alat musik gamelan
alat musik gamelan

Alat Musik Gamelan dan Cara Memainkannya

Posted on

Alat musik gamelan – Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari daerah jawa timuran. Gamelan merupakan ensebel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan juga gong.  Irama musik umumnya lembut dan juga mencerminkan keselarasan hidup, sebagaimana prinsip hidup yang sudah dianut oleh semua masyarakat daerah jawa.

gamelan
gamelan

Sejarah gamelan

Jika kita mengingat masa lalu, sebenarnya pada awalnya gamelan hanya terdiri atas satu buah gong yang besar. Kemudian seiring waktu berjalan lama-lama dari satu buah gong yang besar ditambahkan dengan gong-gong yang ukurannya lebih kecil dan juga dengan berbagai ragam bentuk seperti halnya yang kita jumpai sekarang ini.

Menurut orang daerah jawa, gamelan ini di ciptakan oleh dewa yang sedang menguasahi daerah jawa yaitu Sang Hyang Guru. Sang hyung guru mendiami gunung mahendra atau sering disebut dengan gunung lawu.

Di zaman dahulu gamelan tersebut dibuat untuk berkomunikasi dan memanggil para dewa. Akan tetapi supaya bisa menyampaikan pesan yang lebih khusus akhirnya dibuat 2 macam gong yang menjadi cikal bakal dari gamelan secara umum seperti halnya sekarang ini.

Asal usul nama gamelan

Nama gamelan berasal dari 2 suku kata gamel dan imbuhan an. Kata gamelan berasal dari bahasa jawa gamel mempunyai arti memukul atau bisa juga menabuh dan imbuhan an diartikan kata benda.  Sedangkan istilah gamelan mempunyai arti satu kesatuan alat musik yang dimainkan secara bersama.

Alat alat musik gamelan

Kendang

Kendang merupakan instrumen di dlama gamelan jawa tengah dan jawa barat. Kendang mempunyai fungsi utama dalam mengatur irama. Kendag ini dimainkan dengan tangan tanpa harus menggunakan alat bantu. kendang merupakan salah satu alat musik gamelan.

Kendag juga mempunyai berbagai macam kendang, mulai dari yang ukurannya kecil sering disebut ketipung, yang ukurannya sedang sering disebut dengan sebutan kendang ciblon atau kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi yaitu bernama kendang gedhe, biasanya kendang ini disebut dengan kendang kalih.

Akan tetapi untuk acara wayang terdapat satu kendang lagi yaitu kendang kosek. Kendang kebanyakan dimainkan oleh pemain gamelan yang profesional, yang sudah lama menyelami adat budaya jawa. Kendang dimainkan dengan naluri pengendang, sehingga jika dimainkan oleh satu orang dengan rang lain maka akan berbeda nuansanya.

Pembuatan kendang

Kendang terbuat dari kayu nangka, kelapa atau cempedak. Untuk bam menggunakan kulit kerbau. Bam merupakan permukaan bagian yang memancarkan ketukan yang mempunyai nada rendah. Sedangkan chang menggunakan kulit kambing. Chang adalah permukaan luar yang memancarkan ketukan yang mempunyai nada tinggi.

Untuk tali yang berbentuk huruf Y atau bisa disebut tali rotan, dapat di kencangkan maupun di kendorkan guna untuk mengubah nada dasar. Semakin kencang tarikan kulitnya maka akan semakin tinggi juga nada yang di hasilkannya.

Saron

Saron mempunyai nama lain yaitu ricik. Saron atau ricik merupakan salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga dari balugan. Di dalam satu gamelan biasanya terdapat 4 saron. Dan semua saron memiliki pelog dan selendro.

Saron dapat menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil.  Tubuh saron terbuat dari kayu berbentuk seperti palu. Untuk mamainkan saron ini perlu menggunakan alat bantu. saron juga merupakan alat musik gamelan.

Peran saron ini sangatlah besar sekali. Hal tersebut telah terbukti dengan dalam satu set gamelan terdapat berbagai macam saron yang digunakannya dengan nada pelog dan juga slendro. Teknik yang biasa di mainkan saron adalah mbalung, tabuhan pinjalan, tabuhan imbal, pancer.

Demung

Demung merupakan salah satu anggota dari instrumen gamelan yang tergolong juga dengan keluarga balungan sama seperti saron. Bentuk dari demung ini juga sama dengan saron, bahkan terlihat mirip. Demung juga mempunyai dua versi yaitu pelog dan slendro.

Cara menabuh demung biasanya sesuai dengan nada. Untuk cepat lambatnya dan juga keras lemahnya penabuhan demung tergantung pada komando yang memimpin jalannya lagu tersebut yaitu kendang dan juga jenis gendhingnya.

Pada saat dalam kondisi imbal, maka demung ditabuh dengan cepat dan juga keras. Cara meminkan demong ini adalah dengan cara tangan kanan memukul bagian logam dengan tabuh sedangkan tangan kiri memencet logam yang baru saja di pukul. Hal tersebut guna untuk mengecilkan suara yang dihasilkannya.

Kenong

Kenong merupakan salah satu alat musik yang menyusun gamelan. Cara memainkan kenong adalah dengan memerlukan bantuan dari alat pukulnya.  kenong berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra, yaitu menegaskan irama.

Kenong tergolong dalam alat musik berpencu, akan tetapi ukurannya lebih besar daripada bonang. Alat pukulnya  terbuat dari kayu yang dililit dengan kain. Dalam satu st bervariasi tetapi biasanya sekitar kurang lebih 10 buah.

Di dalam permainan gamelan, suara kenong mengisi selal-sela antara kempul.  Bentuk yang dimiliki kenong yang besar menghasilkan suara yang rendah, akan tetapi tidak nyaring dengan tmber yang khas.

Slenthem

Slenthem termasuk dalam salah satu instrumen gamelan yang terdiri dari lembaran lebar logam yang tipis yang diuntai dengan tali dan juga direntangkan di atas tabung-tabung dan menghasilkan dengungan rendah atau gema yang mengikuti nada saron, ricik, dan juga balungan jika di mainkan atau di tabuh.

Cara memainkan slenthem ini dengan cara sama seperti hal nya saron, balungan, dan juga ricik, yaitu ditabuh. Pada saat menabuh slenthem di butuhkan naluri atau perasaan yang lebih untuk sang penabuh guna untuk menghasilkan gema ataupun  bentuk dengungan yang sangat baik.

Demikian informasi tentang alat musik gamelan yang dpaat kami sampaikan. Terus kunjungi website kami dan dapatkan informasi yang lebih terbaru lainnya. Terima kasih.