Belajar Sejarah
Belajar Sejarah

5 Manfaat Tujuan Pentingnya Belajar Sejarah

Posted on

Belajar sejarah –  Belajar sejarah merupakan suatu kegiatan belajar yang samgat penting dan kebanyakan orang mungkin menyukainya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan seputar informasi kepada anda tentang 5 manfaat tujuan pentingnya sejarah. Sejarah merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang suatau kejadian atau peristiwa pada masalalu atau masa lampau, mungkin ada yang bertanya, apakah perlu kita mempelajari sejarah?

Yang pasti jawabannya sangat perlu, karena sejarah setiap waktu akan ditulis oleh seorang sejarawan pada setiap peradaban. Belajar sejarah itu sangat perlu, meskipun pada saat sekarang ini ditemukan banyak sekali orang yang kurang memahami sejarah, maka dari itu anda perlu mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu atau lampau. Tetapi pada sekarang ini ada beberapa orang yang jika dihitung banyak juga jumlahnya yang sangat senang sekali membaca dan belajar sejarah.

Belajar sejarah merupakan kegiatan yang sangat mengasikan, kenapa mengasikan? Karena cerita-cerita yang terjadi dimasa lalu atau masa lampau itu sangat menarik dan asyik untuk dibaca dan sangat menarik untuk diikuti, jika anda membaca cerita pada masa lampau maka hati anda akan penasaran ketika mendengar orang-orang bercerita tentang kejadian pada masa lampau. Rasa ingin tahu anda tersebut akan semakin meningkat dan penuh dengan pertanyaan untuk mengetahui hal-hal baru.

Maka dari itu belajar sejarah sangat penting sekali, jika anda memahami sejarah akan sangat banyak sekali manfaat yang bisa anda ambil.

Berikut ini 5 manfaat belajar sejarah :

  • Belajar Sejarah Dapat Mengetahui Kejadian dimasa Lampau

Belajar Sejarah Dapat Mengetahui Kejadian dimasa Lampau
Belajar Sejarah Dapat Mengetahui Kejadian dimasa Lampau

Jika anda belajar sejarah maka anda akan mengetahui kejadian pafda masa lampau, nah dengan anda belajar sejarah maka anda akan mengambil manfaat yang satu ini. Dengan anda sejarah, sejarah tersebut akan memberikan cerita sendiri untuk anda dalam kejadian pada masa lampau, yang mana kejadian lampau yaitu dengan cerita manusia purba belum mengenal tulisan dan mereka manusia purba dalam mencari makanan juga dengan cara berburu.

Kejadian-kejadian yang terjadi dimasa lampau tersebut dapat memberikan pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan masalah yang dialami dalam kehidupan seperti di dunia politik, ekonomi dan budaya. Dengan belajar sejarah juga dapat menambah ilmu pengetahuan wawasan anda dengan berbagai kejadian yang dialami manusia purba pada masa lampau.

Belajar Sejarah Dapat Dijadikan Sebagai Profesi
Belajar Sejarah Dapat Dijadikan Sebagai Profesi

Dalam belajar sejarah anda bisa menggunakan sejarah tersebut sebagai profesi yang anda jalankan di rumah. Sejarah merupakan ilmu yang sangat terbuka, siapa pun yang ingin menulis dan menjadi sejarawan pastinya sanagt boleh dan anda yang ingin menjadi sejarawan maka anda sudah termasuk salah satu orang yang telah mengembangkan kreasi anak bangsa Indonesia.

Dengan mengetahui dan mempelajari kejadian yang terjadi di masa lampau dapat menjadikan anda tidak hanya menjadi sebagai profesi sejarawan. Tetapi sebagai guru sejarah, dan penulis sejarah, peneliti sejarah, dan seorang arkeolog dan sebagainnya harus juga semangat dalam mempelajari dan menambah wawasan lagi tentang seputar kehidupan masa lampau dengan memperdalam sejarah dan menertibkan dalam belajar sejarah.

  • Belajar Sejarah Dapat Dijadikan Sebagai Gambaran dan Pedoman Bagi Suatu Bangsa

Belajar Sejarah Dapat Dijadikan Sebagai Gambaran dan Pedoman Bagi Suatu Bangsa
Belajar Sejarah Dapat Dijadikan Sebagai Gambaran dan Pedoman Bagi Suatu Bangsa

Setiap bangsa pastinya memiliki suatu sejarah masing-masing dan pastinya sangat berbeda-beda, dan mungkin ada juga yang mempunyai sejarah yang sama. Meskipun ada juga bangsa yang tidak mempunyai peninggalan-peninggalan pada kejadian masa lampaunya, tanpa adanya sejarah masyarakat maupun bangsa tidak akan menjadi seperti yang sekrang ini. Suatu sejarah telah membentuk suatu identitas suatu masyarakat menjadi lebih baik dan sempurna.

Dan juga menjadikan suatu kehidupan masyarakat menjadi kehidupan yang lebih layak. Perjuangan yang telah dilakukan pahlawan-pahlawan yang dulu pada masa lampau dapat menjadikan suatu bangsa menjadi bangsa yang merdeka seperti yang sekarang ini. Karena pengorbanan pahlawan yang berjuang pada masa lampau suatu negara tersebut telah merasakan kehidupan yang lebih layak dan mengalami ketenangan dan tidak ada lagi yang menjajah.

  • Sejarah Dapat Memberikan Kesenangan dan Kegembiraan

Sejarah Dapat Memberikan Kesenangan dan Kegembiraan
Sejarah Dapat Memberikan Kesenangan dan Kegembiraan

Mempelajari sejarah dapat membuat hati seseorang merasa senang dan penuh dengan kegembiraan, karena cerita-cerita yang telah terkandung didalam sejarah merupakan sebuah suatu karya seni budaya suatu sejarah. Sejarah juga merupakan suatu kejadian yang sama dengan cerita-cerita dongeng ataupun romen, Bahasa dan alur ceritanya sangat indah dan menarik untuk dibaca dan menarik untuk diikuti. Anda bisa belajar membaca sejarah tentang peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau di rumah ataupun anda bisa meminta untuk belajar sejarah di sekolah.

Dalam membaca suattu sejarah yang menarik dan unik pastinya membuat anda akan terbawa kedalam cerita yang sedang and abaca tersebut. Ceritanya yang begitu menariklah yang mampu membuat si pembaca sejarah tersebut tertarik dalam membaca dan mempelajarinya. Sejarawan yang mampu menciptakan suatu sejarah yang unik merupakan sejarawan yang sanagt kreatif dalam membuat alur dan cerita tersebut.

  • Belajar Sejarah Dapat Membuat Bangkit Dari Keputusan

Belajar Sejarah Dapat Membuat Bangkit Dari Keputusan
Belajar Sejarah Dapat Membuat Bangkit Dari Keputusan

Dalam sejarah pastinya ada cerita tentang perjuangan yang sangat luar biasa dalam memperjuangkan keluarganya, kekasihnya, maupun temannya. Sejarah tidak hanya dijadikan sebagai pembelajaran tetapi juga dapat dijadikan sebgai inspirasi untuk membuat bangkit dari masalah atau bangkit dari keterpurukan. Contohnya saja, bangsa Indonesia dibawah kekuasaan Jepang yang mengalami kemiskinan yang merata, yang mengalami penderitaan dan pengkhianatan yang telah dilakukan oleh Jepang.

Setelah kekuasaan Jepang jatuh pada saat perang dunia ke II, Indonesia bangkit dari semua keterpurukan yang telah terjadi, dengan perjuangan dan kerja keras yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia yang penuh dengan semangat, akhirnya Indonesia dapat merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dipimpin dengan seorang pahlawan yang bernama Ir. Soekarno. Dengan demikian itulah sejarah merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejadian yang telah terjadi pada saat masa lampau.

Belajar sejarah merupakan kegiatan yang  sangat mengasikan dan menarik dan setelah anda mengetahui sedikit informasi tentang sejarah dan manfaat belajar sejarah pasti hati anda akan penuh dengan kepenasaran dan kesenangan. Selain belajar sejarah, sejarah tersebut memberikan anda banyak manfaat yang bisa anda ambil setelah membacanya, manfaat yang diambil setelah membaca sejarah yaitu :

  • Dapat mengetahui cerita-cerita pada masa lampau.
  • Belajar sejarah dapat dijadikan sebagaiprofesi.
  • Dapat dijadikan sebagai pedoman dan gambaran bagi suatu bangsa.
  • Dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan karena ceroitanya menarik.
  • Dapat membuat bangkit dari keterpurukan.

Manfaat membaca dan belajar sejarah yang telah kami sampaikan diatas telah kami berikan pengertian dan kegunaannya kepada anda. semoga artikel yang telah kami sampaikan dapat anda ambil manfaatnya dan juga dapat anda pelajari sebagai tambahan ilmu pengetahuan. Terima kasih bagi anda yang telah membaca dan menyimak artikel kami sampai selesai dan tunggu informasi yang akan kami sampaikan selanjutnya.

Baca juga artikel tentang Tempat Bersejarah di Indonesia