the nightmare

10 Lukisan Aneh Sedunia Bikin Merinding

Posted on

Seni rupa adalah hasil karya yang memiliki nilai tinggi dan merupakan sebuah keindahan tersendiri dari pelukis yang mencurahkan ekspresinnya. Beraneka ragam ekspresi telah dicurahkan pada beberapa lukisan dan disajikan dalam balutan warna-warni. Bahkan ada juga lukisan aneh yang lukis oleh beberapa pelukis.

Lukisan merupakan salah satu bentuk karya seni dalam bentuk gambar dan memiliki sebuah makna yang ingin disampaikan oleh pelukis. Jika lukisannya indah maka orang yang memandangpun ikut merasakan bahagia dan tenang.

Tapi, terkadang makna tersebut hanya diketahui oleh pelukisnya saja, sehingga menimbulkan kesan yang misterius pada lukisan. Nah lukisan yang seperti itu juga mungkin dapat kamu rasakan, seperti merinding atau merasa ada yang aneh dalam lukisan tersebut. Nah, di bawah ini ada 10 lukisan aneh yang membuat merinding.

10 Lukisan Aneh Sedunia

  1. THE CRYING BOY

the crying boy

Lukisan ini diciptakan oleh Bruno Amadio. Lukisan ini jika dilihat hanya sekilas memang tidak terlihat menakutkan. Tapi yang membuat lukisan ini menakutkan karena seorag petgas pemadam kebaran membuat lukisan ini menjadi terkenal.

Bisa terkenal karena disebabkan pada saat kebakaran hebat disuatu bangunan, satu-satunya benda yang tersisa hanyalah lukisan ini. Dan anehnya, lukisan ini sama sekali tidak tergores oleh api, seakan-akan api tidak berani untuk melahap lukisan ini.

Kemudian lukisn ini diselidiki dan ternyata ditemukan fakta yaitu anak yang berada pada lukisan itu merupakan anak yatim piatu yang kehilangan keluarganya disaat kebakaran hebat juga.

Tapi belum jelas apakah fakta tersebut ada hubungannya dengan lukisan ini atau tidak. Tapi jika mendengar cerita lukisan tersebut seakan-akan lukisan tersebut memiliki aura mistis yang bikin merinding.

  1. THE HANDS RESIST HIM

Lukisan ini dibuat oleh Bill Stoneham pada ahun 1972. Di dalam lukisan tersebut menggambarkan sosok anak laki-laki yang berdiri dengan adik perempuannya yang sedang memegang boneka dan tidak ada ekspresi di wajahnya. Yang mana konon anak laki-laki tersebut adalah seorang pelukis saat masih kecil.

Lukisan ini pernah dilelang, dan sudah berpindah-pindah tangan beberapa kali. Menurut pengakuan orang-orang yang sudah pernah memilikinya merasa seperti ada yang aneh dengan lukisan ini. Karena lukisan ini sering berpindah tempat bahkan boneka yang dibawa anak perempuan tersebut suka menghilang tiba-tiba.

Dalam penjelasan lain juga dikatakan bahwa lukisan ini menggambarkan adik kakak yang sedang berdiri dan di balik pintu ada banyak tangan yang sedang mencoba untuk keluar. Yang dapat menahan mereka hanya kaca yang rapuh. Dan juga pada malam hari merekan akan bergerak bahkan berkelahi.

  1. THE SCREAM

the scream

Lukisan ini dibuat oleh Edvard Much yang berasal dari Norwegia pada tahun 1893. Lukisan ini bergambar manusia yang sedang tercekam dengan membawa rasa kecemasan eksistensial, dan juga didukung dengan langit yang berwarna erah menjadikan lukisan ini beraura mistis.

Jika memandang lukisan ini dengan lama dan mendalam maka orang yang melihat akan merasa sakit atau depresi dan juga perasaan yang tidak menentu. Lukisan ini sempat menjadi lukisan yang paling mahal dan terkenal di dunia juga lho.

  1. THE NIGHTMARE

the nightmare

Lukisan ini diciptakan oleh John Fuseli yang berasal dari Swiss pada tahun 1781. Menurut Fuseli, lukisan ini merupakan karya terbaik di antara lukisan yang lain. Lukisan ini pernah dipamerkan di Royal Academi London. Yang mana di lukisan tersebut ada seorang waniita yang sedang tidur terlelap dan di atas tubuhnya ada iblis yang sedng mendudukinya.

Sebenarnya Fuseli berniat untuk melukis kejadian mimpi buruk, jika ada orang yang mengalami mimpi buruk mungkin seperti itu kejadiannya. Dan sekarang lukisan ini berada di Detroit Institute of Arts.

  1. JUDITH SLAYING HOLOFERNES

judith

Lukisan ini diciptakan oleh Artemisia Gentileschi yang berasal dari Italia pada tahun 1614 sampai 1620. lukisan ini menggambarkan dua orang wanita yang sedang memenggal kepala seorang lelaki. Wanita itu adalah Judith dan seorang pelayan. Sedangkan lelaki itu adalah seorang jenderal yang sedang mabuk dan tidur terlelap.

Makna dari lukisan ini adalah seorang wanita juga bisa menang melawan seorang lelaki yang kuat. Lukisan ini sekarang berada di National Museum of Capodimonte.

  1. HEADS SEVERED

head severed

Lukisan ini diciptakan oleh Theodore Gercault. Lukisan ini menggambarkan dua kepala mayat. Gercault melukis ini karena terinspirasi dari dirinya yang melihat beberapa organ tubuh dan potongan tubuh manusia di rumah mayat dan laboraturium rumah sakit. Lukisan ini sempat terkenal karena gaya artistik dari sang penulis.

Itulah beberapa lukisan aneh yang membuat heran dan juga membuat merinding. Apalagi kalau kita melihat lukisannya secara langsung?