10 Kuliner Tradisional dan Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib di Coba!

Posted on

Hai sobat, berjumpa lagi dengan saya. Nah, kali ini saya akan membahas tentang makanan tradisional dan oleh-oleh khas Bali. Hm, membahas soal Bali, Bali memang terkenal destinasi wisatanya yang indah sehingga Bali atau dijuluki Pulau Dewata dan dikenal oleh para wisatawan baik lokal maupun international sampai mancanegara. Sehingga tak jarang di tempat wisata ataupun di jalanan banyak turis-turis yang berkunjung ke Bali. Selain destinasi wisatanya, ternyata Bali juga terkenal dengan makanan tradisional dan oleh-oleh nya yang khas loh. Bahkan dijadikan favorit ketika berkunjung harus mencicipi makanan populer khas Bali ini. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Bali dan mencicipi makanan-makanan khasnya dan dijadikan oleh-oleh?

Hm penasaran, kira-kira makanan apa saja yang dapat dijumpai di Bali ya? Yuk, mari simak artikel berikut ini mengenai 5 kuliner khas Bali!

gambar oleh-oleh khas bali
gambar oleh-oleh khas bali
  1. Pie Susu

Nah, makanan yang sering dicari-cari para wisatawan dan dijadikan oleh-oleh yang ngga bakalan ketinggalan adalah pie susu. Hm,pasti Anda sering mendengarnya bukan? Ya, makanan ini terbuat dari tepung dan bahan-bahan alami tanpa pengawet. Bentuknya bulat yang ceper dan pinggirnya sedikit keras, namun ditengahnya lembut dan terdapat fla susu manis yang rasanya hm, so creamy. Rasanya sangat lezat dan jika Anda memakannya pasti ingin lagi dan lagi. Bentuknya pun dikemas dengan menarik dan harganya relatif terjangkau dan pilihan rasanya bervarian. Nah, jangan Anda lewatkan makanan oleh-oleh yang satu ini ya.

  1. Salak Bali

Buah salak memang terkenal dimana-mana. Apalagi di Jogja, terkenal dengan salak phondo. Eits, ternyata di Bali juga punya oleh-oleh buah salak, yaitu salak Bali. Salak ini terkenal ada 2 jenis yaitu salak biasa dan salak gula pasir(salak Bali). Tapi yang sering diburu para wisatawan adalah salak Bali karena rasanya yang manis dan bentuknya mungil. Anda dapat membelinya di pusat oleh-oleh ataupun di pasar sekitar, karena buah salak Bali ini sangat mudah untuk mencarinya.

  1. Kopi Kintamani

Ternyata Bali juga memiliki kopi khas tersendiri loh, yaitu kopi Kintamani. Nah, bagi Anda yang pecinta kopi dan dijadikan sebagai oleh-oleh. Anda bisa membeli kopi kintamani ini di pusat oleh-oleh ataupun jika ingin melihat secara langsung prosesnya dapat berkunjung ke Kintamani,Karang Asem Bali. Kopi ini memiliki perpaduan rasa yang khas yaitu sedikit asam beraroma jeruk, karena disana, panennya bergabung dengan jeruk,kakao dll. Anda juga perlu tahu, kopi Kintamani ini salah stu produk kopi terbaik di Indonesia dan telah mendapat sertifikat geographical Indication maksudnya telah memenuhi standar internasional. Nah, apakah Anda ingin menjadikan kopi ini sebagai oleh-oleh,Sangat unik bukan?.

  1. Kacang Disco atau Kacang Bali

Nah, mungkin yang pernah ke Bogor pasti mengenal oleh-oleh kacang khas Bogornya kan? Nih, di Bali juga ada loh, kacang khas Bali, namanya kacang Disco. Kacang ini terbuat dari kacang tanah kemudian di goreng kering lalu dilapisi adonan tepung dan bumbu yang lezat. Ketika Anda memakannya hm,sangat renyah kriuk-kriuk dan bumbunya pun terasa. Varian rasanya sangat beragam sepertihalnya pie susu. Rasa kacangnya mulai dari pedas,manis,barbeque sampai udang. Bagi Anda pecinta camilan Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh sebagai oleh-oleh khas Bali.  Kacang ini bisa dimakan saat ngobrol atau bersama teman-teman. Wah, seru bukan? Buruan beli jangan sampai kehabisan.

  1. Joger

Dengan kalimat yang khas “Belum ke Bali kalo belum mampir ke Joger” nah,slogan tersebut pasti sering Anda jumpai di kaos-kaos ataupun benda sejenisnya. Ya Joger memang pusat oleh-oleh dan menjual produk khas Bali dan saat ini sudah menjadi trend. Identik dengan kalimatnya yang begitu sarkastik. Anda bisa berkunjung ke took tersebut dan bermacam-macam produk yang bisa Anda beli disana. Dijamin, ngga bakalan nyesel deh. Langsung aja datang ke alamat JL Raya Denpasar-Bedugul km 37,5 Km. Pasti disana Anda menemukan kalimat-kalimat yang unik. Jangan heran ya..

Itulah tadi beberapa oleh-oleh terkenal khas Bali yang bisa Anda beli untuk menjadi buah tangan di rumah Anda. Tapi saya juga akan membahas seputar 5 makanan tradisional yang ada di Bali. Ngga keren kalo belum mencicipi kuliner khas Bali, berikut ini!

makanan khas Bali
makanan khas Bali
  1. Ayam Betutu

Wah, siapa yang ngga kenal dengan kuliner yang terkenal ini? Ayam Betutu sudah menjadi menu andalan favorit para wisatawan baik local maupun mancanegara. Bagi Anda pecinta pedas, cocok untuk mencicipi kjuliner satu ini,Ayam betutu. Makanan ini memiliki ciri khas, bumbu dan rempah-rempah dimasukkan ke dalam perut ayam kampong, lalu dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dengan bara api sekam. Dan uniknya proses ini sampai memakan waktu sekitar 24 jam. Wah, tetapi rasanya sangat gurih lembut dan super pedas. Versi daging ayam betutu ini bisa digantikan dengan bebek, yang rasanya nga bakalan berubah. Apakan Anda penasaran dan ingin mencicipinya? Segera datang ke rumah makan Khas Bali.

  1. Sate Lilit

Sate yang satu ini sangat berbeda pada umumnya. Sate ini bisa terbuat dari ayam,daging babi atupun ikan tenggiri. Namun, yang menjadi eksis adalah dari ikan tenggiri. Proses pembuatannya pun khas yaitu daging dicincang halus dan diberi ramu rempah-rempah bumbu Bali. Lalu dililit di batang daun serai ataupun tangkai bambu. Hm, aromanya pun sedap. Dijamin rasanya lezat dan gurih.

  1. Lawar Kuwir Bali

Makanan yang satu ini juga ngga kalah lezatnya loh, lawar kuwir Bali, makanan ini campuran dari sayuran,kelapa dan daging bebek entog(kuwir) kemudian dicincang lalu diramu dengan bumbu Bali.  Lawar Kuwir ini mantap jika disantap dengan nasi hangat dan sate lilit karena perpaduannya ynag khas. Tapi biasanya lawar juga bisa diganti selain kuwir(bebek entog) yaitu ayam ataupun babi.

  1. Babi Guling(Be Guling)

Hm, ngomongin soal babi, memang hewan ini bagi selain umat islam tidak halal untuk dimakan. Namun, di Bali makanan ini menjadi makanan khas warga Bali dan menu favorit terutama wisatawan mancanegara. Warna kulit babi berwarna kecoklatan dan terasa renyah dipadukan bumbu base genep. Prosesnya juga unik bumbu tersebut dan sayur daun ketela pohon dimasukkan ke dalam perut babi di guling di atas bara api. Maka tidak heran namanya babi guling karena prosesnya di guling di atas bara  api.

  1. Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

Ngomongin soal rujak, pasti Anda pernah mencicipinya kan? Tapi rujak satu ini berbeda dengan yang lain, dan tidak akan ditemukan dimana-mana selain di Bali. Rujak ini terbuat dari rumput laut yang di siram dengan kuah pindang. Rujak kuah pindang sendiri diisi dengan irisan manga. Kuah pindang biasanya terbuat dari ikan tuna kemudian di rebus diberi garam lalu airnya ynag diambil, Sehingga disebut kuah pindang. Hm, unik bukan makanan yang satu ini? Segera mencicipinya ya…

Itulah tadi beberapa oleh-oleh dan makanan tradisional yang dijadikan sebagai menu favorit khas Bali. Jika Anda berkunjung ke Pulau Bali Anda bisa menikmati keindahan wisatanya sembari mencicipi kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas Bali.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati.

Sekian..