan tetapi anggrek ini sudah terbilang bunga yang langka, bahkan hampir punah.

Anggrek hitam

anggrek hitam
anggrek hitam

Anggrek hitam banyak dijumpai di kalimantan dan sumatera. Nama lain dari anggrek hitam ini adalah Coelogyne Pandurata. Saat ini habitat asi anggrek hitam ini mengalami penurunan drastis. Anggrek hitam ini meiliki lidah berwarna hitam dengan detambah sedikit garis-garis berwarna hijau dan juga brebulu.

Bunga anggrek hitam ini memiliki bau yang harum semerbak.  Biasanya bunga anggrek hitam ini mekar di bulan maret sampai juni saja.  Daunnya kalau dilihat sekilas seperti daun pada tunas kelapa muda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Kunjungi terus menerus website kami dan dapatkan informasi terbaru lainnya. Terima Kasih.