7 Bunga Tercantik Yang Bikin Kamu Ingin Merawatnya

Posted on

Tanaman hias bunga ini bisa disebut juga dengan kembang yang merupakan sebuah alat reproduksi pada tumbuhan yang berbunga, dan pada bunga ini terdapat benang sari dan putik. Benang sari sebagai alat reproduksi jantan sementara pada putik nya akan terdapat bagian tengah bunga sebagai alat reproduksi betina. Dan berikut ini bagian bagian bunga beserta fungsinya.

Bagian bunga yang memiliki fungsi nya sebagai berikut :

  • Tangkai Bunga ini merupakan sebuah bagian yang berada dibawah bunga. Tangkai ini akan berguna untuk penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang / ranting.
  • Dasar Bunga ini sangat berguna sekali sebagai tempat kedudukan bunga.
  • Kelopak Bunga ini berguna sebagai bagian yang tertular dan melindungi mahkota bunga pada saat masih berbentuk kuncup. Dan bisanya bentuk dan warna nya ini menyerupai daun.
  • Mahkota Bunga ini pada dasarnya memiliki waran yang sangat bermacam macam sehingga dapat disebut sebagai perhiasan bunga. Yang mempunyai warna yang sangat menarik dan dapat berfungsi untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar tetap hinggap pada bunga ini. Dan serangga ini bias membantu dalam proses penyerbukan.
  • Benang Sari ini adalah sebuah serbuk sari yang merupakan sebuah alat reproduksi jantan.
  • Putik ini adalah bagian yang dikelilingi oleh benang sari. Dan putik ini sangat berfungsi sebagai alat reproduksi betina. Putik ini terdiri dari beberapa tangkai putik dan kepala putik.

Dan ini lah beberapa macam-macam Nama Bunga

  1. Bunga Anggrek

Anggrek ini mempunyai nama latin Orchidaceea ini merupakan salah sau suku tanaman yang berbunga dengan anggota jenis yang terbanyak. Jenis jenisnya ini sudah tersebar luas di daerah yang ber sub tropika basah hingga wilayah sirkumpolar. Anggrek ini juga dikenal sebagai tanaman hias yang sangat popular sekali yang memiliki manfaat pada bagian bunganya. Bunga anggrek ini juga sangat indah dan variasinya tidak terbatas.

Bunga anggrek ini biasa nya dijual dalam bentuk pot ataupun sebagai bunga potong. Di Indonesia bunga ini memiliki kekayaan jenis bunga anggrek yang sangat tinggi, terutama pada anggrek epifit yang biasanya hidup di pepohonan hutan, dari daerah Sumatra hingga Papua sana. Anggrek bulan ini sebuah bunga pesona bagi bangsa Indonesia.

  1. Bunga Allamanda

Bunga Allamanda ini merupakan sebuah tanaman hias yang disebut juga sebagai bunga terompet emas atau bunga buttercup. Tanaman ini juga termasuk sebagai golongan perdu berkayu dengan tinggi yang mencapai 2 meter. Bunga Alamanda yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dan terdapat juga di Negara Brazil dan diamana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuk dari bunga ini yang sangat indah.

  1. Bunga Anyelir

Bunga Anyelir ini bias disebut juga denan bunga teleki, yang mempunyai nama latin Dianthus caryophyllus sebuah tanaman hias perkarangan dan pot yang berasal dari wilayah mediterania. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu yang berjenis satu bunga untuk setiap tangkai dan jenis spray.

Bunga ini juga memiliki warna yang sangat terang dan berwarna-warni. Tanaman ini juga dapat mencapai ketinggian hingga 2 meter, tetapi untuk dapat tumbuh tegak, yang harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang pada tanaman bunga ini bias mencapai 1 cm dan biasanya  membengkak pada ruas/buku. Bunga ini bisa bertahan hidup hingga 18-20 bulan.

  1. Bunga Apel

Bunga apel ini biasanya mekar pada musim semi, yang bersamaan dengan perkecambahan pada daun nya. Bunga apel ini biasanya berwarna putih dan berbaur dengan warna pink yang berangsur memudar. Dan pada bunga ini, terdapat lima kelopak yang berdiameter mencapai 2,5 hingga 3,5 cm. buah apel masak ini pada musim gugur, dan biasanya berdiameter 5 hingga 9 cm.

  1. Bunga Asoka

Bunga ini merupakan sebuah tumbuhan yang biasa nya berguna sebagai tanaman hias dan penghijauan. Di Indonesia, yang sudah dikenal dua jenis bunga asoka, yaitu pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting (Polyalthia Longifolia) dan bunga asoka yang biasa (Polyalthia sp) yang memiliki ranting dan berdaun runcing.

Bunga ini juga daoat berguna untuk mengobati luka memar dengan meminum air rebusan dari bunga nya yang ditambah dengan bunga mawar kering dan umbi daun dewa. Tidak hanya itu bunga ini juga dapat digunakan sebagai obat bagi orang yang haidnya tidak teratur.

  1. Bunga Aster

Kalau dilihat sekilas saja bentuk bunga ini sangat lah mirip dengan bunga matahari, tetapi bunga ini memiliki daun bunga yang bersusun dengan banyak warna mulai dari merah muda, putih, biru, ungu, dan juga warna yang lainnya dimana tengah dari bunga ini biasanya berwarna kuning.

Bunga ini berasal dari Tiongkok dengan kisaran tinggi 30-70cm. bunga ini sangatlah mudah di dapatkan dan tidak mengenal musim pada bunga ini. Dan rata – rata umurnya bisa mencpai satu tahun

  1. Bunga Azalea

Bunga yang terakhir adalah bunga yang merupakan tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron yang tumbuh di wilayah yang beriklim sedang. Bunga ini juga berkembang sebagai tanaman hias yang sangat popular. Warna dari bunga azalea ini sangatlah bervariasi mulai dari merah, kuning, putih, dan juga ungu.

Mungkin cukup sekian artikel yang saya buat pada Siang hari ini semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan tetap baca artikl artikel selanjutnya dari saya. Jangan lupa di like, comment, and share ya. See You Again.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.