perangkat komputer
perangkat komputer

15 Macam Perangkat Komputer yang Wajib Kamu Ketahui!

Posted on

Komputer berasal dari kata Computare yang artinya adalah menghitung. Secara bahasa komputer dapat didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. Secara umum, komputer diartikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.

Dapat disimpulan komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukkan data, mengolah data, dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa teks, gambar, audio, maupun video.

Dari seperangkat komputer desktop terdiri oleh beberapa bagian. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa macam perangkat komputer beserta fungsinya. Jika ada bagian yang berisi kata opsional berarti perangkat tersebut tidak wajib untuk dipasang. Langsung saja kita simak ya!

alat komputer
alat komputer
  1. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan bagian yang terpenting dari komputer. Dikarenakan CPU merupakan pusat dari komputer. Semua perangkat yang lain seperti mouse, keyboard, monitor, dll akan di pasang di komputer. Di dalam CPU juga terdapat motherboard yang tertanam prosesor yang merupakan otak dari komputer. Dan di dalam CPU juga terpasang hard disk.

  1. Monitor

Monitor merupakan perangkat yang berfungsi untuk melihat apa yang sedang kita kerjakan di layar komputer. Jika kita tidak menggunakan monitor, maka seolah-olah kita “buta” saat menggunakan computer. Maka dari itu, monitor merupakan perangkat yang sangat terpenting di komputer. Monitor memiliki tiga jenis yaitu monitor CRT, LCD, dan LED.

  1. Keyboard

Perangkat yang satu ini berisi berbagai tombol, angka, huruf, dan beberapa fungsi lainnya. Keyboard merupakan sesuatu yang sangat berguna saat kita hendak mengetik di komputer. Selain itu, keyboard berfungsi sebagai shortcut suatu fungsi tertentu sehingga bekerja di komputer menjadi lebih mudah.

  1. Mouse

Mouse atau disebut dengan tetikus adalah perangkat yang bentuknya seperti tikus dan terdapat sensor atau bola di bawahnya. Mouse memiliki fungsi yaitu untuk menggerakkan kursor yang sering ditandai dengan arah panah. Kursor merupakan sesuatu yang sangat penting, karena kita mudah untuk memberi perintah pada komputer. Mouse juga bisa dikatakan sebagai alat alternative jika layar komputer tidak layar sentuh.

  1. Speaker

Perangkat komputer yang dapat mengeluarkan output suara adalah speaker. Namun yang sebenarnya speaker tidak terlalu penting untuk dipasang. Tapi karena saat ini sudah banyak orang yang menggunakan komputer sebagai sarana multimedia, speaker menjadi hal yang penting. Speaker biasanya berjumlah sepasang dan biasanya di tempatkan di sebelah kanan dan kiri monitor.

  1. Joystick (Opsional)

Jika Anda merupakan salah satu orang yang suka bermain game di komputer seperti di konsol, maka Anda perlu untuk memiliki sebuah atau sepasang joystick.

  1. Printer (Opsional)

Perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen atau gambar pada komputer pada suatu kertas disebut dengan printer. Printer sangat berguna jika Anda ingin mencetak dokumen makalah, laporan, atau skripsi. Namun jika Anda jarang menggunakannya, sebaiknya Anda hanya mencetaknya di jasa printer yang terdekat.

  1. Trackpad (Opsional)

Trackpad merupakan perangkat yang berfungsi sebagai menggerakkan kursor. Namun, biasanya trackpad ini terdapat di laptop. Saat ini bagi pengguna Windows jarang menggunakan trackpad. Namun produsen komputer Mac masih menjual trackpad.

  1. Drawing Pad (Opsional)

Drawing pad sangat cocok bagi Anda yang suka menggambar dengan menggunakan komputer. Hasil gambar yang Anda buat akan sama seperti hasil gambar dengan menggunakan kertas biasa jika digambar dengan bantuan drawing pad.

  1. Modem(Opsional)

Modem termasuk perangkat komputer yang memiliki fungsi untuk menerima dan mengirim data ke server. Biasanya modem digunakan untuk berselancar di internet.

  1. Headset (Opsional)

Headset atau disebut dengan headphone memiliki fungsi yang sama seperti speaker. Yakni mengeluarkan suara. Headset berada sangat dekat di kedua telinga. Biasanya para gamers sangat sering menggunakan headset di saat bermain game supaya tidak mengganggu pada orang di sekitarnya.

  1. Scanner (Opsional)

Scanner berfungsi sebagai menyalin data analog (tulisan/gambar di kertas) dan mengubahnya menjadi data digital. Perangkat ini sangat sering menyatu dengan printer yang sehingga dapat berfungsi sebagai mesin fotokopi.

  1. Webcam (Opsional)

Webcam memiliki fungsi yang sama dengan kamera depan ponsel yaitu untuk ber selfie maupun melakukan video call.

  1. Microphone (Opsional)

Microphone adalah perangkat pengubah suara menjadi suara digital dan memiliki fungsi untuk merekam suara kita. Biasanya perangkat ini digunakan oleh para konferensi, pemain game, atau untuk melakukan video call.

  1. Barcode Scanner (Opsional)

Barcode scanner adalah alat pembaca barcode dan memiliki kode yang berupa garis-garis yang biasanya terdapat pada bungkus makanan. Barcode scanner sangat berguna bagi para kasir di supermarket untuk mempermudah mencatat pembelian.

Sekian dari artikel saya, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi Anda.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..

Saran dan kritik dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com.