peralatan fotografi
peralatan fotografi

Alat Bantu Fotografi yang Bikin Hasil Fotomu Keren

Posted on

Alat bantu dari fotografi terbagi menjadi 2 yaitu alat bantu fotografi pemotretan dan alat bantu fotografi pencahayaan. Dalam pemotretan, pasti menggunakan kamera, selain itu kita juga memerlukan alat pendukung untuk memaksimalkan hasil pemotretan kita. Alat pendukung sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam setiap pemotretan, dan penggunaan alat bantu fotografi tergantung pada kebutuhan. Penggunaan alat bantu fotografi dapat mempengaruhi hasil pemotretan yang akan kita dapatkna. Semua tergantung pada sejauh mana kreatifitas Anda dalam menciptakan karya.

alat bantu fotografi
alat bantu fotografi

Alat bantu pemotretan

  1. Filter

Alat ini digunakan sebagai penyaring, filter dalam fotografi berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk sehingga dapat menimbulkan efek yang dapat kita inginkan. Penggunaan ini dipasang diujung lensa. Bentuk filter ada 2 yaitu kotak dan bulat. Jika filter yang digunakan kotak harus menambahkan ring khusus di depan lensa, jika menggunakan filter yang berbentuk bulat, harus memperhatikan diameter dari lensa kamera yang di gunakan. Cahaya yang datang ke lensa agar menimbulkan efek yang sesuai dengan jenis filter yang di gunakan.

  1. Tudung lensa

Alat ini berfungsi sebagai menghilangkan cahaya yang tidak diinginkan masuk ke dalam lensa. Di karenakan cahaya tersebut biasanya menyebabkan flare pada hasil pemotretan. Flare menyebabkan hasil foto rusak dikarenakan menurunkan kontras dan mengurangi pada saturasi warna. Alat ini sangat bermanfaat terutama pada pemotretan yang langsung berhadapan dengan arah datangnya cahaya.

  1. Tripod

Tripod atau disebut dengan kaki tiga, yang berfungsi sebagai penyangga kamera saat pemotretan agar kamera tidak mengalami guncangan atau disebut dengan shaking. Tripod biasanya digunakan pada pemotretan yang menggunakan kecepatan rendah/lambat dan dapat menopang lensa panjang.

  1. Monopod

Monopod mmemiliki fungsi yang sama seperti tripod. Hanya bentuk saja yang berbeda yaitu hanya satu kaki dan lebih praktis untuk digunakan.

  1. Kabel release

Kabel release berfungsi untuk menghindari goncangan saat shutter ditekan, dikarenakan saat memakai alat ini kita tidak perlu repot-repot untuk menekan shutter secara langsung. Penggunaan ini dipasang pada soket kabel release yang pada umumnya terdapat tombol shutter.

  1. Background

Background atau kain ini biasanya sering digunakan di saat berbagai situasi pemotretan. Biasanya digunakan untuk pemotretan studio dengan berbagai macam gambar, pola, dan warna.

  1. Stand background

Alat ini berfungsi sebagai pembantu berdirinya background yang di gunakan. Stand beckground sebaiknya memiliki 2 stand untuk penyangga yang dapat di naik turunkan sesuai kebutuhan.

alat bantu pencahayaan
alat bantu pencahayaan

Alat bantu pencahayaan

  1. Flash atau blitz

Biasanya digunakan di saat pemotretan yang bercahay kurang/minim, misalnya pemotretan pada malam hari. Meski demikian, juga dapat menggunakan flash pada siang hari, saat cahaya sudah cukup terang/banyak. Biasanya penggunaan flash pada siang hari untuk fill in.

  1. Slave unit

Slave unit atau disebut dengan alat sensor. Cara kerja ini adalah menangkap cahaya dari main light (sumber cahaya utama) kemudian menyalakan sumber cahaya lainnya yang terhubung dengan slave unit.

  1. Kabel sinkro

Kabel sinkro berfungsi untuk membantu menyalakan pada flash tambahan atau sumber cahaya pemotretan yang lain. Cara menggunakan kabel sinkro adalah menghubungkan dari sumber cahaya tambahan ke body kamera.

  1. Strobo

Alat ini bentuknya lebih besar dan cahaya yang di hasilkan juga lebih besar. Strobo sangat mirip dengan flash pada kamera. Alat ini memiliki sensor yang dapat menangkap cahaya utama. Dan dapat menjadikan strobo menyala yaitu dengan otomatis ketika ada cahaya utama (main light) yang dinyalakan. Kekuatan cahaya yang dihasilkan oleh strobe bisa diatur dengan sesuai keinginan.

  1. Payung reflector

Jika menggunakan alat ini, sifat cahaya yang dihasilkan akan lebih luas sehingga bayangan dan cahaya keseluruhan menjadi lebih lembut. Paying ini memiliki bermacam-macam warna. Warna standar yang dimiliki yaitu putih, tapi juga ada yang berwarna perak yang dapat menghasilkan cahaya lebih kuat, dan warna emas yang menghasilkan cahaya yang hangat. Sumber cahaya inilah berasal dari strobo.

  1. Soft box

Kotak yang terbuat dari kain yang berbentuk seperti pyramid, inilah soft box.  Cahaya yang dihasilkan lebih lembut daripada cahaya yang dihasilkan oleh paying reflector. Soft box memiliki bermacam-macam ukuran , dan sumber cahaya soft box juga berasal dari strobe.

  1. Barndoors

Bentuk dari bandoors adalah persegi dan memiliki warna yang gelap. Dan biasanya dipasang pada soft box. Alat ini sangat berguna untuk mengarahkan cahaya yang keluar dari sumber cahaya.

  1. Honeycomb

Alat ini sejenis dengan filter. Dengan bentuk bundar seperti sarang tawon, dan dipasang pada lampu/ sumber cahaya. Memiliki fungsi menghaluskan cahaya yang jatuh kea rah objek.

  1. Light stand

Alat ini biasanya digunakan untuk menyangga pada lampu studio.

  1. Flash meter

Flash meter sebagai pengukur kekuatan sumber cahaya dalam pemotretan indoor maupun outdoor. Alat ini lebih akurat dibandingkan light meter yang ada pada kamera.

Inilah beberapa alat bentu pemotretan dan alat bantu pencahayaan pada fotografi. Sekian dari artikel saya, jika ada kritik, saran, dan pertanyaan dapat menguhubungi kontak saya :-facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Dadah..