7 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Yang Ampuh Dan Alami

Posted on

Saat sudah memasuki musim penghujan, seperti sekarang ini, biasanya akan banyak sekali gerombolan nyamuk yang datang kerumah kita tanpa permisi. Tentu keberadaan nyamuk ini sangatlah mengganggu, terlebih lagi saat kita ingin tidur, pasti kebanyakan orang kesulitan untuk tidur, di karenakan oleh nyamuk ini. untuk mengatasi supaya nyamuk tidak datang kerumah kita lagi, sebenarnya ada cara alami yang ampuh. Yaitu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah.

Ya, kali ini kita akan membahas tentang jenis tanaman hias pengusir nyamuk. Sama halnya dengan tanaman hias yang tahan dengan sinar matahari, jenis tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk ini memang menyimpan banyak alasan tersendiri mengapa nyamuk dan serangga kecil seperti lalat atau sebagainya tidak menyukainya. Kebanyakan, tanaman pengusir nyamuk mempunyai aroma yang khas dan menyengat, sehingga membuat nyamuk, dan serangga kecil pergi, karena tidak suka dengan bau yang di keluarkan tanaman tersebut.

Sama halnya dengan tanaman lain, tanaman pengusir nyamuk juga ada banyak sekali jenisnya, yang anda dapat pelihara di dalam rumah, maupun di luar rumah. Beberapa jenisnya mungkin anda sudah mengetahuinya, namun ada juga yang anda belum ketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hias pengusir nyamuk. Berikut adalah penjelasanya:

  1. Serai Wangi

Jenis tanaman hias pengusir nyamuk yang pertama yaitu adalah tanaman serai wangi. Serai wangi merupakan tanaman perdu yang biasa di gunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Tanaman serai wangi ini memang berguna untuk campuran bumbu masakan. Ternyata, setelah di teliti, ternyata tanaman serai wangi bukan hanya berguna untuk campuran bumbu masakan saja, melainkan tanaman ini mamapu membuat nyamuk pergi dari lingkungan rumah kita.

Mengapa demikian, karena tanaman serai wangi ini mengandung kandungan sitronnellol dan gerainol yang banyak. Kandungan ini mengeluarkan aroma yang mana, aroma ini tidak sukai oleh sang nyamuk. Bahkan, zat sitronellolnya itu dapat membuat nyamuk mati, dan tidak bisa hidup kembali.

  1. Lemon Balm

Jenis tanaman hias pengusir nyamuk yang kedua adalah tanaman lemon balm. Tanaman herbal lemon balm ini berasal dari keluarga mint lamiaceae, dan pertama kali di temukan di Negara Eropa, Asia Tengah, Afrika Utara, dan di Mediterania. Di Negara kita ini, yaitu Indonesia, tanaman lemon balm ini di manfaatkan sebagai bahan makanan, minuman, dan juga sebagai obat. Salah satu kehebatan dari tanaman lemon balm ini, yaitu mempunyai kemampuan untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah kita.

  1. Daun Selasih

Jenis tanaman pengusir nyamuk yang ketiga adalah tanaman Daun selasih. Mungkin anda sudah familiar, atau sudah tahu dengan tanaman ini. tanaman ini merupakan tanaman semak tahunan yang bisa anda tanam di dalam ruangan. Selain untuk memperindah ruangan, keberadaan tanaman daun selasih ini juga dapat membantu anda untuk mengusir, atau menghalau komplotan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah anda. selain di tanam di dalam ruangan, tanaman ini juga dapat di letakan di luar ruangan, biasanya di letakan di dekat pintu, atau di dekat jendela.

  1. Bunga Lavender

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah tanaman bunga lavender. Bagi kalian para pecinta tanaman hias, mungkin sudah tidak asing dengan tanaman ini. bunga lavender adalah tanaman hias yang berfungsi untuk mengusir serangga penghisap darah yang bernama nyamuk yang berada di dalam rumah anda. kehebatan dari bunga lavender ini sudah tidak perlu di buktikan lagi. Sekarang, telah banyak pembuatan lotion anti nyamuk, yang mana pembuatanya dari bunga ini.

  1. Bawang Putih

Jenis tanaman selanjutnya adalah tanaman Bawang Putih. Selain buahnya yang dapat di jual, bawang putih ternyata merupakan jenis tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh. Di Negara india, bawang ini di jadikan sebagai minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam, yang mana, terkandung 1% ektraknya atau bahan pembuatanya itu berasal dari bawang putih ini. bukan hanya itu saja, bawang putih juga dapat membunuh larva nyamuk, karena bawang putih ini mengandung zat belerang.

  1. Bunga Rosemary

Jensi tanaman selanjutnya adalah bunga Rosemary. Bunga Rosemary merupakan jenis bunga yang tahan banting terhadap sinar panasnya matahari, tanaman ini dapat tumbuh melalui system pencangkokan, dan tahan terhadap penyakit hama pula. Tanaman yang mempunyai bunga yang cantik ini dapat mengeluarkan aroma wangi, yang mana aroma tersebut dapat mengacaukan indera penciuman, dan daya efektivitas radar nyamuk. selain untuk pembashmi nyamuk, ternyata tanaman rosemary ini juga dapat di konsumsi.

Dikarenakan baunya yang sangat menyengat, tanaman ini dapat menjadi tanaman andalan anda, bagi anda yang sudah jengkel dengan adanya nyamuk di rumah anda, cobalah memakai tanaman yang satu ini.

  1. Bunga Geranium

Jenis tanaman pengusir nyamuk yang terakhir yaitu tanaman Bunga Geranium. Bunga yang mempunyai kelopak yang cantik, dan warnanya yang indah ini juga anda dapat tanamn di sekitar rumah anda, semisal di dinding luar dekat pintu masuk, atau di tempat lainya. Kehadiran bunga geranium ini juga tidak di sukai oleh sang nyamuk, sehingga tanaman ini juga dapat anda gunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumah anda.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias pengusir nyamuk alami yang paling ampuh bila di letakan di dalam rumah anda. sebenarnya masih ada banyak sekali jenis-jenisnya, jika anda ingin tahu lebih lanjut, selalu pantau terus artikel, atau website saya ini. supaya anda dapat informasi yang lebih menarik lagi. Sekian artikel dari saya ini. semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.