5 Cara Memelihara Ikan Cupang Hias Dengan Baik Dan Benar

Posted on

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah untuk dipelihara. Ikan ini dapat ditempatkan di sebuah akuarium, baik itu akuarium besar ataupun kecil. Karena apa ikan cupang tidak membutuhkan alat sirkulasi udara seperti jenis ikan hias lainnya.

Tapi dalam memelihara ikan cupang ada beberapa yang perlu diperhatikan agar ikan cupang tersebut bisa tetap hidup dalam keadaan sehat dan tidak mudah mati. Dalam memelihara ikan cupang yang paling utama diperhatikan yaitu air dan pakan. Pengaturan air yang sangat bagus, sering menggantinya secara rutin merupakan hal yang penting dalam memelihara ikan cupang. oke mari kita bahas bagaimana cara memelihara ikan cupang dengan baik dan benar.

  1. Memilih Akuarium

Seperti yang saya sudah bilang sebelumnya, ikan cupang dapat hidup diakuarium dengan ukuran apa saja. Akan tetapi cupang juga jenis ikan yang soliter, maka dari itu ikan cupang akan lebih baik untuk memeliharanya diakuarium yang kecil saja, yaitu sekitar ukuran 20X15X15 cm.

Memilih Akuarium

Apabila kita memelihara ikan cupang diakuarium yang besar hanya membuang-buang tempat saja. Karena ikan cupang itu sulit untuk diletakkan dalam satu tempat yang bersama-sama. Karena apa ikan cupang tersebut biasanya akan berkelahi jika ditempatkan bersama-sama.

Didalam akuarium tersebut kita bisa biarkan dalam keadaan polos atau bisa kita tambahkan dengan batu dan tanaman palsu agar terlihat lebih indah dan menarik. Silakan letakan akuarium tersebut dengan suhu yang stabil, tidak perlu panas dan juga tidak terlalu dingin.

  1. Air Akuarium

Selanjutnya dalam urusan air akuarium, untuk disarankan supaya menggunakan air sumur. Karena air sumur itu mempunyai karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat ikan cupang lainnya yaitu yang berada di sawah dan di rawa-rawa.

Namun jika ditempat kita tidak air sumur, mak gunakanlah air PAM atau sumber air lainnya juga tidak menjadi masalah. Tapi saya sarankan supaya mendiamkan dulu air tersebut dengan menggunakan ember atau sejenisnya sebelum memasukan ikan cupang tersebut kedalam akuarium.

Kemudian gantilah air tersebut minimal sebanyak 2-3 hari atau agar bisa lebih baik lagi maka mengganti air tersebut setiap hari. Karena apabila kita mengganti air tersebut secara rutin maka akan baik pertumbuhan bagi ikan cupang tersebut.

Air Akuarium

Tapi ingat sebelum mengganti airnya, silakan pindahkan ikan cupang tersebut ke wadah. Pindahkan ikan cupang tersebut dengan menggunakan seringan yang khsusu untuk ikan tersebut. Jangan memindahkannya dengan menggunakan tangah karena jika menggunakan tangan dapat merusak sirip dan ekor ikan cupang tersebut.

Setelah sudah dipindahkan, lalu bersihkan akuarium itu dari kotoran ikan dan juga lender-lendir yang menempel pada akuarium itu. Tapi ingat, jangan mencucinya dengan sabun atau deterjen karena bisa meracuni ikan cupang dan bisa mati. Cukup dengan menggunakah sponge hingga besih.

Jika akuarium anda terdapat batu dan aksesoris lainnya, maka supaya bersihkan semuanya. Setelah semua sudah dibersihkan maka isi kembali dengan air, kemudian tunggu beberapa saat agar airnya sesuai dengan suhu kamar. Setelah itu, masukan kembali ikan cupang tersebut.

  1. Menjemur Ikan Cupang

Menjemur ikan cupang memang sudah menjadi aktivitas yang dapat sekali-kali kita sudah lakukan. Dilakukan seperti ini supaya ikan bisa lebih fresh dan sekaligus bisa membunuh bakteri dan jamur yang berada di kulit ikan cupang dan akuariumnya.

Menjemur Ikan Cupang

Penjemuran ikan ini memang hukumnya sudah tidak wajib, hanya cukup sesekali saja. Selain itu ikan cupang yang mempunya warna hitam dan dominan sebaiknya tidak perlu dijemur karena akan membuatnya pank. Mungkin hanya warnya yang hitam membuatnya bisa lebih peka dalam menyerap panasnya matahari.

Dalam melakukan penjemuran sebaiknya mencari waktu yang cocok yaitu jam 8 sampai 10 pagi. Lakukanlah penjemuran selama 15-20 menit. Apabila ikan cupang terlihat panic ketikan dijemur, maka supaya cepat dipindahkan ke tempat yang teduh sampai ikan itu merasa nyaman.

  1. Memberi Makan

Terdapat berbagai jenis makanan yang disukai oleh ikan cupang. yaitu makanan alami sampai makanan yang tidak dikelola oleh manusia. Untuk mengetahui bahwa makanan yang pas untuk ikan cupang, maka silakan simak artikel dibawah ini.

Dalam memberi makan ikan cupang anda cukup dengan cara menaburkan kedalam akuarium saja. Dan pastikan bahwa ikan cupang tersebut terlihat ketika memasukannya agar ia tidak langsung menyerapnya. Ikan cupang sendiri akan lebih ska kalo memakan makanan yang mengambang diatas permukaan air.

Memberi Makan

Kemudian berikan makanan ikan cupang tersebut dengan cara bertahap. Jika makanan yang anda beri sudah habis dimakan oleh ikan cupang tersebut. Maka berilah kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang sudah diberikan sebelumnya. Jangan sampai memberi makanannya terlalu banyak, karena akan banyak makanan yang tersisa dan bisa mengotori akuarium dan bisa menimbulkan penyakit.

Jadwal dalam memberikan makanan untuk ikan cupang yaitu secara rutin pada waktu yang bersamaan. Agar ikan cupang tersebut bisa teratur pola hidupnya. Waktu yang baik untuk memberi makan yaitu dua kali sehari diwaktu pagi dan sore. Jangan sampai memberinya diwaktu malam karena akan menggangu pola tidurnya.

  1. Daun Ketapang

Daun ketapang sering sekali digunakan untuk keperluan perawatan ikan cupang. Jika kita lihat ikan cupang itu tampak gelisah dan mondar-mandir ke sana kemari, maka supaya masukan beberapa helai daun ketapang secukupnya. Kemudian tutuplah akuarium tersebut dengan menggunakan plastik yang berwarna hitam agar ikan itu bisa tenang dan nyaman seperti semulanya.

Daun Ketapang

Selain untuk menenangkan cupang agar tidak gelisah, daun ketapang ini juga bisa digunakan untuk memeberikan efek yang alami didalam akuarium tersebut. Tapi jangan terlalu banyak memasukan daun ketapang ke dalam akuarium karena akan menimbulkan airnya menjadi gelap dan keindahanya ikan cupang akan menjadi tidak terlihat.

demikian beberapa tips dan cara memeliharaikan cupang hias dengan baik dan benar yang bisa saya berikan untuk anda semua. dengan perawatan yang baik maka ikan cupang kesayangan anda bisa tumbuh dengan sempurna dan tidak mudah terkena penyakit yang berbahaya. Sekian terima kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.