7 Tanaman Hias Air Yang Cantik dan Indah

Posted on

Tanaman air atau yang biasanya di sebut dengan nama hidrofit, adalah jenis tumbuhan yang telah beradaptasi untuk bisa hidup di lingkungan yang cenderung basah, atau di perairan,baik hidupnya terbenam sebagian, atau seluruh tubuhnya. Ada banyak sekali tanaman hias air, mulai dari tanaman hias air kolam, maupun tanaman hias akuarium. Dengan kehadiran tanaman air ini bisa mempercantik dan memperindah kolam atau akuarium di rumah anda.

Selain untuk mempercantik kolam atau akuarium, ternyata ada juga jenis tanaman air yang berguna sebagai pembersih kolam. Bagi kalian yang membeli tanaman air ini, sudah pasti anda tidak akan sulit menemukanya. Sekarang sudah banyak penjual khusus tanaman air, di kota, maupun di desa. Mulai dari tanaman air yang menyerupai rumput, sampai menyerupai bunga yang indah, salah satunya yaitu tanaman teratai dan tanaman lotus.

Baca juga : Tips Membuat Tanaman Hidroponik

Tanaman air ini biasanya di jual dalam ember plastik yang praktis, dan dapat di bawa dari tempat yang jauh. Dan, ember ini juga bisa langsung di gunakan sebagai wadah tanaman penghias kolam anda. jika anda tertarik ingin membeli tanaman air ini. berikut adalah jenis-jenis tanaman hias air yang cantik dan indah. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. Bunga Teratai

    bunga teratai
    bunga teratai

Jenis tanaman air yang pertama adalah bunga teratai. Bunga teratai tumbuh mengapung di atas air dengan berbagai macam warna yang lembut dan juga elegan. Mulai dari warna biru, warna merah, warna merah muda, dan juga warna kuning. Daun bunga teratai atau biasa di sebut water lily ini berbentuk bulat. Bunga yang di hasilkan juga sangatlah cantik. Mulai tumbuhnya yaitu dari tangkai kecil yang nyaris tidak terlihat dari rizoma pada lumpur yang ada di dasar kolam.

  1. Bunga Lotus atau Seroja

    Bunga Lotus atau Seroja
    Bunga Lotus atau Seroja

Jenis tanaman air selanjutnya yaitu bunga Lotus atau bunga seroja. Tanaman air yang satu ini biasanya di samakan dengan bunga teratai. Padahal, bentuknya saja sudah terlihat tidak mirip. Dari segi pertumbuhanya saja, bunga teratai tepar di atas daunya yang mengapung. Sedangkan, bunga lotus atau seroja mempunyai tangkai tunggal yang cukup kokoh tumbuh tegak menopang daun. Dan bunganya itu berada di atas permukaan air.

Jangan lupa baca : Daftar Harga Tanaman Hias Termahal

Selain itu, tepi dari daun bunga lotus atau seroja ini juga terlihat bergerigi. Sedangkan, untuk daun bunga teratai hanya bergelombang. Kelopak bunganya juga sudah terlihat berbeda. Kelopak bunga teratai mempunyai jumlah yang banyak dan juga bertumpuk-tumpuk, berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing, menyerupai kuku. Sedangkan, untuk bunga lotus atau seroja mempunyai kelopak yang tidak terlalu banyak, dan melebar bulat, dan ujungnya itu tidak terlalu runcing.

  1. Apu-Apu

    Apu-apu
    Apu-apu

Jenis tanaman air ketiga adalah Apu-apu. Tanaman apu-apu biasanya sering di sebut dengan nama water cabbage, karena bentuknya yang hampir sama seperti kol yang merekah. Jika bunga teratai dan lotus mempunya warna warni yang berasal dari bunganyam berbeda dengan apu-apu. Apu-apu hanya didominasikan dengan warna yaitu hijau tua. Tetapi, hal tersebut tidak akan mengurangi keindahanya ketika tanaman ini di sebar di kolam. Karena, daunya iitu berbulu halus hampir seperti sutra. Tanaman ini sangatlah ideal jika di kombinasikan atau di gabungkan dengan kolam yang ikan hiasnya itu berwarna-warni.

  1. Eceng Gondok

    Eceng Gondok
    Eceng Gondok

Jenis tanaman air selanjutnya yaitu tanaman eceng gondok. Tanaman yang awalnya di sebut sebagai tanaman pengganggu tanaman lain ini ternyata bisa menjadi alternative sebagai penghias kolam anda. kolam akan terlihat lebih indah dan lebih cantik dengan tampilan eceng gondok yang sangat unik. Daun dari tanaman eceng gondok ini berbentuk seperti kepala ular kobra yang melebar, dengan ujung tangkainya yang menggembung. Bunganya cantik berwarna violet, tumbuh subur dan bertumpuk-tumpuk antara bunga yang satu, dengan bunga yang lainya.

  1. Papirus air

    Papirus air
    Papirus air

Jenis tanaman air selanjutnya yaitu tanaman papirus air. Tanaman yang satu ini bisa hidup di air, ataupun bisa hidup di darat. Sehingga, tanaman ini biasa di sebut dengan nama tanaman semi aquatik. Tanaman papirus air ini dapat tumbuh tegar mencapai ketinggian yaitu sampai 2 meter. Di bagian ujung atas batangnya itu terdapat daunya yang majemuk, panjang-panjang, dan juga tipis menyerupai daun palem bamboo yang mempunyai pola bulat. Jika kita perhatikan, daunya itu seperti memayungi batangnya yang rampin. Ada yang berukuran kecil, da nada juga yang berukuran tumbuh besar.

  1. Selada air

    Selada air
    Selada air

Tanaman air selanjutnya yaitu tanaman selada air. Tanaman selada air ini termasuk kedalam jenis sayur-sayuran yang biasanya itu di buat bahan pembuat salad sayur. Karena hidupnya di air, tanaman ini sangatlah cocok di jadikan sebagai tanaman hias di kolam anda. Tanaman air ini juga sangat baik jika di konsumsi, karena tanaman ini mengandung sifat anti kanker. Bentuk dari daun ini ini yaitu kecil dan mungil. Sehingga dapat menambah kesan minimalis kolam anda.

  1. Tetepok

    Tanaman Tetepok
    Tanaman Tetepok

Jenis tanaman air yang terakhir yaitu tanaman tetpok. Tetepok merupakan salah satu tanaman hias air yang sangatlah cantik. Tanaman ini wajib untuk penghias kolam anda. apalagi jika kolam yang anda miliki itu ukuranya cukup besar. Daun dari tanaman ini menyerupai bentuk hati. Tak heran, jika tanaman hias ini kalau di luar negeri di juluki yaitu dengan julukan floating heart. Karena diibaratkan hati yang mengapung. Bunganya itu berwarna putih. Teksturnya pun sangatlah lembut seperti serbuk salju yang berjejer di atas permukaan air. Sehingga biasanya tanaman ini di juluki dengan nama water snowflake.

Bacalah ini : Cara Budidaya Tanaman Organik

Nah, itulah sedikit informasi mengenai tanaman hias air yang cantik dan indah. Bagaimana menurut anda, apakah anda ingin membeli tanaman hias air untuk di kolam anda. semoga artikel saya ini bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada dalam penulisan kata-katanya, saya mohon maaf, atau anda bisa koment di artikel saya ini. Terima Kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.