10 Kebiasaan Orang Amerika Serikat sehingga Sukses yang Patut Ditiru Di Indonesia

Posted on

Amerika Serikat, ya kalian pasti tahu tentang Negara tersebut bukan? Bagaimana tidak, Negara ini merupakan salah satu Negara terbesar dan Maju di dunia. Negara Amerika Serikat juga dijuluki sebagai “Negeri Paman Sam”. Pasti kalian juga sering mendengar nama julukan itu bukan? Nama Paman Sam diambil dari cerita ketika ada seorang penyupplai daging untuk tentara yaitu Samuel Wilson yang berada di New York tahun 1812. Samuel Wilson mengecap tong daging dengan huruf US (United States). Tetapi, para tentara itu mengira bahwa US adalah nama panggilan singkatan dari Uncle Sam. Sehingga dengan kejadiannya itu, Koran lokal Amerika Serikat mengangkat cerita ini dan menyebut nama julukan Paman Sam untuk Negara Amerika Serikat. Lalu pada tanggal 7 September 1813 diresmikan nama julukan “Paman Sam” di Negara Amerika.

negara amerika serikat
negara amerika serikat

Wah, ceritanya menarik ya, kini banyak orang menyebut negeri tersebut dengan Paman Sam. Selain itu, banyak hal-hal unik dan menarik mengenai Negeri ini seperti salah satu Negeri dengan militer tertinggi di dunia, termasuk salah satu Negeri multikultur karena memiliki ragam suku, agama, warna kulit. Sama halnya dengan Indonesia yang memiliki bermacam-macam suku,ras, budaya. Pemerintah Amerika Serikat juga membebaskan masyarakatnya untuk membawa kebudayaan mereka masing-masing dari daerahnya.

Selain itu, banyak kebiasaan positif dari Negara Amerika Serikat yang seharusnya wajib kita tiru di Indonesia. Hal positif inilah yang membuat Negara tersebut menjadi Negara Maju, dan membawa peradaban besar bagi dunia.

Ingin mengetahui lebih lanjut seputar kebiasaan orang amerika serikat yang wajib ditiru di Indonesia? Mari simak artikel berikut ini!

amerika serikat
amerika serikat
  1. Murah Senyum dan Bertegur Sapa

Perlu kalian ketahui ya, ternyata di Amerika Serikat ini termasuk Negara yang masyarakatnya murah senyum dan saling bertegur sapa. Tersenyum kepada siapa saja sehingga emmbuat masyarakat merasa nyaman baik kepada orang yang tak dikenal maupun yang sudah kenal. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Amerika Serikat ini snagat ramah.

  1. Buang Sampah pada Tempatnya

Hm, kebiasaan sedrrhana ini juga telah di tunjukkan terhadap Negara Indonesia bahkan pemerintah pun telah membuat Undang-Undang tentang Bab Membuang Sampah Sembarangan. Namun nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia yang masih membuang samapah sembarangan. Hal ini jauh berbeda di Negara Amerika. Negara ini sudah memiliki kebiasaan sejak kecil yang diterapkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga ketika mereka membuang sampah sembaranagn mereka merasa malu meskipun tidak ada yang melihatnya. Bahkan rumah mereka pun harus bersih dari sampah apapun yang dapat mengganggu kesehatan ataupun keindahan lingkungan rumah mereka.

  1. Tidak Menipu Orang Asing

Ketika ada orang asing atapun turis yang berkunjung dan bertanya sesuatu terhadap mereka. Mereka tidak segan menghormati dan menjawab pertanyaan dari orang asing tersebut. Karena ketika mereka kembali ke Negara asalnya, Amerika bisa menjadi Negara aman bersahabat sehingga mereka tidak menyesal jika berkunjung ke Amerika di waktu selanjutnya.

  1. Menjunjung Tinggi Kesopanan dan Kejujuran

Kebanyakan warga Amerika Serikat, sikap mereka terhadap orang lain sangat sopan, tidak menghina terutama dalam hal berpakaian. Jika mereka masih termasuk batas kesopanan, mereka tidak membuat keluh kesah ataupun larangan. Karena dengan menghina pakaian orang lain sama saja mencampuri urusan orang lain. Mereka juga memiliki kebiasaan jujur terhadap orang lain, yaitu tidak menipu, dan jika menemukan barang yang masih terdapat identitasnya berusaha mengembalikannya dengan senang hati.

  1. Lebih Senang Berjalan Kaki

Jika kalian berkunjung ke Negara Amerika pasti kalian akan menjumpai bahwa kendaraan disana jauh berbeda dibanding di Indonesia yang sangat padat. Karena warga Amerika lebih senang berjalan kaki karena dapat menyehtakan tubuh dan menghindari keropos tulang usia dini dan dapat melancarkan peredaran darah. Itulah sebabnya warga Amerika lebih banyak memilih untuk berjalan kaki daripada naik kendaraan.

  1. Sangat Disiplin Terhadap Waktu

Negara Amerika juga memiliki disiplin terhadap waktu baik sekolah,kuliah, kerja bahkan tranpsortasi juga sangat menghargai waktu sehingga mereka selalu datang tepat waktu. Sama halnya seperti yang dilakukan Negara Jepang dan Negara Maju lainnya. Umumnya Negara Maju memang sangat menghargai waktu mereka tidak mau menyia-nyiakannya karena bagi mereka Waktu adalah “Time Is Money” sehingga sangat berharga sekali. Nah bagiamana dengan Indonesia?

  1. Memiliki Etos Kerja Tinggi

Budaya Amerika juga hampir sama dengan Jepang. Sama-sama memiliki etos kerja yang tinggi, mereka juga selalu bersemangat untuk melakukan yang lebih baik. Jika mereka gagal, bahkan berkali-kali maka tak putus asa karena yakin mereka pasti berhasil. Sehingga sudah banyak ide-ide kreatif maupun inovatif yang mereka hadirkan. Faktanya banyak produk-produk yang mereka hasilkan seperti kendaraan,aplikasi software yang mendunia bahkan mereka telah menciptakan robot untuk masa depan. Sehingga Negara Amerika Ini juga endapat julukan Negara Adikuasa atau Adidaya Dunia karena banyak teknologi terdepan dan memiliki ekonomi tertinggi di dunia dan Negara ini memiliki kekuasaan lebih dalam bidang politik internasional sehingga Negara Amerika dianggap pemimpin Negara lain. Inilah yang membuat Negara Amerika membawa peradaban besar bagi dunia.

  1. Memiliki Ragam Karakteristik

Amerika merupakan Negara yang beragam dari jenis apapun. Sehingga mereka juga mempertahankan keunikan dari asal mereka masing-masing. Sejak adanya penemuan dunia baru, Amerika telah didominasi sebagai negra yang banyak pendatang,penduduk asli, dan emreka telah banyak belajar apapun mungkin bagi penduduk asli mereka merasa kurang nyaman dan sulit membaur tapi pada kenyataannya mereka harus berusaha dan membuka diri dari keanekaragaman. Inilah yang membuat mereka banyak belajar sehingga memiliki karakteristik yang unik dan khas dari warga Negara Amerika.

  1. Memiliki Sikap Keberanian

Masyarakat Amerika dinilai memiiki sikap keberanian tinggi, karena mereka yang merancang sendiri sebagai bangsa Amerika. Jika hal yang mereka lakukan benar mereka tak merasa takut bahkan mereka berani menghadap mantan presiden ataupun pejabat lainnya. Karena Negara ini juga menjunjung kebebasan sehingga apa yang merek lakukan terhadap kenbebasan mereka sendiri.

  1. Menjunjung Tinggi Nilai Kebebasan

Salah satu kebiasaan yang harus dipilah bagi Negara Indonesia adalah menjunjung tinggi nilai kebebasan warga Amerika Serikat. Mereka memiliki kebebasan dalam segala bidang selama tidak ada unsur paksaan. Tetapi kebebasan inilah yang membuat warga Negara ini menjadi sangat liberal. Banyak hal positif dan negatif yang mereka alami.

Dari segi positif mereka bisa menghasilkan banyak kemajuan seperti penemuan ataupun teknologi. Namun, dampak negatifnya warga Amerika Serikat banyak melakukan kebiasaan seks bebas. Sehingga Amerika Serikat salah satu Negara yang memiliki penduduk banyak melakukan seks bebas atau free sex. Inilah yang perlu diwaspadai bagi Negara lain terutama Negara Indonesia.

Itulah 10 Kebiasaan orang Amerika Serikat sehingga sukses yang patut ditiru Di Indonesia. Mulailah sekarang untuk berubah menjadi lebih baik sehingga bisa membawa peradaban besar bagi bangsa Indonesia. Tunggu apa lagi? Selama ada kesempatan tak perlu menundanya.

Semoga sukses dan artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Sekian…