Transportasi Online
Transportasi Online

10 Jasa Transportasi Online Yang Paling Populer Di Indonesia

Posted on

Berbagai model transportasi sekarang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia, entah itu kendaraan roda dua, roda tiga maupun roda empat, dan semua kendaraan transportasi tersebut semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena kemudahan untuk mendapatkannya. Terutama di kota- kota besar di Indonesia, banyak sekali transportasi- transportasi yang sudah menyebarkan jasanya dengan basis online sehingga masyarakat bisa termudahkan karena aplikasi- aplikasi tersebut.

Alat Transportasi Online
Alat Transportasi Online

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi kepada kalian semuanya tentang  aplikasi- aplikasi transportasi online yang sudah berkembang pesat di Indonesia kepada kalian semuanya, mulai dari Go-Jek sampai Uber. Nah dari pada anda menjadi penasaran, langsung saja disimak ulasan berikut ini.

Layanan Transportasi Online Di Indonesia

  • Go-Jek

Pada urutan yang pertama ada aplikasi Go-Jek Indonesia. Perusahan ojek yang berbasis online ini sudah mulai didirikan di Indonesia sejak tahun 2010 di Ibukota Negara Indonesia. Layanan Go-Jek ini sekarang sudah menawarkan ojek, pengiriman makanan dan juga kurir dengan dasar tariff yang ditentukan oleh jarak kilometer yang ditempuh. Dan kini perusahaan lokal ini sudah memiliki 10.000 mitra pengendara dan semuanya sudah tersebar di kota- kota besar di Indonesia, seperti halnya Jabodetabek, Makassar, Surabaya, Bali, Badung dll.

  • Grabbike

Pada urutan kedua ada layanan Grabbike. Layanan transportasi berbasis online ini sudah mulai muncul di Ibu Kota Indonesia pada Mei 2015. Grabbike ini sendiri adalah layanan ojek online yang disediakan oleh GrabTaxi. Secara operasional layanan aplikasi ini sudah mirip dengan layanan aplikasi Go-Jek, yaitu calon penumpang layanan harus memesan terlebih dahulu agar bisa menggunakan jasa layanan ini. Perusahaan Grabbike ini menerapkan keuntungan bagi hasil dengan penumpang, yaitu 90% untuk penumpang dan 10% untuk Grabbike.

  • Uber

Pada urutan yang ketiga, ada layanan Uber. Layanan yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di kalangan masyarakat di Indonesia terutama di kota- kota besar. Layanan Uber ini mulai didirikan pada tahun 2009 di San Fransisko, Amerika Serikat. Uber sendiri adalah suatu layanan order taksi online yang bisa anda manfaatkan untuk bepergian ke suatu tempat dengan menggunakan basis online. Dan di Negara kita sendiri, Uber ini sudah tersebar di kota- kota besar, terutama di Jakarta, Bandung dan Bali.

Baca Juga :Waspada Inilah Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

  • Bajaj App

Selanjutnya ada layanan Bajaj App. Layanan yang satu ini bisa dibilang baru di Indonesia, karena layanan ini baru kadir pada akhir- akhir tahun ini, layanan ini sudah mulai berkembang di Jakarta karena inisiasi dari Organisasi Angkutan Darat DKI Jakarta. Calon penumpang bisa menikmati layanan bajaj biru berbahan bakar gas hanya dengan menggunakan aplikasi ini, tentu saja masyarakat di Jakarta akan termudahkan dengan adanya layanan aplikasi bajaj online ini.

  • Transjek

Nah selanjutnya ada layanan Transjek. Layanan transjek ini menyebut dirinya dengan “Taksi Motor Ber-organisasi dan Kurir Pribadi Anda”. Transjek ini dibangun oleh Riyandri Tjahjadi dan NusaRamadhan pada tahun 2012 silam. Layanan ini menetapkan tariff pertamanya seharga Rp. 4.000 pada kilometer pertama yang ditempuhnya dan tarif Rp. 3.000 pada kilometer- kilometer selanjutnya. Nah dengan datangnya layanan ini di Indonesia mungkin masyarakat di Indonesia akan merasa termudahkan karena kemudahan layanan yang disediakan oleh Transjek. Namun sayangnya, Transjek ini tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena kurangnya pengiklanan.

  • Wheel Line

Wheel Line ini juga merupakan salah satu layanan transportasi online yang sudah tersebar di Indonesia. Layanan ini didirikan oleh Chris Wibawa. Namun layanan yang satu ini agak berbeda dengan layanan transportasi lainnya karena layanan ini menghitung tarif sesuai zona wilayah. Dengan kantor pusat di DKI Jakarta, maka radius tiga kilometer dari lokasi tersebut maka dianggap dengan zona satu, dan begitu juga dengan seterusnya.

  • Bangjek

Selanjutnya ada layanan Bangjek. Layanan Bangjek ini adalah layanan yang didirikan oleh Andri Harsil pada beberapa tahun silam. Layanan ini tidak terlalu popular di kalangan Indonesia namun layanan ini memiliki banyak kelebihan fasilitas yang ditawarkan, seperti halnya wifi gratis, kotak penyimpanan barang, jas hujan dll. Tentu saja jika layanan ini sudah terkenal di Indonesia, akan ada banyak orang yang tertarik karena kelebihan yang ditawarkan. tarif yang ditetapkan oleh layanan ini adalah Rp. 4.000 untuk kilometer pertama dan Rp. 3.000 untuk kilometer selanjutnya.

Baca Juga :Cara Budidaya Tanaman Organik

  • Ojek Syar’i

Pada urutan selanjutnya ada Ojek Syar’i. Dari nama aplikasinya saja, kita bisa menyimpulkan bahwa layanan yang satu ini ada sangkut pautnya dengan Islam, ojek online yang satu ini adalah ojek yang dikendarai oleh perempuan dan penumpangnya pun juga perempuan- perempuan muslim. Ojek syar’i ini menargetkan celah pasar yang tidak dijangkau oleh Go-Jek. Jadi bgi perempuan- perempuan muslimah di Indonesia tidak akan merasa khawatir lagi dengan muculnya layanan ojek online yang berbasis syar’i.

Itulah layanan ojek online yang sudah beredar di Indonesia yang bisa saya informasikan kepada kalian semuannya.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang memiliki sejuta mimpi yang kelak akan dicapai bersama keluarga kecil yang sederhana