Perubahan Budaya Sosial
Perubahan Budaya Sosial

15 Contoh Perubahan Budaya Sosial

Posted on
  • Cara Berkomunikasi

    Cara Berkomunikasi
    Cara Berkomunikasi

    Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi ini sangatlah membawa dampak perubahan yang sangat besar dalam cara kita berkomunikasi. Jika dulu kita sering melakukan surat-menyurat, dikirim terus kita harus menunggu dengan tempo yang sangat lama.
    Kalua sekarang sangat lah mudah, kita bisa menggunaan smartphone ataupun koputer untuk bisa berkomunikasi secara kilat dengan berbagai alat media social.

    Baca Juga:Taman Budaya Sentul City

  • Pakaian

    Pakaian
    Pakaian

    Karena adanya pengaruh modernisasi dan juga globalisasi, masyarakat mulai mengubah cara berpakaian mereka.
    Yang sebelumnya masyarakat sering memakai baju tradisional atau baju adat daerah masing-masing, teteapi beda dengan sekarang mereka memakai baju bisa karena mereka sedang mengikuti trend atau hanya sekedar ingin mengenakan sesuai selera mereka saja.

  • Gaya Hidup

Gaya Hidup
Gaya Hidup

Gaya hidup ini kebanyakan orang sudah mengalami perubahan, ada yang sudah menjadikan sebagai haya hiduo yang sangat baik seperti vegetarian. Tetapi ada juga yang sesat seperti mengkonsumsi narkoba

  • Pertanian

 

Pertanian
Pertanian

Dan sekarang ada juga petani yang sangat Cerdas mereka bisa memanfaatkan perubahan social budaya ini dengan cara meningkatkan produktifitas kerja mereka denga cara teknologi yang sudah berkembang namun ada juga yang tidak.
Selain itu kasus di Indonesia ini bisa dibilang dalam sector pertanian sangat lah menurun karena cenderung suka membeli produk dari negara lain dibandingkan dengan produk local.

  • Westernisasi

    Westernisasi
    Westernisasi

    Westernisasi atau kebarat-baratan ini sudah bukan hal yang sangat langkah lagi untuk kita jumpai di negara Indonesia ini, bahkan di Indonesia ini sendiri sudah lama terjangkit seperti masuknya budaya Halloween ataupun Valentine yang sudah kontroversial di Indonesia.

  • Ekonomi

    Ekonomi
    Ekonomi

    Dalam factor ekonomi, sudah hamper semua menyinggung seperti ekonomi, misalnya saja masyarakat lebih memilih untuk berlibur ke luar negeri disbanding ke dalam negeri. Dan membeli barang merk luar negeri disbanding barang negara kita sendiri.

    Baca Juga:Taman Budaya Sentul City

  • Kepercayaan

    Kepercayaan
    Kepercayaan

    Contoh yang sangat nyata adalah, jika dahulu orang Indonesia ini berpegang teguh dengan ajaran nenek moyang atau leluhur mereka yang sudah tiada, tetapi jika sekarang mereka sangatlah mengedepankan logika dan dengan bukti-bukti yang telah tidak ada.

  • Pola Hidup

    Pola Hidup
    Pola Hidup

    Samkin kesini masyarakaat lebih memilih untuk membeli sesuatu dibandingkan membuat sesuatu, dan mungkin saja karena kita sudah terlena dengan teknologi yang sudah berkembang pada zaman ini

  • Perilaku

    Perilaku
    Perilaku

    Di dalam kasus ini sudah banyak contoh anak yang suka membantah kepada orang tua mereka sendiri

  • Emansipasi Wanita

    Emansipasi Wanita
    Emansipasi Wanita

    Emansipasi wanita kini semakin berkembang, di Indonesia tempo dulu wanita hanya berperan sebagai pendukung rumah tangga yang kerjannya di rumah ters. Tetapi sangatlah berbeda dengan sekarang mereka bisa bekerja sesuai kemampuan mereka sendiri.

  • Masyarakat Semakin Kritis

    Masyarakat Semakin Kritis
    Masyarakat Semakin Kritis

    Teknologi informasi yang semakin berkembang, dengan berbagai media cetak online ataupun offline yang sudah banyak beredar. Tetapi kita juga harus bisa mengolah informasi yang sudah ada dengan fakta yang memang benar-benar valid.

  • Model Rambut

    Model Rambut
    Model Rambut

    Banyak pelejar yang suka untuk mencontoh artis yang mereka idolah kan sehingga kita menimbulkan efek hitz dalam pergaulan mereka. Tetapi mereka juga harus dalam pengawasan yang pas supaya apa yang mereka sedang lakukan tidak berlebihan.

  • Kesenian

    kesenian
    kesenian

    karena banyak nya berbagai kesenian yang sudah masuk dari luar neger, dan beberapa kesenian asli dari Indonesia sudah jarang kita temukan lagi. Namun tetap saja masih ada yang popular dan dilestarikan hingga pada saat ini.

  • Permainan

    Permainan
    Permainan

    Dalam hal permainan ini juga sudah banyak ditemukan kasus permainan asli Indonesia yang sudah hilang. Ataupun sudah jarang kita jumpai lagi seperti congklak ataupun sundamanda di daerah sini, dan lebih banyak yang memilih bermain game online seperti DOTA ataupun Point Blank.

  • Bahasa

    Bahasa
    Bahasa

    Contoh dari perubahan social budaya yang lainnya ialah dari penggunaan Bahasa. Di Indonesia ini sendiri sudah banyak masyarakat yang sudah kurang peduli terhadap Bahasa daerah mereka sendir, dan sudah bisa kita buktikan sendiri sudah banyak masyarakat yang sudah kurang peduli dengan Bahasa daerah mereka sendiri, bisa kita buktikan sendiri lah beberapa orang yang bisa pelajaran Bahasa daerah di sekolahmu.

Gravatar Image
Seorang remaja yang mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang Traveller.