7 Langkah Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Media Pot

Posted on

Halo guys, selamat pagi. Untuk hari ini saya akan memeberikan info bagaimana caranya Menanam Bunga Mawar Di dalam Pot. Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga mawar. Bunga yang sangat indah, dan cantik. Dan juga biasanya di gunakan sebagai rasa cinta kita terhadap seseorang yang kita sayangi, dan juga yang kita cintai.

Bunga mawar juga akan terlihat indah, dan cantik bila di tanam di kebun, atau halaman rumah anda. Memiliki rumah yang cantik, baik pasti idaman semua orang. Nah, kali ini saya akan memberikan tips cara menanam bunga mawar, baik di media pot, maupun di media tanah lansung. Berikut adalah penjelasanya.

Cara menanam bunga mawar, bunga mawar itu mempunyai bibit yang di bagi menjadi dua jenis, yaitu cara menanam dengan bibit stek, atau cara menanam dengan teknik yang sudah cukup dewasa. Kedua jenis ini dapat di temukan dengan mudah di berbagai toko tanaman hias yang ada di rumah anda. Dan untuk menanam bunga mawar ini, ada 2 cara, yaitu dengan cara menggunakan Pot, atau dengan cara menanam dengan media lahan atau tanah.

Keuntungan lain dari menanam bunga mawar dengan menggunakan media pot adalah anda dapat memindah-mindahkan bunganya sesuai dengan tempat yang  anda inginkan . Jika tujuan anda menanam bunga mawar hanya untuk memepercantik halaman rumah saja, dan tidak ada niat untuk membudidayakanya. Sebaiknya pilihlah cara menanam dengan menggunakan media pot. Cara yang satu ini lebih praktis, dan sangat cocok untuk anda, karena tidak mempunyai waktu luang yang cukup banyak.

Sedangkan, jika anda ingin berniat membudidayakanya sebagai peluang usaha. Maka sebaiknya anda menggunakan cara budidaya media lahan, atau tanah. Tujuanya agar dapat menanam puluhan, atau sampai ratusan bunga mawar dalam waktu yang bersamaan, dan kemudian untuk di jual kembali.

Cara menanam bunga mawar itu tidak jauh beda dengan jenis tanaman pada umumnya. Ya walaupun sama seperti tanaman lainya, cara menanam bunga mawar juga penting untuk memperhatikan beberapa hala dasar sederhana yang ada dalam dunia bercocok tanam. Jika anda menamnya dengan teknik yang baik, dan benar, maka hasilnya pun akan maksimal.

Salah satu cara menanam bunga mawar yang baik dan benar yaitu pemilihan lokasi penanaman. Pemilihan lokasi yang mendapat akses sinar matahari secara langsung, karena bunga mawar sangat membutuhkan sinar matahari langsung. Tujuanya supaya mendapat hasil, atau dapat tumbuh secara optimal.

Dan kentungan dari menanam bunga mawar dalam media pot yaitu tanaman anda dapat di pindah lokasi yang bisa terkena sinar matahari langsung, terutama sinar matahari pagi. Lalu dapat di pindah ke tempat yang lebih teduh ketika matahari sudah mulai terik. Cara ini akan lebih memaksimalkan pertumbuhan bunga mawar anda.

Memeperhatikan kelembapan dari tanaman ini juga penting. Siramlah bunga mawar inis ecara teratur, agar tanaman bunga mawar ini tidak kekurangan air, yang dapat membuat tanaman ini menjadi kering dan mati. Namun, anda juga harus perhatikan, janganlah terus menerus menyiraminya. Jika bunga mawar kelebihan air, maka akan membuat akar dari tanaman ini membusuk, dan dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman bunga mawar itu sendiri.

7 Langkah Penting Dalam Menanam Bunga Mawar

Nah, saya akan menjelaskan 7 langkah bagaimana cara menanam bunga mawar yang baik, dan benar. Berikut adalah informasinya:

  1. Untuk cara menanam dalam media pot. Pilihlah pot yang terbuat dari bahan tembikar, tanah liat, atau dari semen cor. Jika pot bunga yang berbahan dari plastic, sebaiknya pilihlah yang mempunyai lubang sirkulasi udara.
  2. Untuk yang menggunakan media pot, diisi dengan beberapa bahan, yaitu berupa campuran tanah, pasir, pupuk kandang yang telah di fermentasikan, dengan perbandingan yaitu 1: 1 per 4: 1.
  3. Tambahkan juga pecahan bata, atau bebatuan yang kecil yang di tempatkan pada bagian dasar pot, tujuanya yaitu agar pada saat kita menyiraminya, kelebihan air dari pot dapat lebih mudah keluar melalui lubang yang ada pada dasar pot. Dengan demikian akara dari tanaman bunga mawar ini tidak akan mudah busuk akibat pot bunga yang terlalu lembab.
  4. Bibit dari bunga mawar sendiri sebaiknya anda menggunakan bibit yang siap tanam, tapi bisa juga anda menggunakan bibit hasil stek sendiri. Setelah itu, tanamlah bibit pada media yang sudah di sediakan tadi. Kemudian uruglah dengan campuran media tanam, setelah itu tekanlah tanah bagian tepi batang secara kuat.
  5. Selanjutnya yaituu siramlah tanaman tersebut, kemudian taruhlah pot di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi secara penuh.
  6. Cara penanaman bunga mawar juga memerlukan pergantian media tanam, serta perlu emlakukan pemotongan akar setiap 1, atau 2 tahun sekali. Tujuanya agar bunga mawar anda tetap pertumbuhan, dan juga kesuburanya.
  7. Untuk mencegah pembusukan pada akar bunga mawar yang di sebabkan oleh berbagai macam bakteri yang dapat menyerang tanaman mawar anda. Dalam penyiramanya supaya di tambahkan dengan larutan asam bensoat pada air tersebut. Tujuanya agar bakteri yang ada pada bunga mawar dapat mati.

Itulah beberapa tips cara menanam bunga mawar yang dapat anda praktekkan di rumah anda sendiri. Menanam bunga mawar juga dapat mengisi liburan kita jika kita tidak ada rencana pergi ke suatu tempat. Dari pada kalian liburan penuh sesak, dan keramaian. Lebih baik anda melakukan kegiatan seperti yang di atas tadi, selain tidak melelahkan, anda dapat melaksanakanya sambil bersantai-santai di rumah. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.