es krim terlezat di dunia
es krim terlezat di dunia

10 Jenis Es Krim Membuat Selalu Ingin di Emut

Posted on

Siapa sih yang ga doyan es krim? Pasti semua orang suka kan? Dessert dingin dengan bermacam-macam varian rasa akan menjadi favorit banyak orang. Kelezatan dan kesegarannya tak bisa diabaikan begitu saja.

es krim
es krim

Mungkin di benak kalian ada yang mengira bahwa semua es krim di dunia itu sama saja. Tapi kenyataannya tidak. Ada beberapa ciri khas es krim masing-masing di setiap Negara. Ada beberapa jenis es krim yang popular di seluruh dunia. Simak berikut ini :

  1. Dondurma, Turki

Ngomongin tentang es krim Turki, pasti kamu tahu dong penjual es krim di Turki menggunakan berbagai macam trik yang unik untuk menerima para pembelinya. Ini namanya es krim Dondurma. Dalam bahasa Turki, Dondurma berarti beku dan memiliki tekstur kenyal dan elastis.

Es krim yang sangat unik ini terbuat dari susu, gula, mastic (getah dari pohon mastic), salep (tepung yang terbuat dari sejenis akar pegunungan). Mestic dan salep inilah yang membuat es krim Turki menjadi kenyal dan elastis.

  1. Mochi es krim, Jepang

Mochi merupakan makanan khas dari Negara Jepang. Mocha merupakan kue beras tradisional. Pada awalnya, mochi terbuat dari adonan tepung beras berisi kacang merah dan ditaburi tepung jagung. Seiring berjalannya waktu muncullah inovasi baru pada isian mochi, yakni dengan es krim. Hasilnya, semakin banyak orang yang menyukai kue mocha. Teksturnya yang kenyal, sedikit lengket, dan es krimnya akan melting ketika di kunyah. Cuman satu, mana bisa cukup?

  1. Frozen yogurt, Amerika Serikat

Buat kamu pecinta yogurt, sudah pada cobain froya belum? Frozen yogurt atau disebut dengan froyo merupakan salah satu jenis es krim yang rendah lemak dan memiliki rasa yang sangat tajam, dibandingkan dengan es krim biasa. Frozen yogurt pertama kali di luncurkan di bagian timur Amerika Serikat pada tahun 1970an. Mulai popular pada saat ramainya makanan sehat pada tahun 1980an. Sekali coba es krim ini bakalan ketagihan deh. Apalagi ditambah dengan berbagai macam aneka toping,  buah-buahan, sirup, dan lain sebagainya.

  1. Gelato, Italia

Dibandingkan dengan es krim, gelato ini yang lebih tren. Gelato dalam bahasa Italia berarti beku. Tapi jangan salah sangka dulu, ternyata es krim dan gelato itu beda, lho. Letaknya pada bahan-bahan, cara pembuatan, dan teksturnya. Gelato dibuat di suhu yang lebih tinggi daripada es krim. Sehingga menjadikan tekstur gelato lebih halus dan rasanya kurang mematikan di mulut. Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada es krim. Jadi kamu pilih mana nih, es krim atau gelato?

  1. Sorbets, Filiphina

Es krim dengan memiliki rasa creamy dari susu yang diperkenalkan dari Barat, masyarakat lokal Asia tepatnya di Filiphina membuat versi tersendiri. Dengan menggunakan bahan campuran susu sapid an caracao atau air kelapa.

Es krim ini sangat terkenal sebagai makanan pinggir jalan yang disajikan dengan roti atau water cone. Ada sejumlah kedai gelato juga menghadirkan sorbet sebagai alternative dessert lain. Siapa nih yang sudah pernah nyobain cobain es sorbet?

  1. Spaghetti Eis, Jerman

Rasanya sama dengan es krim yang pada umumnya creamy dan lembut. Tapi yang lebih bikin ngiler lagi adalah bentuknya yang sama seperti spaghetti. Bentuk ini dibuat dari mesin pencetak kentang. Biasanya es krim ini dominan dengan rasa es krim vanilla yang sebagai mie nya. Lalu disiram dengan selai strawberry yang menjadi sausnya, dan di taburi dengan kelapa atau cokelat putih sebagai pengganti keju. Waw! Pasti enak banget.

  1. Paletas, Meksiko

Es krim ini hampir sama dengan es loli, tapi paletas terbuat dari buah-buahan yang segar. Ada dua jenis paletas, yaitu paletas de aguas yang terdiri dari air dan jus, serta paletas de leche/de crema yang terdiri dari susu dan cream.

  1. Clotted cream ice cream, Inggris

Kedengarannya memang udah ga asing ya. Es krim ini berwarna kuning keemasan yang dijadikan salah satu makanan pokok di Inggris. Es krim ini terbuat dari campuran telur, gula, dan susu. Sangat susah untuk menemukan es krip lezat yang satu ini di luar Inggris. Jadi, apakah harus ke Inggris dulu nih?

  1. Kulfi, India

Es krim yang satu ini yang berasal dari Negara India merupakan kuliner jalanan yang umum dan dijualnya menggunakan panci yang diisi dengan es dan garam yang disebut dengan matka. Es ini memiliki bentuk kerucut seperti es loli yang terbuat dari susu yang direbus selama satu jam. Dengan dibumbui menggunakan pistachio, kunyit, atau kapulaga yang bikin rasanya jadi kaya. Kesannya sangat berbeda dengan es krim pada umumnya, kulfi lebih mirip dengan custard beku.

  1. Ais kacang, Malaysia dan Singapura

Pernah nonton film upin ipin? Jika sudah, pasti udah pernah mendengar es ABC yang artinya air batu campur, atau ABCD yang berarti air batu campur durian.

Ais kacang ini memiliki berbagai toping, tapi yang paling utama adalah es dan kacang. Ais kacang ini disajikan dengan es parut dan kacang merah. Ditambah dengan krim jagung manis, jeli, sirup, kacang, dan susu. Hmm, seger banget nih. Harus di coba nih ya!

Itulah beberapa jenis es krim yang berbeda setiap Negara. Kalau kamu pilih mana?

Semoga artikel saya dapat menambah pengetahuan bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..

Saran dan kritik dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, gmail : intanayumiranti272@gmail.com