Tanaman Buah

5 Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Di Tanam Di Dalam Pot

Posted on

Tanaman buah merupakan salah satu tanaman yang mempunyai daya Tarik sendiri untuk di budidayakan di rumah. Selain berguna untuk perindang, juga buahnya itu bisa kita konsumsi sendiri. Mungkin untuk masyarakat yang bertempat tinggal di perdesaan, untuk menanam tanaman buah ini tidaklah jadi masalah, karena di pedesaan masih ada lahan yang cukup luas. Tetapi, berbeda dengan orang yang tinggal di perkotaan, yang tidak mempunyai halaman, atau lahan yang cukup luas untuk menanam tanaman buah.

Zaman dahulu, menanam buah di pekarangan rumah itu, yang hanya mempunyai halaman yang sempit memeang menjadi kendala yang hal tersebut tidak mungkin. Namun, saat ini keterbatasan itu sudah hilang dengan munculnya inovasi baru yaitu tanaman buah di dalam pot. Dengan kita memanfaatkan media pot untuk menanam tanaman buah, akan lebih efektif dalam pemanfaatan lahan di pekarangan.

Teknik menanam buah dalam pot tidaklah sulit. Hanya saja, perlu perawatan yang ekstra, karena media tanamnya itu berukuran kecil. Maka dari itu, menanam tanaman buah dalam pot itu memerlukan ketelitian agar tanama buah bisa tumbuh subur, dan cepat berbuah. Tanaman buah di dalam pot ini sekarang sudah populer di kalangan masyarakat luas. Maka dari itu, untuk mendapatkan bibit yang sudah siap tanam di dalam pot tidaklah sulit. Karena, sudah sangat banyak di jual di pasaran.

Baca juga : Tips, Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Bibit tanaman buah yang di jual di pasaran saat ini sudah banyak, dan memepunyai kualitas unggulan. Jadi, anda jangan heran dengan harganya yang sedikit mahal. Namun, keuntunganya yang akan adna dapatkan jauh lebih banyak, ketimbang anda membeli bibit dengan kualitas biasa-biasa saja. Teknik pemilihan bibit untuk tanaman buah di dalam pot ini relative sama dengan memilih bibit pada umumnya. Namun, hal yang perlu di perhatikan yaitu menyesuaikan syarat tumbuhnya tanaman.

Salah satu contohnya adalah buah apel. Jika anda memilih menanam apel. Tanman apel itu biasanya hanya hidup di dataran tinggi. Nah, bagi anda yang ingin menanam apel di dataran rendah, maka tanaman apel tersebut akan sulit berbuah. Jadi, usahakanlah memilih tanaman buah yang sesuai dnegan karakteristik lingkungan anda. Nah, berikut adalah jenis-jenis tanaman buah yang anda bisa tanam di rumah anda masing-masing, berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. Tanaman Buah Mangga

    Tanaman Buah Mangga
    Tanaman Buah Mangga

Tanaman buah yang pertama adalah buah mangga. Buah mangga berasal dari sekitar perbatasan india dengan Negara Burma. Pohon mangga termasuk kedalam kategori tumbuhan tinggi, yang struktur batangnya itu termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang memiliki ketinggian yaitu lebih dari 5 m. dan, pohonya itu bisa mencapat tinggi sekitar 10-40 m.

tanaman buah mangga mempunyai daun berwarna kemerahan, keunguan, atau kekuningan jika daunya itu masih muda, dan akan berubah pada bagian permukaan sebelah atasnya menjadi warna hijau mengkilat. Sedangkan, untuk bagian permukaan bawah akan berwarna hijau tua ketika sudah mulai tua.  tumbuhan buah mangga ini mempunyai bentuk daun yang bervariasi seperti: bentuk lonjing dengan ujung seperti mata tombak, berbentuk bulat telur dengan ujung runcing seperti mata tombak, lalu berbentuk segi empat dengan ujungnya yang runcing, serta berbentuk segi empat dengan ujung yang membulat

  1. Tanaman Buah Jeruk Nipis

    Tanaman Buah Jeruk Nipis
    Tanaman Buah Jeruk Nipis

Jenis tanaman buah kedua yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis adalah tergolong varian jeruk yang memiliki ukurang yang kecil, berwarna hijau yang biasa di gunakan oleh para ibu rumah tangga. Biasanya, jeruk nipis ini menjadi salah satu bumbu penyedap rasa asam di dalam masakan. Manfaat dari jeruk nipis ini sangatlah banyak, salah satunya yaitu sebagai obar diabetes.

Baca juga ini : 7 Tanaman Hias Air Yang Cantik dan Indah

Menurut American diabetes association, jeruk nipis dan jeruk jenis lainya dianggap sebagai makanan super untuk penederita diabetes. Serat larut yang tinggi yang ada di dalam jeruk nipis ini membuat makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula, ke dalam aliran darah. Sehingga mengurangi terjadinya lonjakan gula darah, yang menyebabkan resiko serius untuk penderita diabetes.

  1. Tanaman Buah Rambutan

    Tanaman buah rambutan
    Tanaman buah rambutan

Jenis tanaman buah ketiga adalah buah rambutan. Buah rambutan merupakan buah yang memiliki perpaduan rasa manis, rasa asam, dan rasa kecut. Biasanya, warna rambutan yang kalian ketahui yaitu hanyalah berwarna merah. Tapi apakah kalian tahu, sebenarnya buah rambutan itu mempunyai perpaduan warna merah dan warna kuning. Buah rambutan ini juga termasuk buah tropis atau buah yang musiman. Buah rambutan memang lebih nikmat itu jika di makan secara langsung. Daging buah yang sedikit memang akan lebih nikmat dibanding harus di buat jus terlebih dahulu.

  1. Tanaman Buah Alpukat

    Tanaman Buah Alpukat
    Tanaman Buah Alpukat

Jenis tanaman buah selanjutnya adalah buah alpukat. Bagi kalian yang suka mengkonsumsi buah alpukat, itu sangat bagus sekali. Karena manfaat dari alpukat ini sangatlah penting bagi kesehatan kita. Banyak manfaat dari buah alpukat yang kita tidak sadari dapat membantu kita mencegah penyakit-penyakit berbahaya, dan bisa meningkatkan metabolism tubuh. Khasiat dari buah alpukat ini tergolong sangatlah bervariasi, mulai dari untuk penyakit yang sederhana, maupun untuk penyakit yang berbahaya seperti kanker.

  1. Tanaman Buah Apel

    Tanaman Buah Apel
    Tanaman Buah Apel

Jenis tanaman hias buah yang terakhir adalah buah apel. Buah apel selain lezat, ternyata buah apel juga sudah terkenal sebagai buah yang sangat membantu atau menjaga kesehatan. Bahkan, buah apel juga bisa untuk mencegah berbagai macam penyakit. Bagi anda yang ingin diet, anda juga bisa menggunakan buah yang satu ini.

Jangan lupa baca : Daftar Harga Tanaman Hias Termahal

Nah, itulah sedikit tentang jenis-jenis tanaman buah yang bisa di tanamn di dalam pot. Bagaimana, apakah anda ingin mencoba menanam tanaman buah dengan pot di rumah anda. ini sangatlah berguna, anda tidak perlu pergi ke pasar jika ingin buah. Kalau anda punya pohon sendiri. Sekian informasi dari saya. semoga artikel saya ini bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau tulisan. Bila ada keluhan silahkan koment di bawah. Terima Kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.