Wajib Diketahui! 11 Cara Agar Menemukan Cinta Sejati Dalam Islam

Posted on

Cinta – Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang arti sebuah cinta menurut islam. Sebelumnya saya ingin bertanya kepada Anda, pasti sering mendengar kata cinta bukan? Atau Anda juga sedang merasakan cinta dengan seseorang. Tapi apakah Anda tahu, bahwa cinta itu sebenarnya bermakna luas. Tidak hanya sekedar cinta kepada seseorang karena hanya hawa nafsu,kerupawanannya bahkan hanya hartanya saja? Atau di jaman sekarang ini, cinta juga sudah dapat dirasakan oleh anak pra-remaja atau anak kecil saja yang sudah mengerti arti dari sebuah cinta.

cara menemukan cinta sejati
cara menemukan cinta sejati

Namun, Sebuah cinta yang sejati sangatlah penting bagi manusia, tanpa adanya cinta, tidak bisa memiliki anak bahkan menjadi keluarga,persahabatan ataupun hubungan sosialisasi dengan orang lain. Pasti semua orang ingin merasakan namanya cinta. Cinta sebenarnya tumbuh dari rasa kasih sayang, selalu tetap dalam keadaan apapun, baik suka,duka,lapang bahkan sempit. Dengan cinta manusia dapat hidup dengan bahagia.

Tetapi di artikel saya kali ini akan membahas soal cinta yang sebenarnya, arti dari cinta sejati menurut islam dan bagaimana cara menemukan cinta sejati dalam islam. Karena agar para pembaca semua tidak dibutakan yang namanya cinta,ketika telah dibutakan oleh cinta maka hal apapun antara kedua belah pihak pasti terjadi bahkan sampai terjerumus namanya zina. Naudzubillahimindzalik. Jadi, jangan sampai saya maupun para pembaca mengalami hal seperti itu. Simak artikel berikut ini!

cinta sejati dalam islam
cinta sejati dalam islam
  1. Menghargai Diri Sendiri

Jika Anda ingin menemukan cinta sejati menurut islam Anda supaya mengahrgai diri sendiri terlebih dahulu. Tidak hanya menghargai Anda juga harus mencintai diri sendiri, apapun keadaan Anda harus selalu bersyukur dan jangan putus asa untuk menggali potensi dalam diri Anda. Jangan sampai Anda juga melanggar atau merusak perintah agama pada diri Anda sendiri. Apalagi Anda sampai membuka aurot sendiri agar terlihat cantik dari dalam dan luar atau tampan. Jika Anda membuka aurot agar disukai orang dan menarik perhatian orang, maka cinta yang didapatkan hanyalah sebuah nafsu bukan dari keimanan seseroang.

Karena di dalam hadist juga diriwayatkan bahwa “Wanita adalah aurat (yang harus ditutupi), ketika ia keluar dari rumah,maka setan akan menghias-hiasi sehingga sangat cantik (di mata lelaki yang bukan makhram)”. (HR At-Tirmidzi dan lainnya). Jadi, sudah jelas bahwa setan menggoda manusia yang tak menjalankan syariatnya samahalnya dengn lelaki jika ingin menccari cinta sejatinya juga harus menghargai diri sendiri.

  1. Mengutamakan Agama

Jika Anda ragu dengan cinta sejati, apakah cinta hanya didapat dengan kecantikan,ketampanan bahkan kekayaannya saja? Ataukah cinta yang dicari adalah akhlak yang mulia dan kefahaman agamanya? Ya, yang paling tepat menemukan cinta sejati adalah akhlak yang mulia dan kefahaman agamanya sehingga dapat menenangkan hati dan bisa membawanya ke surga kelak nanti. Bukan semata karena dunia saja.

Bahkan di sebuah riwayat dijelaskan bahwa “Seorang wanita dinikahi karena empat alasan yaitu : “Harta kekayaan,kedudukannya,kecantikan dan karena agamanya”. Hendaklah engkau menikahi wanita yang taat pada agamanya maka niscaya engkau bahagia dan beruntung”. (Muttafaqun ‘alaihi). Maka jika mencintai seseorang supaya karena agamanya dan alangkah baiknya Anda jika ingin memilih supaya shalat istikharah agar meminta petunjuk kepada Allah agar lebih memantapkan hati dan mencari keberkahan.

  1. Mencintai Sewajarnya

Jika Anda mencintai seseorang sewajarnya saja, jangan sampai berlebihan apalagi melebihi cintanya kepada Allah, amka akan membuat Anda jika kecewa akan membencinya juga secara berlebihan. Karena di jaman Nabi terdapat kisah “bahwa ada seorang wanita yang dicintai secara berlebihan karena fisiknya ketika ia jatuh sakit dan tak lagi cantik sehingga suaminya berpaling dan membencinya bahkan berlebihan. Sehingga ditegur oleh Aisyah istri Rasulullah. “Wahai Abdurrahman, dahulu engkau mencintai Laila sangat berlebihan sekarang engkau membencinya dan sangat berlebihan. Maka engkau hendaklah pilih suoaya berlaku adil kepadanya atau engkau mengembalikannya kepada kepada keluarganya”. (Tarikh Damaskus oleh Ibnu’ Asakir 35/34 & Tahzibul Kamal oleh Al Mizzi 16/559). Jadi, jangan sampai kita terpikat dengan seseorang karena mencintai yang berlebihan, sewajarnya saja, karena jika ia mencintai dengan nafsu maka cinta itu akan lenyap seiringnya berjalan waktu.

  1. Jangan Jual Mahal yang Berlebihan

Jika kita dalam bersikap jangan terlalu berlebihan untuk jual mahal,sewajarnya saja dan jangan menargetkan untuk cinta sejati. Jika Anda hanya dengan tekun dalam beribadah,berusaha yang lebih baik,dan sopan terhadap orang lain dan keluarga serta memiliki ilmu yang bermanfaat dan selalu mengajak orang lain pada kebaikan. “Jika ada seorang yang akhlak dan agamanya engkau sukai,datang kepadamu melamar,maka terimaalh lamaran itu. Jika tidak,maka akan terjadi kekacauan dan kerusakan besar di muka bumi”. (HR At-Tirmidzi dan lainnya).

  1. Mencintai dengan Taqwa Jangan Hanya Alasan Fisik

“Jika orang-orang yang (semasa di dunia) saling mencintai maka pada hari itu sebagiannya akan menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang bertaqwa”. (QS Az-Zukhruf :67). Itu adalah firman Allah dalam Alqur’an yang menjelaskan bahwa orang berubah menjadi saling memusuhi setelah mencintai karena cinta mereka hanya berdasarkan kesenangan mata saja, tidak dengan ketaqwaan karena Allah.

  1. Berusaha Memperbaiki Akhlak Diri Sendiri

Jika Anda ingin menemukan cinta sejati maka perbaikilah diri sendiri. Berusahalah untuk menjadi hamba yang sholih-sholihah dan bertaqwa kepada Allah. Karena Sebagaimana firman Allah bahwa laki-laki yang baik juga untuk mendapatkan perempuan yang baik, begitu pula sebaliknya. Jika Anda berusaha memperbaiki diri dan selalu intropeksi diri dalam kehidupan sehari-hari maka insyallah Allah akan mempertemukan dengan cinta sejati yang terbaik untuk kita.

  1. Selalu Komitmen

Karena dalam riwayat dijelaskan bahwa “Yahya bin Mu’az berkata : “Jika cinta karena Allah maka tidak akan bertambah hanya karena orang engkau cintai berbuat baik kepadamu dan tidak berkurang karena ia berlaku kasar padamu”. Jadi, cinta sejati bisa kita miliki hanya dengan komitmen, di dunia tidak ada manusia yang sempurna, maka di awal jika melihatnya hanya kebaikannya tentu akan menerimanya, namun jika menemukan keburukannya maka supaya menerima asalkan keburukan itu tidak berlebihan, selalu bisa menerima dan saling mengingatkan satu sama lain dalam kebaikan.

  1. Memperluas Tali Silaturahim

Dimaksud silaturrahim disini adalah dengan Anda menjalin silaturrahim dan memperbanyak bergaul kepada orang lain tetapi tetap menjaga diri sendiri janagn terpengaruh pada hal-gal yang buruk. Karena tidak mu gkin cinta sejati beegitu saja turun dari langit harus dengan mencari pergaulan. Karena Allah berfirman : “Dan peliharalah hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi hambanya”. (QS An-Nisa’ :1).

  1. Berkunjung ke Tempat-Tempat Bernuansa Islami

Jika Anda ingin menemukan cinta sejati yang baik terutama akhlaknya maka cobalah Anda untuk mengunjungi temapt-tempat yang bernuansa islami sehingga di dalamnya terdapat kegiatan bermanfaat sehingga Anda juga memiliki peluang untuk menemukan cinta sejati. Jika Anda datang ke tempat yang buruk maka juga banyak orang-orang buruk yang dapat menjauhkan cinta sejati Anda. Allah juga berfirman :  “Bagaimana mungkin kalian menjadi kafir sedangkan ayat-ayat Allah dibacakan pada kalian dan Rasul juga berada di tengah-tengah kalian?”. (QS Ali Imran : 101).

  1. Memiliki Akhlak Mulia,Berwawasan Luas Serta Cerdas

Jika Anda hanya dengan memiliki fisik yang baik seperti cantik atau tampan, maka semua orang juga bisa menemukannya dimana-mana. Tapi, jika Anda berakhlak mulia,cerdas,berilmu,rajin,dan memiliki banyak wawasan tentu akan terlihat lebih menarik dan menjadi hal tersendiri bagi Anda yang jarang ditemukan orang lain. Orang juga akan segan dengan Anda dan Nampak berwibawa. Allah berfirman : “ Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur’an agar kamu menerangakn kepada umat manusia apa yang diturunkan kepada mereka agar mereka memikirkannya”.

  1. Selalu Berdoa

Kunci dari semua kehidupan, adalah doa. Karena dengan dengan berdoa maka hidup kita menjadi lebih baik serta berkah. Berdoa juga dapat merubah qodar dari Allah jika kita berdoa dengan sungguh-sungguh. Selain itu banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan dari berdoa. Jika dalam melakukan aktivitas selalu disertai dengan nama Allah atau berdoa maka akan lebih terasa bahagia dan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Berdoa juga termasuk cara Allah untuk menemukan cinta sejati kita dalam agama islam. Insyallah dengan berdoa maka Allah akan memudahkan urusan kita baik dunia dan akhirat.
Itulah 11 cara menemukan cinta sejati dalam islam yang perlu Anda ketahui. JIka Anda ingin menemukan cinta sejati yang terbaik untuk Anda, maka saat ini perbaikilah diri Anda untuk menjadi yang lebih baik, patuhi pada syariat-syariat agama dan jauhi larangan-larangan Allah dan jangan lupa berdoa, karena doa hal yang paling utama. Insyallah jika Anda memperbaiki akhlak dan diri Anda semoga cinta sejati akan segera dipertemuka oleh Allah. Sekian semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai bertemu di episode artikel berikutnya..