10 Tanaman Hias Obat Yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

Posted on

Kali Ini kami akan membuat sekaligus menjelaskan tentang Tanaman Hias Berkhasiat Obat. Oke langsung saja kita bahas.

Tanaman Hias yang sangat identik untuk menghias halaman rumah atau pun lingkungan sekitar karena memiliki keindahan dan keasrian pada bagian akar, daun, batang, bunga, dan buah. Tetapi jangan salah tanaman hias ini juga memiliki khasiat obat  yang sangat akrab dan mudah ditemui di lingkungan sekitar kita.

Pengertian tanaman obat ini adalah sebuah jenis jenis tanaman yang memiliki fungsi dan sangat berkhasiat sebagai bahan bahan obat obat dan dapat digunakan untuk penyembuhan atau pun untukmencegah berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh kita, dengan ada khasiat sebagai obat ini mempunyai arti bahwa mengandung zat aktif yang dapat mengobati penyakit tertentu atau jika tidak memiliki kandungan zat aktif tertentu tapi memiliki efek samping resultan / sinergi dari berbagai zat yang mempunyai efek mengobati tubuh kita yang terserang.

Dan berikut ini adalah tanaman hias yang ber khasiat obat:

  1. Bakung Putih

Yang pertama adalah tanaman hias Bakung Putih yang memiliki nama latin Crinum Asiaticum ini memiliki umbi yang mengandung alkaloid yang berisi kan krinin, likoron, ibulin, asetilkorin, dan juga methylanthanilate. Yang berkhasiat untuk mengobati sakit radang tenggorokan, sakit pinggang, sakit gigi, bengkak borok, keseleo, cacingan, susah BAB, dll.

  1. Bunga Matahari

Yang ke dua adalah tanaman hias Bunga Matahari ini memiliki nama latin Helianthus Annus ini sangat mengandung quercimeritrin, asam oleanolat, sam echinocystat, helianthoside, prostaglandin E, asam chlorogenic, lemak, dan asam quinat. Tanaman hias ini berkhasiat untuk menurunkan hipertensi, sakit gigi, sakit kepala, neyri lambung, kanker lambung, dysmenorrhea ( nyeri ketika haid). Rematik, radang payudara. Dan mempermudah ketika kelahiram.

  1. Sirih

Yang ke tiga adalah tanaman hias yang mengandung sejumlah minyak asri seperti betlephenol, seskueterpen, cavibetol, kavikol, hidroksikavikol, estragol, karvakrol, dan eugenol. Tanaman hias daun ini berkhasiat untuk menurangi asi berlebihan, jantung,  keputihan, sifilis, alergi, diare, pendarahan gusi, sakit gigi berlubang, jerawat, bronkhitis, batuk, eksim, gatal-gatal setelah melahirkan, menghilangkan bau mulut, dll.

  1. Lidah Buaya

Yang ke empat adalah tanaman hias Lidah Buaya yang memiliki bahasa latin Aloe Vera ini sangat mengandung vitamin A, B, C, dan juga E. tanaman ini juga mengandung choline, folic acid, inositol, dan juga sejumlah mineral seperti kalsium, kanatrium, magnesium, dan juga sejumlah enzim yang lengkap. Tanaman ini juga berkhasiat menyuburkan rambut, pencahar, diabetes, obat cacing, hepasitis, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperlambat penuaan, menghaluskan kulit, dan menstabilkan kolesterol, dll.

  1. Bunga Mawar

Yang ke lima adalah tanaman hias Bunga Mawar yang memiliki bahasa latin Rosa Chinensis Jacq yang mengandung sitronelol, geraniol, nerol, zat sitral, linalool, eugenol, feniletilalkohol, farnsol, dan nonilaldehida. Tanaman hias Bunga Mawar ini berkhasiat untuk melancarkan haid, mengobati keputihan, sakit kepala,  pembengkakan payudara, paru-paru,  campak, disentri, batuk darah, radang usus, rematik, TBC kelenjar leher, menghaluskan kulit dll.

  1. Tapak Dara

Yang ke enam adalah tanaman hias Tapak Darah yang memiliki bahasa latin Cathranthus Roseus ini sangat mengandung myojnonsitol, safonin,garam, sapofonin, minyak lemak, orthosiphonglikosida, minyak atsiri, dan zat samak. Tanaman Hias Tapak Dara ini berkhasiat mengobati kencing batu, darah tinggi, demam, encok, keputihan, antiradang, peluruh kencing, infeksi ginjal, dll

  1. Kembang Sepatu

Yang ke tujuh adalah tanaman hias Bunga Sepatu ini memiliki bahasa latin Hibiscus rosa sinensis L yang mengandung teraxeryl acetat, hibisetin, zat pahit, lender, dan juga cyaniding diglucosid. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati penyakit air kemih bernanah, sariawan, radang usus, mimisan, gondongan, keputihan, TBC, batuk rejan, batuk darah, dan juga dapat melancarkan haid, dll.

  1. Kecubung

Yang ke delapan adalah tanaman hias Kecubung tanaman ini memiliki bahasa latin Datura Metel yang sangat mengandung alkaloid yang sangat kuat serta hoisin, co-oksalat, zat lemak, atropine, dan skopolamin. Tanaman ini juga berkhasiat mengobati penyakit rematik, sakit pinggang, asma, bengkak, eksim, sambelit, radang anak telinga, dll.

  1. Bunga Anggrek

Yang ke sembilan adalah tanaman hias Bunga Anggrek ini memiliki umbi yang mengandung minyak atsiri, kalsium, logam gaffe, protozenat, dekstrin, sukrosa, pati, dan juga protein. Tanaman ini juga berkhasiat untuk menghentikan pendarahan Rahim, dan juga mengobati disentri, dll.

  1. Kembang Pukul Empat

Yang berikutnya adalah tanaman hias Kembang Pukul Empat yang memiliki bahasa latin Mirabilis Jalapa L akar nya sangat mengandung saponon, tannin dan trigoneline, zat tepung, dan asam minyak. Dan pada daun tanaman ini mengandung saponon, flavonoid dan tanim. Tanaman ini berkhasiat untuk penyakit peluruh kencing, radang, kencing manis, keputihan amandel, jerwat, dan juga dapat mengobati prostat, dll.

Mungkin cukup sekian artikel pada pagi hari ini yang berhubungan dengan Tanaman Hias Berkhasiat Obat. Mungkin artikel pada pagi hari ini bisa membantu anda dalam memilih tanaman yang akan anda tanam di lingkungan anda. Yang akan memiliki dua fungsi sebagai penghias dan juga sebagai obat herbal. Dan tetap baca artikel artikel selanjutnya dari saya. Jangan lupa di like, comment, and share ya. See You Again.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.