Wajib Baca! 8 Cara Menghargai Diri Sendiri agar Terasa Bahagia

Posted on

Cara menghargai diri sendiri, terkadang memang sulit rasanya untuk kita merasa bahagia atas kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Seharusnya kita merasa bahagia dan nyaman tanpa harus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Namun, tidak semua orang bisa melakukan hal seperti itu. Hm, kalau boleh jujur, saya sendiri jika melihat orang lain dari segi prestasi ataupun fisik, rasanya itu saya tidak ada apa-apanya, tetapi apakah kita selalu berpikir seperti itu? Yang ada hanyalah kita selalu merasa sedih,beban,stress bahkan frustasi. Jadi, kemudian saya berpikir dan berusaha untuk menghibur diri sendiri,menghargai dan patut berbangga pada diri sendiri. Jika kita selalu melihat keistimewaan dan sesuatu yang dimiliki orang lain kita tak akan pernah bersyukur, padahal, manusia diciptakan oleh Tuhan untuk selalu bersyukur dan pada hakikinya, Tuhan juga menciptakan manusia di dunia pasti memiliki tujuan tertentu dan keistimewaan tersendiri, bahkan orang lain pun tak perlu mengetahuinya.

So, buat apa mikir pusing-pusing, toh juga udah ada yang ngatur kan, kita hanya menjalaninya saja, dan Tuhan juga tidak akan merubah seseorang kecuali seseorang itu yang merubahnya. Oke sobat.
Maka disini kita supaya enjoy aja ya. Itulah kenapa kita harus menghargai diri sendiri ya sobat.

Tapi bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara menghargai diri sendiri, dan masih selalu beban terhadap dirinya, disini saya akan memberikan beberapa tips cara ampuh dan terbaik menghargai diri sendiri. Mari simak artikel ini ya sobat!

menghargai diri sendiri
menghargai diri sendiri
  1. Meluangkan Waktu Untuk Merenungkan Diri

Hal yang pertama untuk dilakukan adalah, kamu harus meluangkan waktu khusus buat kamu. Jadi di waktu tersebut kamu berhenti sejenak untuk merenungkan dirimu sendiri. Waktu yang dibutuhkan tak perlu lama hanya saja agar dirimu lebih fokus pada pikiran sehingga merasa nyaman. Jika kamu sering meluangkan waktu untuk fokus pada pikiran diri sendiri tetapi bukan berarti melamun ya sobat. Melamun itu pikiran kamu sedang kosong, namun yang dimaksud disini adalah memikirkan kejadian,hal-hal apa saja yang harus kamu rubah agar menjadi lebih baik.

  1. Memulai dengan mencintai diri sendiri dan kamu itu merasa sangat berarti

mencintai diri sendiri
mencintai diri sendiri

Hal selanjutnya adalah kamu harus mencintai diri sendiri, yaitu kamu mencoba untuk supaya bercermin melihat penampilan pada dirimu apakah pantas, dan kamu bisa memberi pujian terhadap dirimu sendiri dan selalu bersikap positif thinking. Selalu tersenyum kepada siapa saja, dengan kamu tersenyum maka akan membuat dirimu akan terasa lebih bahagia. Dengan cara mencintai diri sendiri hal lain juga bisa kamj rasakan yaitu dengan mencari-cari kelebihan dirimu dan apa saja kekurangannya. Misal, di sekolah kamu pernah mengikuti perlombaan kemudian berhasil meraihnya maka bisa jadi itu adalah kelebihan yang kamu dapatkan atau kamu pandai berbicara. Maka itu akan membuatmu sangat berarti. Karena kelebihan yang kamu miliki belum tentu dimiliki orang lain. Adapun kekurangan bisa kamu rasakan jika kamu mungkin tidak bisa menjawab soal matematika atau sebagainya.

Namun, kekurangan itu bisa menjadi potensi agar kamu bisa merubahnya dengan belatih dengan giat. Kini kamu akan lebih mencintai diri sendiri. Lalu hal yang kamu hindari adalah jangan sesekali kamu membandingkan kekuranganmu dengan orang lain, hal ini akan membuat dirimu tak bersemangat kembali dan merasa tak berarti.

  1. Apapun masalah yang terjadi padamu, harus bisa menangani dengan baik

Setiap manusia pasti memiliki masalah, jika kamu sedang mendapatkan masalah kamu harus bisa menangani dengan baik,mencari solusinya. Dan jika masalah itu adalah hal sepele, kamu bisa menganggap semua masalah itu baik-baik saja. Berusaha menenangkan diri sendiri. Jika ada seseorang yang mengkritik jelek terhadapmu atau berbicara yang membuatmu sakit hati. Jangan kamu hiraukan, tetap selalu menghibur diri sendiri, agar kamu tak terbebani dengan ucapan itu. Namun, jika ada suatu masalah yang berat kamu dapat meminta bantuan kepada orang lain, atau oranhg yang kamu angga dapat dipercaya, atau mungkin jika orang tuamu dapat diajak curhat kamu bisa mencerikatakannya kepada mereka karena bagaimana juga mereka orang tuamu dan yang lebih berpengalaman. So, mencintai diri sendiri bukan berarti semua masalah kamu hadapi dengan sendiri. Karena setiap manusia pasti memiliki keterbatasan.

  1. Melakukan aktivitas yang membuat dirimu bahagia

Maksud disini melakukan aktivitas yang membuatmu bahagia bukan berati hal yang negatif lho ya… tetapi kamu bisa melakukan sesekali seperti travelling, berolahraga, membuat eksperimen yang membuat kamu menambah wawasan dsb. Jika kamu melakukan aktivitas seperti itu, maka pikiranmu menjadi fresh dan tubuhmu terasa lebih sehat. Jadi tak terbebani masalah ataupun hal yang terjadi pada dirimu. Kamu justru terasa lebih enjoy.

  1. Tumbuhkan rasa sifat kekanak-kanakan dalam dirimu

Terkadang umur menentukan sifat kepribadian seseorang, atau ada juga yang mengatakan umur tidak menentukan sifat dewasa seseorang. Perkataan tersebut sebenarnya tidak 100 persen benar. Tetapi, pada dasarnya umur merupakan mental seseorang untuk menghadapi kehidupannya, dan karakter ataupun kedewasaan menyesuaikan seseorang dari didikan orang tua ataupun pergaulan teman. Seseorang tidak selamanya harus bersikap dewasa adakalanya mereka bersifat kekanak-kanakan untuk menghibur dirinya dan mencoba flashback masa kecil. Jadi, apa salahnya jika Anda sesekali melakukan sifat kekanak-kanakan ya seperti bermain kelereng, busa sabun, berbaring di alam yang bersuasana sejuk dsb, agar membuat jiwa Anda menjadi rileks dan tenang. Tetapi hal tersebut Anda hanya melakukan sesekali saja, jangan sampai sering, karena umur kita juga menentukan sikap kepribadian kita. Jika Anda seirng maka bisa jadi Anda masih benar-benar bersikap kekanak-kanakan. Wah, hati-hati ya..

  1. Berusaha memafkan diri sendiri

Setiap orang pasti memiliki kesalahan ataupun masa lalu. Jika kamu merasakannya maka kamu berusaha melupakannya jangan sampai mengungkit-ungkit lagi. Buat apa memikirkan hal-hal yang telah terjadi? Lebih baik, kamu memikirkan rencana atau hal-hal kedepan yang membuatmu bisa menjadi lebih baik lagi sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

  1. Melakukan kegiatan penting untuk diri sendiri terlebih dahulu

Setelah kamu memaafkan untuk dirimu sendiri, kini saatnya kamu bangkit dan melihat potensi apa saja yang harus kamu miliki, apakah selama ini yang kamu lakukan adalah potensi dari diri sendiri atau bukan? Karena kebahagiaan sejati adalah ketika kamu berhasil meraih kesuksesan dengan potensi dan kemauan dari diri sendiri bukan orang lain. Kamu sebenarnya boleh menuruti keinginan orang lain, tetapi keinginanmu supaya kamu wujudkan juga, jangan sampai tertutup dengan keinginan orang lain.

Nah, itulah tadi 7 cara menghargai diri sendiri agar terasa bahagia, dan pastinya kamu lebih bersyukur. Apakah kamu sudah mengetahui tentang sosok dirimu sesungguhnya? Jika kamu ingin melakukan, maka lakukanlah dari sekarang, jangan menunda-nunda ya, selagi masih ada kesempatan buat apa disia-siakan? Buatlah pribadimu menjadi lebih berarti.

Semoga selalu sukses, dan artikel saya dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Sekian.

Sampai bertemu di episode artikel berikutnya ya…